Bukit Kapur Rengel Tempat “Ngehits” di Tuban, Jawa Timur

Travel Destinations14
Bukit Kapur Rengel Tempat “Ngehits” di Tuban, Jawa Timur

Travel Blog Reservasi – Salah satu sumber penghasilan masyakarat Tuban adalah penambangan batu kapur, karena Tuban, Jawa Timur punya banyak perbukitan batu kapur yang tersebar di setiap daerahnya. Salah satu bukit kapur yang sedang “Ngehits” di tahun 2016 adalah bukit kapur yang terletak di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Baca juga Kawah Wurung Bondowoso, Meski Kawah Mati, Cantiknya Setengah Mati

Sumber gambar: Instagram @condrowibowo
Sumber gambar: Instagram @condrowibowo

Tidak ada biaya masuk untuk berkunjung ke sini karena memang tempat ini bukan tempat wisata, melainkan tempat untuk penambangan kapur. Meskipun tidak ada biaya masuk kamu diharuskan membayar biaya parkir kendaraan sebesar Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

Sumber gambar: instagram @veliaberliana
Sumber gambar: instagram @veliaberliana

Konon katanya aktivitas penambangan kapur di sini telah berlangsung sejak puluhan tahun silam dan masih berlangsung hingga saat ini. Aktivitas penambangan bukit kapur ini akan dijadikan batu “kumbung” yang digunakan sebagai bahan untuk mendirikan rumah, gedung serta kebutuhan lainnya.

Potongan-potongan bekas penambangan batu yang ada di bukit kapur Rengel, justru menambah daya tarik pengunjung untuk datang ke sini. Jika kamu berkesempatan berkunjung ke sini, maka sebaiknya datang ketika sore hari, karena kamu bisa melihat sunset dari ketinggian bukit yang dijamin enggak bikin kamu kecewa.

Sumber gambar: instagram @veliaberliana
Sumber gambar: instagram @veliaberliana

(Baca juga: Indahnya Air Terjun Sisi Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur)

Saat berkunjung ke bukit kapur Rengel tak ada salahnya mampir sekalian ke Gua Nyerong, karena ke dua lokasi tersebut berdekatan dan masih dalam satu lokasi yakni di Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Konon menurut kepercayaan masyarakat setempat, di dalam Gua Nyerong terdapat ikan buta dan lele yang tinggal kepala dan tulangnya saja, namun tetap masih hidup di dalam sungai. Dipercaya oleh warga sekitar jika ikan tersebut hanya menampakkan diri untuk waktu tertentu saja. Ikan tersebut juga dipercaya sebagai peliharaan Putri Ngerong yang merupakan jelmaan bidadari dan Senopati Kerajaan.

Tak hanya punya cerita mistik, tapi Gua Nyerong punya pesona yang jadi daya tarik tempat wisata ini. Di dalam Gua Ngerong ada sungai berukuran sedang yang mengalir dengan cukup deras. Air sungainya pun cukup jernih, sehingga kamu bisa melihat ikan-ikan kecil dan beberapa kura-kura putih di sebuah kolam kecil yang terdapat di dalam gua tersebut.

Biaya masuknya enggak mahal kok, hanya Rp5.000, sedangkan biaya parkirnya berkisar antara Rp2.000 – Rp5.000, tergantung kendaraan yang kamu pakai.

Lagi cari hotel di Tuban, Jawa Timur? Klik di sini.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *