12 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik Lebaran - Reservasi Travel Blog

12 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik Lebaran

Travel Tips303
12 Cara Hemat Baterai Smartphone Saat Perjalanan Mudik Lebaran Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Cara hemat baterai smartphone saat mudik lebaran sesungguhnya cukup penting buat kamu yang mudik dengan menggunakan transportasi umum seperti bus. Soalnya tidak semua bus menyediakan saklar listrik seperti di dalam kereta yang disediakan saklar di setiap barisnya.

Baterai smartphone mamang masih menjadi salah satu masalah karena tidak semua smartphone punya daya baterai yang tahan lama. Jika digunakan untuk online non-stop rata-rata smartphone dengan kapasitas baterai 2000 mAh hanya bisa bertahan antara 4-5 jam saja.

Durasi tersebut tidak sebanding dengan lamanya perjalanan selama mudik yang bisa memakan waktu lebih dari 6 jam perjalanan. Agar bisa terus memanfaatkan smartphone kamu dalam perjalanan mudik, berikut 12 cara hemat baterai smartphone saat berada dalam perjalanan mudik lebaran.

Baca Aplikasi Smartphone Ini Bisa Buat Traveling Kalian Makin Seru!

1. Gunakan Wallpaper Gelap

Jangan menggunakan wallpaper yang memiliki cahaya cerah atau kontras. Apalagi jika mengaktifkan live wallpaper dengan animasi. Meskipun dari tampilan terlihat sangat menarik tapi justru hal tersebut akan banyak menyerap daya baterai kamu.

Segera ganti wallpaper smartphone kamu dengan warga gelap. Untuk beberapa tipe smartphone terkini malah sudah dilengkapi dengan mode malam sehingga cahaya yang dihasilkan tidak terlalu terang bahkan cenderung redup namun tetap bisa digunakan dalam kondisi cahaya yang kurang.

2. Non aktifkan pengaturan kecerahan layar otomatis

Pengaturan kecerahan cahaya atau brightness biasanya menggunakan sensor cahaya. Dalam kondisi gelap, kecerahan cahaya akan otomatis bertambah sedangkan dalam luar ruangan yang dipenuhi dengan cahaya matahari, layar otomatis akan berkurang kecerahannya.

Kurangi kecerahan layar ke level yang lebih rendah. Gunakan daya antara 20 hingga 25 persen saja. Konsumsi baterai paling banyak berasal dari cahaya layar. Apalagi saat ini hampir semua smartphone menggunakan layar lebar dengan layar sentuh.

Berbeda dengan smartphone zaman dulu yang masih menggunakan keypad sehingga layar tidak terlalu besar dan memiliki fungsi untuk mengurangi konsumsi baterai oleh layar.

Baca 7 Rekomendasi Gim Android untuk Mudik dengan Anak Biar Anteng Selama Perjalanan

3. Non aktifkan fitur getar

Fitur getaran memang sangat bermanfaat ketika kamu sedang berada di dalam ruangan rapat atau sengaja kamu aktifkan agar tidak banyak orang yang tahu bahwa smartphone kamu ada panggilan atau notifikasi dari berbagai apps.

Fitur getar memerlukan daya baterai yang cukup besar. Salah satu cara hemat baterai smartphone saat mudik adalah dengan menonaktifkan fitur getar selama perjalanan. Agar lebih hemat kamu bisa mengaktifkan fitur silent.

4. Non aktifkan GPS, Wi-Fi dan Bluetooth

Fitur GPS, Wi-Fi dan Bluetooth akan memakan daya cukup bersar jika dibiarkan aktif tanpa difungsikan. Beda lagi jika memang didalam kendaraan yang kamu naiki memiliki fasilitas Wi-Fi.

Agar baterai smartphone kamu daya tahannya lebih lama, pastikan semua fitur tersebut dalam kondisi mati atau non aktif karena jika tetap hidup, pencarian sinyal fitur-fitur GPS, Wi-Fi dan Bluetooth biasanya tetap memakan daya yang cukup besar.

5. Kumpulkan Apps dalam satu folder

Sederhanakan wallpaper sehingga tidak terlalu banyak apps yang berada di halaman depan. Kumpulkan apps dengan kategori yang sama. Semakin sedikit apps yang ada di home screen maka akan semakin mengurangi beban daya baterai yang digunakan.

Baca Siap-Siap Macet, Begini 15 Tips Mudik dengan Bus agar Aman dan Selamat di Perjalanan

6. Buang Apps penghemat baterai

Tak ada gunanya apps penghemat baterai karena justru apps tersebut yang menjadikan baterai smartphone kamu boros. Cara hemat baterai smartphone bukan ditentukan oleh apps gratisan. Umumnya apps penghemat baterai hanya memberikan jalur singkat untuk menonaktifkan beberapa fitur yang paling banyak menggunakan daya baterai.

7. Buang Apps optimizer

Tak berbeda dengan apps penghemat baterai, apps optimizer pun tidak terlalu berfungsi secara signifikan. Processor dan memory smartphone memiliki performa sesuai dengan kapasitasnya masing-masing. Meskipun dipaksakan untuk lebih optimal biasanya kamu harus menghapus beberapa aplikasi bawaan yang justru dibutuhkan dalam sistem operasi.

Bagi para developer mungkin bisa melakukan pengaturan ulang secara manual. Tapi, bagi kamu seorang user amatir sebaiknya tidak menyetel tanpa panduan yang benar, alih-alih smartphone kamu malah bisa jadi bermasalah. Next…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *