Camping Seru, di Bumi Perkemahan Rancaupas Bandung! - Reservasi Travel Blog

Camping Seru, di Bumi Perkemahan Rancaupas Bandung!

Travel Accomodation3.4K
Camping Seru, di Bumi Perkemahan Rancaupas Bandung!

Travel Blog Reservasi – Namanya adalah Bumi Perkemahan Rancaupas, untuk yang baru tahu, tempat ini akan menyenangkan sekali untuk kalian yang menyukai kegiatan outdoor, dan kegiatan di alam terbuka. Memang Ranca upas ini adalah salah satu tempat favorit untuk liburan dengan suasana alam bebas di kawasan Bandung. Lokasinya yang berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, menjadikan suasana di Bumi Perkemahan Rancaupas begitu sejuk dan segar.

Rancaupas ini juga sering dijadikan tempat pelatihan oleh banyak komunitas pecinta alam yang ada di Bandung dan sekitarnya. Selain struktur geografisnya yang begitu mendukung, kondisi Rancaupas sangat memungkinkan untuk para penggiat alam ini berlatih bagaimana cara survival di alam bebas. Tidak cuma itu saja, mereka juga bisa berlatih navigasi di alam dengan baik. Lansekapnya yang berbukit-bukit, hutannya yang lebat dan daratan yang naik turun, Bumi Perkemahan Rancaupas ini memang tempat yang tepat untuk pelatihan.

suasana-malam-hari-di-bumi-perkemahan-rancaupas
Suasana malam (instagram)

Selain itu hutan alam di sekitar kawasan ini masih begitu alami. Oleh karena itu, ada banya pepohonan menghijau ditemui disini. Beberapa diantara lain adalah pohon Jamuju, Huru, Puspa, Kitambang dan lainnya. Sementaraitu fauna atau hewan yang bisa ditemukan di area Rancaupas ini adalah seperti burung Tekukur, Elang, Monyet, dan masih banyak lainnya.

Namun tentunya Rancaupas ini nggak hanya cocok untuk pelatihan kelompok pecinta alam saja. Karena memang sebagian dari kawasan Rancaupas telah disulap untuk menjadi tempat berlibur yang nyaman dan menyenangkan. Contohnya, di Bumi Perkemahan Rancaupas memiliki tempat pemandian air panas yang luas. Atau disini juga terdapat area waterboom yang diberi nama Waterboom Ciwidey, yang dibangun pada tahun 2010 yang lalu.

bumi-perkemahan-ini-luas-sekali
Nikmati udara pagi (instagram)

Fasilitas permainan outdoor yang menantang dan seru seperti Water Ball, Shake Stairs, Flying Fox, Cargo Net dan lain sebagainya juga ada kok di Rancaupas. Bahkan ada salah satu pohon besar di tempat ini yang dijadikan sebuah rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bermain. Jika kalian mungkin datang bersama keluarga, atau ramai-ramai bareng teman, dipastikan kalian tak akan bosan untuk mencoba wahana untuk bermain dan berpetualang di bumi perkemahan ini.

Keberadaan penangkaran Rusa yang ada di Rancaupas juga menjadi salah satu daya tarik utama di tempat wista alam ini. Menarinya di Rancaupas ini kalian bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa lucu tersebut. Pastikan saja, sebelum memasuki area  penangkaran rusa kalian membeli bungkusan plastik berisi wortel. Memang untuk apa wortel tadi? Yang jelas, para rusa lucu di Bumi Perkemahan Ranca upas akan senang sekali jika diberi wortel tersebut.

Wortel untuk para rusa tadi bisa dibeli dengan harga yang nggak terlalu mahal kok. Harganya hanya sekitar 5000 rupiah saja. Sistem pembelian wortel tadi pun juga sangat unik, karena tidak ada seorangpun yang menjaga wortel-wortel tersebut. Diharapkan pembeli jujur, dengan memasukkan uang sesuai denngan harga wortel ke dalam sebuah kotak yang memang disediakan untuk menampung uang hasil penjualan wortel untuk rusa di Rancaupas.

(Baca Juga : Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!)

Ketika kalian masuk ke dalam area dimana Rusa lucu berada, kalian pasti akan langsung didatangi oleh para rusa. Itu semua karena kalian memegang wortel yang merupakan salah satu makanan mereka. Jangan takut ketika didekati oleh kawanan rusa, karena sebenarnya mereka adalah hewan yang cukup jinak. Asalkan kalian nggak iseng atau dengan sengaja mengganggu mereka ya!

Persiapan untuk menuju ke Bumi Perkemahan Rancaupas harus dipersiapkan dengan matang, terutama jika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat ini. Persiapan nya antara lain tentu saja membawa kemah dan peralatannya. Bahan makanan, kompor portable, obat-obatan, air minum, jaket, senter, dan peralatan lainnya harus Anda pikirkan dengan seksama.

Tiket masuk ke Rancaupas sendiri cukup murah kok. Tarif per/orang adalah IDR 10.000. Dan juka kalian membawa mobil maka menambah IDR 5000. Sementara untuk sepeda motor ada tambahan sebesar IDR 2000. Untuk kalian yang ingin berkemah di Rancaupas tanpa mau repot, disini ada tempat persewaan tenda dan perlengkapannya. Untuk dengan kapasits 4 orang kalian bisa menyewanya dengan harga IDR 70.000 perhari.

(Baca Juga : Stone Garden, Taman Bebatuan Purba Di Dekat Bandung)

cahaya-lampu-dari-tenda-di-malam-hari
Kerlap kerlip tenda (instagram)

 

Sementara itu untuk tenda berkapasitas 10 orang adalah IDR 300.000. Yang paling besar adalah tenda dengan kapasitas untuk 20 orang, tarifnya dalah sekitar IDR 400.000 seharinya. Perlengkapan outdoor seperti sleeping bag, lampu petromax, sampai ke kayu bakar juga bisa dibeli disini. Jadi nggak usah bingung misalnya memang malas membawa.

ada-banyak-pepohonan-tinggi-juga-disini
Menyambut mentari pagi (instagram)

Nah, sekarang adalah cara bagaimana menuju tempat yang indah ini? Untuk yang belum tahu, Bumi Perkemahan Rancaupas berada skitar 45 kilometer di Selatan Bandung. Tepatnya sih berada di jalan Babakan Jampang, Cibuni-Ciwidey. Jalur ini juga masih searah dengan kawasan wisata Situ Patenggang dan juga Kawah Putih. Karena itu, setelah dari tempat ini mungkin kalian juga bisa sekalian mampir ke dua tempat wisata di Bandung yang terkenal itu.

(Baca Juga : Situ Patenggang, Tempat Wisata Di Bandung Yang Romantis)

Rute menuju bumi perkemahan ini jika menggunakan mobil pribadi adalah : Sebaiknya kalian keluar dari tol Kopo atau dari pintu tol Cimahi. Selanjutnya kalian bisa mengambil arah menuju Ciwidey. Perlu diingat, jalur menuju Ciwidey adalah jalur penuh tanjakan dan kelokan. Pastikan kendaraan dalam kondisi terbaik, dan bahan bakar cukup hingga sampai ke tempat tujuan.

tidak-ada-polusi-yang-ada-hanya-segarnya-udara
Temaram malam (instagram)

Tidak disarankan datang ke tempat ini dengan transportasi umum karena kadang tidak pasti. Namun jika kalian mungkin tetap ingin mencoba menggunakan transportasi umum untuk menuju Rancaupas, kalian bisa mencobanya dengan rute sebagai berikut : Naik angkutan menuju terminal Ciwidey dari terminal Bandung Leuwi Panjang. Dari Terminal Ciwidey kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum menuju kawasan Rancaupas dengan tarif tidak sekitar IDR 10.000.

Gampang bukan jika ingin berkemah atau berwisata outdoor di Ciwidey?

Harga Sewa Tenda dan Outbond* (Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

HTM

  • HTM : 10,000/orang
  • Kolam Renang : 15,000 / orang
  • Pre wedding: 350,000

HTM Fasilitas Outbound

  • Flying Fox : 15,000
  • Elvis Bridge : 15,000
  • Burma V : 15,000
  • Jembatan Goyang : 15,000
  • Buggle Trampolin : 15,000
  • Paint Ball : 90,000
  • Fun Games : 47,000
  • Sepeda Gunung : 10,000 / jam

Kemping Area dan Perlengkapan Tenda (per-malam)

  • Booking Area : 200,000
  • Tenda Pleton (40 orang) : 600,000
  • Tenda Regu (20 orang) : 350,000
  • Tenda Charly (2-3 orang) : 150,000
  • Tenda Charly (5-7 orang) : 300,000
  • Tenda Roopi (12 orang) : 350,000
  • Tenda Vango (10 orang) : 350,000
  • Tenda Pesta : 600,000 / hari
  • Tenda Panggung : 700,000
  • Ekstra Bed : 70,000
  • Matras : 10,000
  • Sleeping Bag : 20,000
  • Kayu Bakar : 15,000
  • Sound System : 1,000,000/ 7 jam
  • Electone : 1,500,000

Sumber HTM: urbandung.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

35 thoughts on “Camping Seru, di Bumi Perkemahan Rancaupas Bandung!

  1. Hallo mau tanya, harga booking areanya masih sama nggak yah? saya kontak email yang tertera tapi gagal terus katanya tidak terdaftar. terima kasih

  2. itu biaya yang tertera di atas sesuai apa yang ada di sana, apa suatu saat bisa brubah?, klo ada contact resmi dari pihak pengurus?, boleh saya minta biar lbih mudah?..

  3. hi admin

    mu nanya nih, klo ke bumi perkemahan ranca upas itu, bisa di lalui bis gk?.. soal nya rencana mu pke bis, untuk bulan maret..

    terimakasih

    1. bisa di lalui bus, tapi gak bisa sampai ke dalam. dari tempat bus nya berjalan kaki sekitar 450m.

  4. apakah semua yg camping harus bayar booking area ? kalau cari spot sendiri insidental dan bawa tenda sendiri apakah harus bayar 200rbu juga ?

  5. Hi admin, mau tanya, selain menginap di tenda, adakah fasilitas aula tuk menginap dan juga untuk pertemuan? Jika ada berapa sewanya?

  6. Info donk untuk tgl 8 des untuk 2 orang perlengkapan dari sana semua.. Tp datang sekitar jam 2-3 dini hari masih bisa kah? Jd semua perlengkapan dan peralatannya sewa dr sana.. Terima kasih mohon di info ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *