close

Bukit Kapur Arosbaya, Surga Tersembunyi di Madura

bukit-kapur-arosbaya
Sumber gambar: instagram @joeadimara_

Travel Blog Reservasi – Mungkin sudah saatnya kamu berlibur ke Madura dan lihat pesonanya, karena Madura tak hanya punya Bukit Jaddih, Gili Labak atau air terjun Toroan saja.

Madura punya keistimewaan lain yang bisa kamu kunjungi. Kamu bisa mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya.

Mungkin nama Bukit Kapur Arosbaya ini sedikit asing di telinga kamu. Tahukah kamu? Kalau Bukit Kapur Arosbaya punya keistimewaan yang tak dimiliki bukit kapur lainnya. Apa itu? Simak ulasannya berikut:

Baca juga:

Dahulunya, Bukit Kapur Arosbaya adalah sebuah tambang batu kapur biasa dengan bukit sisa pahatan. Namun sekarang bukit kapur ini telah menjadi objek wisata di Madura.

Bukit bekas pahatan sisa penambangan kapur di sini justru menghadirkan bentuk-bentuk unik dan menjadi alasan orang-orang yang berkunjung ke sini.

Tak hanya bekas pahatannya saja yang unik, namun warna Bukit Kapur Arosbaya yang merah merona menambah keunikan Bukit Kapur Arosbaya ini. Warga sekitar mengenal daerah tambang ini dengan sebutan “Bedel”.

Lokasi Bukit Kapur Arosbaya

Bukit Kapur Arosbaya ini juga biasa dikenal sebagai Bukit Pelalangan yang terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura.

Berdasarkan data yang dikutip dari Wikipedia, Arosbaya adalah sebuah kecamatan di Kabupaten Bangkalan, Provinsi Jawa Timur, Indonesia.

Secara administratif wilayah Kecamatan Arosbaya terbagi menjadi 18 Desa/kelurahan, dengan luas 42,45 Km2 atau 4.245 Ha, pada ketinggian 4 m dari permukaan laut.

Akses ke Bukit Kapur Arosbaya

Kamu yang ingin berkunjung ke Bukit Kapur Arosbaya, aksesnya terbilang cukup mudah karena letaknya tak jauh dari situs religi makam para Raja Bangkalan “Air Mata Ibu” yang notabene sudah terkenal.

Menggunakan Kendaraan Pribadi

Untuk menuju ke Bukit Pelalangan, pertama-tama kamu bisa menuju Kota Bangkalan terlebih dahulu,  kemudian menuju kecamatan Arosbaya.

Saat tiba di kecamatan Arosbaya, kamu bisa mengikuti petunjuk jalan menuju situs religi makam para Raja Bangkalan “Air Mata Ibu”.

Jika sudah sampai di situs religi “Air Mata Ibu” atau Pesarean Aermata, maka kamu masuk ke dalam jalan kecil di sebelah kanan Pesarean Aermata.

Masuk terus menuju ke dalam, maka kamu akan menemukan Bukit Pelalangan.

Kendaraan Umum

Bila menggunakan kendaraan umum dari arah Pelabuhan Kamal, kamu bisa naik angkutan umum L300 dengan biaya sekitar Rp15.000, lalu  turun di pertigaan lampu merah Kecamatan Arosbaya.

Perjalanan kamu tak berhenti di situ, karena kamu harus kembali naik angkutan umum menuju Pesarean Rato Ebu.

A photo posted by mont (@bahterazar) on

Biaya:

Biaya parkir:

  • Motor : Rp3.000*
  • Mobil : Rp20.000*

Biaya Masuk: Rp5.000*

*Harga bisa sewaktu-waktu berubah

Tips:

  • Untuk sampai ke lokasi Bukit Kapur Arosbaya, kamu harus melewati gang kecil dengan jarak sekitar setengah kilometer dari depan pintu gerbang “Air mata Ibu”, maka sebaiknya kamu yang bawa kendaraan lebih baik parkir kendaraan kamu di depan pintu gerbang.
  • Jika kamu ingin masuk lebih dalam ke Bukit kapur ini, maka kamu harus berhati-hati karena kamu harus melewati tangga yang sangat curam.
  • Usahakan datang pagi hari, karena saat pagi hari kamu bisa melihat keindahan bentuk bukit kapur Arosbaya yang disorot oleh sinar terang matahari.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : IndonesiaJawa TimurMaduraTempat Wisata

1 Comment

Leave a Response