close

Tip Cerdas Bawa Bagasi Tak Lebih dari 7kg ke Kabin Pesawat AirAsia

cara-bawa-bagasi-ke-kabin-air-asia-1
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Maskapai penerbangan murah AirAsia kini semakin ketat memeriksa barang bawaan pribadi ke kabin pesawat. Pasalnya dulu tidak sedikit backpacker yang leluasa membawa bagasi melebihi 7kg tanpa pemeriksaan secara ketat.

Nah, agar perjalanan kamu tak berantakan dan tak terhambat gara-gara kelebihan muatan bagasi, ada baiknya kamu benar-benar mempersiapkan barang bawaan sesuai dengan peraturan tidak lebuh dari 7 kilogram untuk dibawa ke dalam bagasi pesawat AirAsia seperti dihimpun oleh Reservasi.com pada Kamis (20/4/2017)

Tip kemas koper buat backpacker

  1. Hindari membawa barang cadangan yang sebetulnya kurang diperlukan seperti ikat pinggang dan kacamata. Meskipun kecil namun bobotnya juga bisa menambah barang bawaan kamu juga lho.
  2. Gunakan alas kaki yang nyaman dan ringan. Hindari menggunakan sepatu boot atau sepatu kulit yang bobotnya lebih berat dibandingkan dengan sepatu olahraga atau sepatu jalan-jalan. Kecuali jika kamu memang punya tujuan bisnis terlebih dahulu sebelum traveling.
  3. Isi ruang kosong dalam barang bawaan seperti ruang kosong dalam sepatu cadangan. Kamu bisa mengisinya dengan kaus kaki atau pakaian dalam yang berukuran kecil.
  4. Jangan membawa pakaian tebal terlalu banyak. Usahakan cukup membawa satu jaket yang langsung digunakan agar tidak menambah beban. Apalagi pakaian tebal membutuhkan ruang lebih banyak saat dikemas dalam koper atau ransel. Gunakan handuk kecil namun tetap nyaman selama digunakan dalam perjalanan. Misalnya handuk dengan ukuran taplak meja.
  5. Sesuaikan barang bawaaan dengan lamanya perjalanan. Jangan membawa pakaian terlalu banyak melebihi jumlah hari perjalanan kecuali untuk pakaian dalam. Bisa juga menyiasati dengan membeli pakaian dalam sekali pakai. Hanya saja memang jadi kurang ramah lingkungan.
  6. Lipat pakaian dengan cara menggulung kemudian bisa disimpan diplastik. Kamu bisa susun plastiknya sesui dengan jumlah hari traveling. Lebih bagus lagi jika kamu punya alat vacuum untuk mengeluarkan udaranya agar bobot makin ringan.
  7. Urutan packing atau kemas barang bisa diurutkan dari barang paling berat di paling bawah hingga barang paling ringan di paling atas. Jika menggunakan ransel disarankan gunakan ukuran daypack dan bukan keril atau carrier. Jika memang ingin mencoba, gunakan carrier dengan ukuran antara 40-50 liter saja.
  8. Simpan kebutuhan yang paling sering dikeluarkan di bagian atas. Misalnya seperti tissue toilet atau sikat gigi dan obat-obatan penting.
  9. Jangan lupa dengan ketentuan membawa benda cair ke kabin pesawat itu hanya dibatasi maksimal 100 mililiter per-item dan tidak lebih dari 1 liter. Gunakan plastik transparan bersegel untuk mewadahinya ya.
cara bawa bagasi ke kabin pesawat AirAsia
shutterstock

Itulah tip kemas koper untuk backpacker. Salah satu yang perlu kamu waspadai juga, ada keuntungan untuk membawa satu tas saja ke kabin. Pasalnya banyak kasus kehilangan dan kerusakan jika menyimpan barang di bagasi pesawat.

cara bawa bagasi ke kabin pesawat AirAsia
Image AirAsia

AirAsia sudah menjelaskan secara rinci mulai dari ukuran hingga ketentuan berat yang diizinkan untuk dibawa ke dalam bagasi pesawat. Kamu boleh membawa dua koper (1 koper besar dan 1 tas kecil) dengan ukuran yang tidak melebihi batas yang sudah ditentukan.

Ketentuan Ukuran Koper di Kabin Pesawat AirAsia

  • Koper (Panjang 56 cm, Lebar 36 cm, Tinggi/Tebal 23 cm)
  • Tas (Panjang 30 cm, Lebar 40 cm, Tinggi/Tebal 10 cm)

Tapi, jangan khawatir, jika kamu mengalami kerusakan atau kehilangan barang bawaaan di bagasi pesawat, kamu bisa mengurusnya pada petugas dengan mendapatkan sejumlah penggantian.

Pastikan juga kamu membaca saran ini agar koper tetap aman di bagasi pesawat jika memang kamu terpaksa harus membeli bagasi saat traveling ke luar negeri.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : BackpackerbagasiKabin PesawatPesawat
Reservasi.com

The author Reservasi.com

Leave a Response