close

Camping Seru, di Bumi Perkemahan Rancaupas Bandung!

camping-bersama-teman-teman-adalah-kegiatan-yang-seru

Travel Blog Reservasi – Namanya adalah Bumi Perkemahan Rancaupas, untuk yang baru tahu, tempat ini akan menyenangkan sekali untuk kalian yang menyukai kegiatan outdoor, dan kegiatan di alam terbuka. Memang Ranca upas ini adalah salah satu tempat favorit untuk liburan dengan suasana alam bebas di kawasan Bandung. Lokasinya yang berada pada ketinggian 1700 meter di atas permukaan laut, menjadikan suasana di Bumi Perkemahan Rancaupas begitu sejuk dan segar.

Rancaupas ini juga sering dijadikan tempat pelatihan oleh banyak komunitas pecinta alam yang ada di Bandung dan sekitarnya. Selain struktur geografisnya yang begitu mendukung, kondisi Rancaupas sangat memungkinkan untuk para penggiat alam ini berlatih bagaimana cara survival di alam bebas. Tidak cuma itu saja, mereka juga bisa berlatih navigasi di alam dengan baik. Lansekapnya yang berbukit-bukit, hutannya yang lebat dan daratan yang naik turun, Bumi Perkemahan Rancaupas ini memang tempat yang tepat untuk pelatihan.

suasana-malam-hari-di-bumi-perkemahan-rancaupas
Suasana malam (instagram)

Selain itu hutan alam di sekitar kawasan ini masih begitu alami. Oleh karena itu, ada banya pepohonan menghijau ditemui disini. Beberapa diantara lain adalah pohon Jamuju, Huru, Puspa, Kitambang dan lainnya. Sementaraitu fauna atau hewan yang bisa ditemukan di area Rancaupas ini adalah seperti burung Tekukur, Elang, Monyet, dan masih banyak lainnya.

Namun tentunya Rancaupas ini nggak hanya cocok untuk pelatihan kelompok pecinta alam saja. Karena memang sebagian dari kawasan Rancaupas telah disulap untuk menjadi tempat berlibur yang nyaman dan menyenangkan. Contohnya, di Bumi Perkemahan Rancaupas memiliki tempat pemandian air panas yang luas. Atau disini juga terdapat area waterboom yang diberi nama Waterboom Ciwidey, yang dibangun pada tahun 2010 yang lalu.

bumi-perkemahan-ini-luas-sekali
Nikmati udara pagi (instagram)

Fasilitas permainan outdoor yang menantang dan seru seperti Water Ball, Shake Stairs, Flying Fox, Cargo Net dan lain sebagainya juga ada kok di Rancaupas. Bahkan ada salah satu pohon besar di tempat ini yang dijadikan sebuah rumah pohon yang bisa dijadikan tempat bermain. Jika kalian mungkin datang bersama keluarga, atau ramai-ramai bareng teman, dipastikan kalian tak akan bosan untuk mencoba wahana untuk bermain dan berpetualang di bumi perkemahan ini.

Keberadaan penangkaran Rusa yang ada di Rancaupas juga menjadi salah satu daya tarik utama di tempat wista alam ini. Menarinya di Rancaupas ini kalian bisa berinteraksi langsung dengan rusa-rusa lucu tersebut. Pastikan saja, sebelum memasuki area  penangkaran rusa kalian membeli bungkusan plastik berisi wortel. Memang untuk apa wortel tadi? Yang jelas, para rusa lucu di Bumi Perkemahan Ranca upas akan senang sekali jika diberi wortel tersebut.

Wortel untuk para rusa tadi bisa dibeli dengan harga yang nggak terlalu mahal kok. Harganya hanya sekitar 5000 rupiah saja. Sistem pembelian wortel tadi pun juga sangat unik, karena tidak ada seorangpun yang menjaga wortel-wortel tersebut. Diharapkan pembeli jujur, dengan memasukkan uang sesuai denngan harga wortel ke dalam sebuah kotak yang memang disediakan untuk menampung uang hasil penjualan wortel untuk rusa di Rancaupas.

(Baca Juga : Garut Nggak Hanya Papandayan, Ada Destinasi Kece Seperti Ini Juga!)

Ketika kalian masuk ke dalam area dimana Rusa lucu berada, kalian pasti akan langsung didatangi oleh para rusa. Itu semua karena kalian memegang wortel yang merupakan salah satu makanan mereka. Jangan takut ketika didekati oleh kawanan rusa, karena sebenarnya mereka adalah hewan yang cukup jinak. Asalkan kalian nggak iseng atau dengan sengaja mengganggu mereka ya!

Persiapan untuk menuju ke Bumi Perkemahan Rancaupas harus dipersiapkan dengan matang, terutama jika Anda memutuskan untuk berkemah di tempat ini. Persiapan nya antara lain tentu saja membawa kemah dan peralatannya. Bahan makanan, kompor portable, obat-obatan, air minum, jaket, senter, dan peralatan lainnya harus Anda pikirkan dengan seksama.

Tiket masuk ke Rancaupas sendiri cukup murah kok. Tarif per/orang adalah IDR 10.000. Dan juka kalian membawa mobil maka menambah IDR 5000. Sementara untuk sepeda motor ada tambahan sebesar IDR 2000. Untuk kalian yang ingin berkemah di Rancaupas tanpa mau repot, disini ada tempat persewaan tenda dan perlengkapannya. Untuk dengan kapasits 4 orang kalian bisa menyewanya dengan harga IDR 70.000 perhari.

(Baca Juga : Stone Garden, Taman Bebatuan Purba Di Dekat Bandung)

cahaya-lampu-dari-tenda-di-malam-hari
Kerlap kerlip tenda (instagram)

 

Sementara itu untuk tenda berkapasitas 10 orang adalah IDR 300.000. Yang paling besar adalah tenda dengan kapasitas untuk 20 orang, tarifnya dalah sekitar IDR 400.000 seharinya. Perlengkapan outdoor seperti sleeping bag, lampu petromax, sampai ke kayu bakar juga bisa dibeli disini. Jadi nggak usah bingung misalnya memang malas membawa.

ada-banyak-pepohonan-tinggi-juga-disini
Menyambut mentari pagi (instagram)

Nah, sekarang adalah cara bagaimana menuju tempat yang indah ini? Untuk yang belum tahu, Bumi Perkemahan Rancaupas berada skitar 45 kilometer di Selatan Bandung. Tepatnya sih berada di jalan Babakan Jampang, Cibuni-Ciwidey. Jalur ini juga masih searah dengan kawasan wisata Situ Patenggang dan juga Kawah Putih. Karena itu, setelah dari tempat ini mungkin kalian juga bisa sekalian mampir ke dua tempat wisata di Bandung yang terkenal itu.

(Baca Juga : Situ Patenggang, Tempat Wisata Di Bandung Yang Romantis)

Rute menuju bumi perkemahan ini jika menggunakan mobil pribadi adalah : Sebaiknya kalian keluar dari tol Kopo atau dari pintu tol Cimahi. Selanjutnya kalian bisa mengambil arah menuju Ciwidey. Perlu diingat, jalur menuju Ciwidey adalah jalur penuh tanjakan dan kelokan. Pastikan kendaraan dalam kondisi terbaik, dan bahan bakar cukup hingga sampai ke tempat tujuan.

tidak-ada-polusi-yang-ada-hanya-segarnya-udara
Temaram malam (instagram)

Tidak disarankan datang ke tempat ini dengan transportasi umum karena kadang tidak pasti. Namun jika kalian mungkin tetap ingin mencoba menggunakan transportasi umum untuk menuju Rancaupas, kalian bisa mencobanya dengan rute sebagai berikut : Naik angkutan menuju terminal Ciwidey dari terminal Bandung Leuwi Panjang. Dari Terminal Ciwidey kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan kendaraan umum menuju kawasan Rancaupas dengan tarif tidak sekitar IDR 10.000.

Gampang bukan jika ingin berkemah atau berwisata outdoor di Ciwidey?

Harga Sewa Tenda dan Outbond* (Harga dapat berubah sewaktu-waktu)

HTM

  • HTM : 10,000/orang
  • Kolam Renang : 15,000 / orang
  • Pre wedding: 350,000

HTM Fasilitas Outbound

  • Flying Fox : 15,000
  • Elvis Bridge : 15,000
  • Burma V : 15,000
  • Jembatan Goyang : 15,000
  • Buggle Trampolin : 15,000
  • Paint Ball : 90,000
  • Fun Games : 47,000
  • Sepeda Gunung : 10,000 / jam

Kemping Area dan Perlengkapan Tenda (per-malam)

  • Booking Area : 200,000
  • Tenda Pleton (40 orang) : 600,000
  • Tenda Regu (20 orang) : 350,000
  • Tenda Charly (2-3 orang) : 150,000
  • Tenda Charly (5-7 orang) : 300,000
  • Tenda Roopi (12 orang) : 350,000
  • Tenda Vango (10 orang) : 350,000
  • Tenda Pesta : 600,000 / hari
  • Tenda Panggung : 700,000
  • Ekstra Bed : 70,000
  • Matras : 10,000
  • Sleeping Bag : 20,000
  • Kayu Bakar : 15,000
  • Sound System : 1,000,000/ 7 jam
  • Electone : 1,500,000

Sumber HTM: urbandung.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Bandungbumi perkemahanKemping
Reservasi.com

The author Reservasi.com

21 Comments

  1. Thanks a lot for the information, it is complete enough and help me a lot to plan my itinerary. But may I know how long it takes if i take public transportation from Terminal bandung Leuwi panjang to Terminal Ciwidey? and how long it takes if i use my own car or motorcycle?

    And as you explained, the entrance is only IDR 10,000, if i want to stay and camp there for about 3 nights am i still will not be charged anymore or i should pay IDR 10,000/night?

    Thank you for your responds. Best.

    1. hi Agus, the trip approximately takes about two hours using car and must be longer using public transport. be ware on weekend usually lot of car which will catch on traffic jam. IDR 10.000 is only entrance fee. you will be charged if wanna spend a night there. the fare around IDR 200.000/night to rent the tent area only. But you can get cheaper fee if you rent tent from them. they serve various tent which can be used for couple or group. 🙂

      1. Thank you admin for your respond and advice on the transportation mode. It is well noted. 😉

        About camping, If in my case i have my own camping tent and all of the equipment, may i please be informed as well?

        1. Yes, to rent the area for camping, it charges around IDR 200.000/night. It means you can bring your own tent and all the equipment. They will provide the camping ground only. But we aren’t exactly sure the fare for foreigner. Some places charge different fare between local tourist and foreign tourist. Hopefully it’ll be helpful.

  2. Hi admin, mau tanya untuk menyewa tenda dan areanya, apakah saya bisa book in advance? Jika ya, kemana saya harus book? Terimakasih 😀

  3. min. ini tuh kalo kita mau camping berarti bayarnya buat booking area + bayar tenda yah?
    misalnya booking area + tenda vango (200.000 + 350.000) gitu bukan? hehe please info ya
    thank you

  4. Hi guys and admin, I camped in ranca upas for 4 days and 3 night in the last July (liburan Eid al Fitri).

    Izin untuk memberikan informasi biaya dan kontak person untuk solo traveller ya min.
    Harga untuk camping dan masuk akan berbeda dihari libur biasa dan hari libur nasional. Tapi tetap saja nggak terlalu mahal.
    Saya stay selama 4 hari dan hanya membayar satu kali biaya masuk + biaya camping (per orang) untuk 3 malam, dengan biaya camping per malamnya Rp. 15,000 (ini cuma untuk camping area karena saya bawa tenda sendiri).

    And untuk kontak person nya, bisa ke Aang Upas: 082126795857.

    Semoga membantu.

  5. Admin minta info donk untuk peserta sekitar 80 orang terdiri dari lansia dan anak2 tempat yang disarankan untuk outbond di Upas kontak ke siapa

  6. pagi kak.. mau tanya.. kalau kita mau dateng nya pagi jam 2-3 an bisa pasang tenda langsung tidak yaa ?? terus kita harus booking tempat tidak ya ??

    1. Halo Rita, kamu bisa datang secara insidentil atau dadakan. Namun, alangkah baiknya jika kamu melakukan reservasi terlebih dahulu sebelumnya.

  7. Siang admin,

    mohon info utk sewa tgl 9 Sept ’17:
    1 Tenda Charly (3 org)
    4 sleeping bag

    apakah masih available? Trims

    Yaldy
    087888866999 (wa)

Leave a Response