Brown Canyon Semarang Ini Tak Kalah dengan Grand Canyon - Reservasi Travel Blog

Brown Canyon Semarang Ini Tak Kalah dengan Grand Canyon

Travel Destinations469
Brown Canyon Semarang Ini Tak Kalah dengan Grand Canyon

Travel Blog Reservasi – Pasti kita sudah sering mendengar tentang Grand Canyon di Amerika bukan? Ternyata siapa sangka di Indonesia, tepatnya di kota Semarang terdapat sebuah tempat yang hampir mirip dengan Grand Canyon di utara Arizona, Amerika tesebut. Tak perlu jauh-jauh ke Amerika, di Semarang juga ada pemandangan indah seperti Grand Canyon Amerika.

Namanya Brown Canyon, sama halnya dengan gumuk Pasir Parangkusumo, lokasi ini populer setelah foto-foto kerennya tersebar di sosial media, ditambah lagi pernah juga salah satu acara televisi bertema petualangan mengeksplorasi tempat ini. Sejak itulah keberadaan Brown Canyon ini semakin populer.

brown-canyon-semarang

 

Perlu diketahui, sebenarnya tempat ini bukanlah tempat wisata resmi, tapi bagi warga kota yang setiap harinya terkurung dengan keramaian dan kesemrawutan kota, sehingga jika melihat pemandangan unik akan langsung terpesona. Sebenarnya lokasi ini merupakan sebuah proyek galian C yang digunakan untuk menambang batu padas, pasir dan tanah, proyek ini sudah berumur lebih dari 10 tahun.

Zaman dahulu, lokasi ini hanyalah sebuah bukit biasa, namun karena adanya kegiatan penambangan setiap hari, setelah materialnya diambil hingga bertahun tahun, tekstur dari tempat ini menjadi mirip dengan Grand Canyon di Arizona, Amerika.

Keunikan pemandangan inilah yang menjadi daya tarik bagi banyak orang, tak sedikit pula fotografer yang mencoba mengabadikan keindahan alam ini. Brown Canyon menjadi salah satu dari sekian banyak tempat di Indonesia yang keindahannya terbentuk dari sebuah “keserakahan” manusia.

Tebing-tebing yang menjulang tinggi, dengan ditumbuhi tanaman hijau di puncaknya menjadikan pemandangan cukup menarik dan layak kalian kunjungi, namun yang perlu diingat jika kalian berkunjung saat musim kemarau atau saat jam kerja penambangan, maka akan banyak sekali debu-debu berterbangan, jadi pastikan kalian membawa masker ya.

Pasti beberapa dari kalian bertanya, kenapa ada bagian bagian yang menjulang tinggi? Hal ini bukan karena proses penambangan yang memiliki jiwa seni, melainkan terdapat alasan mengaba beberapa tempat masih dibiarkan menjulang tinggi.

Hal ini disebabkan karena beberapa tempat memiliki tekstur tanah yang cukup keras sehingga menyusahkan alat berat untuk mengeruknya, jadi tempat tersebut dibiarkan saja hingga bertahun tahun dan terbentuklah tekstur tebing ini yang menjadikan pemandangan sangat keren.

Akses Menuju Ke Brown Canyon

brown-canyon-semarang-3

 

Brown Canyon terletak di daerah Rowosari, Tembalang. Apabila kamu dari pusat kota atau dari Simpang Lima kamu bisa melewati pertigaan Pasar Kambing – Mrican – Kedung Mundu – Sambiroto – pertigaan pasar Intan Permai belok kiri melalui Jl. Elang hingga akhirnya sampai di pasar Meteseh ambil arah kiri.

Nah, untuk jalur yang sering dilewati adalah melalui Semarang Timur, namun kondisi jalan akan sedikit lebih sulit, kamu bisa melalui Jl. Fatmawati di daerah Pedurungan, dari situ kamu terus saja kearah Selatan hingga sampai di RSUD kota Semarang. Sesampainya di RSUD belok kiri kearah perumahan Klipang hingga sampai di Klipang golf, kamu akan melalui jembatan baru, nah terus saja hingga kamu juga melewati dua jembatan besi lagi, lalu belok kanan, sampai disini kamu akan menemukan banyak truk pengangkut pasir atau tanah yang berarti lokasi sudah dekat, kamu bisa mengikuti arah truk tersebut untuk sampai di lokasi Brown Canyon.

Lalu bagi kamu yang berdomisili di Solo dan Yogyakarta? Kalian bisa melewati Banyumanik – Tembalang – UNDIP – kemudian menuruni Sigar Becah hingga sampai di perempatan pasar Meteseh, langsung ambil lurus saja. Bagaimana, cukup mudah kan rutenya?

Beberapa dari kalian mungkin bertanya, bagaimana tentang transportasi umum dan akomodasi disana? berhubung Brown Canyon bukanlah tempat wisata resmi, jadi untuk fasilitas kamu tidak akan menemukan toilet, tempat istirahat dan tentunya penginapan, jadi jangan harap kamu akan menemukan hotel disini ya.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Brown Canyon adalah saat sore hari, dimana jam kerja penambangan sudah selesai maka kita bisa bebas berjalan jalan dan berfoto tanpa perlu bersimpangan dengan truk pengangkut bahan tambang yang meninggalkan banyak debu. Lokasi ini juga sangat cocok bagi kamu pecinta aktivitas yang memacu adrenalin seperti off road menggunakan motor trail.

Walaupun begitu, tetap saja banyak debu berterbaran jika kamu datang di musim kemarau, namun sebaliknya, jalan akan sangat becek saat musim hujan, nah inilah tantang tersendiri saat berkunjung ke Brown Canyon, pastikan kamu membawa air minum yang cukup agar tidak dehirasi ya.

Jadi, apa kamu tertarik untuk melihat keindahan Brown Canyon Semarang ini ?

bayu

 

Bayu Aji Saputro (Kontributor Blog Reservasi)

@bayuas06

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *