Burayot, Camilan yang Layak Jadi Oleh-oleh Selain Dodol Garut - Reservasi Travel Blog

Burayot, Camilan yang Layak Jadi Oleh-oleh Selain Dodol Garut

Travel Destinations93
Burayot, Camilan yang Layak Jadi Oleh-oleh Selain Dodol Garut Burayot (Facebook @MamaSanBali)

Travel Blog Reservasi – Liburan tanpa menikmati makanan khasnya, bagaikan sayur tanpa garam, berasa ada yang kurang.

Maka dari itu saat sedang traveling ke Garut, sebaiknya tak lupa mencicipi makanan khasnya. Tak hanya wajib mencicipi dodol Garut saja namun coba juga camilan khas Garut lainnya, seperti Burayot.

Berdasarkan informasi yang dihimpun oleh Reservasi.com (17/4/2017), Burayot jadi salah satu kue asal kota Garut yang khas di wilayah Cangkuang serta di sekitar kecamatan Leles, kecamatan Kadungora dan kecamatan Wanaraja.

Kenapa sih namanya Burayot?

Karena, ketika adonan tepung beras ini digoreng, kue ini diangkat dengan batang bambu kecil sehingga kulit kuenya tertarik ke atas dengan tepung gulanya menggantung di bagian bawah kue, yang orang Sunda menyebutnya ‘ngaburayot’.

Rasanya yang manis dan agak renyah menjadikan Burayot disukai banyak orang dan cocok untuk dijadikan oleh-oleh.

Bisa dibilang camilan khas Garut ini tak terlalu sulit untuk dibuat, karena hanya terbuat dari tepung beras dan gula merah yang menjadi bahan inti makanan ini.

Cara pembuatan Burayot juga tak terlalu sulit yakni gula merah ditambah sedikit air dimasak sampai berbentuk kinca (kental), lalu siapkan 1 Kg beras yang sudah digiling menjadi tepung. Lalu, campurkan tepung beras ke dalam air gula tadi, aduk hingga rata.

Setelah itu adonan tadi dibentuk bulat seperti bola-bola lalu pipihkan adonan, dan masukan ke dalam minyak yang sudah dipanaskan.

Diamkan beberapa saat di dalam penggorengan lalu angkat menggunakan kayu yang sudah disiapkan, tiriskan biarkan menggantung beberapa saat agar menghasilkan bentuk yang diinginkan.

Camilan khas Garut ini tersedia dalam berbagai rasa, seperti wijen, jahe, keju, kacang tanah dan cokelat. Tinggal pilih yang kamu suka dan yang ingin kamu jadikan oleh-oleh.

Harga Burayot

Burayot dalam aneka rasa biasanya dijual dalam wadah plastik besar dan kecil.

Harganya Rp 7.500 untuk wadah kecil dan Rp15.000 untuk yang wadah besar. Satu wadah yang besar berisi sekitar 20 buah burayot.

Gimana kalau ke Garut kamu tertarik bawa oleh-oleh ini enggak? Untuk kamu yang ingin traveling, dapatkan potongan harga hingga Rp1 Juta dari Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *