Mengeksplore Bintan, Mutiara dari Kepulauan Riau - Reservasi Travel Blog

Mengeksplore Bintan, Mutiara dari Kepulauan Riau

Travel Destinations221
Mengeksplore Bintan, Mutiara dari Kepulauan Riau

Travel Blog Reservasi – Saya mau berbagi cerita pengalaman jalan-jalan saya menjelajahi Pulau Bintan awal tahun kemarin. Semoga bermanfaat buat yang berencana berwisata ke Bintan juga. 🙂

Bintan adalah sebuah pulau di provinsi Kepulauan Riau(Kepri). Ia adalah pulau terbesar di Kepri dan juga pulau di mana ibukota provinsi, Tanjung Pinang, terletak.

Meski udah paling besar di Kepri, sebenarnya Bintann tidak luas-luas amat. Luasya cuma 2,402 km2. Jauuh lebih kecil dari Pulau Bali, yang itu artinya Bintan bisa selesai dieksplore dalam sehari dengan mobil.

Mengeksplore Bintan, Mutiara dari Kepulauan Riau
Pantai Trikora

Dari Batam, tempat saya tinggal, kami menuju Bali dengan menggunakan ferry RORO(Roll On Roll Off). Kami membawa mobil sendiri dari Batam agar bisa leluasa menjelajahi Bintan. Biaya menyeberang sekitar Rp.200.000, sudah termasuk ongkos menyeberang untuk tujuh penumpang. Ya kami jalan-jalan ke Bintan bertujuh. Keluarga besar! 😀

Ada apa saja di Pulau Bintan? Ini dia ikhtisarnya:

GUNUNG BINTAN

gunung-bintan
Gunung Bintan adalah gunung tertinggi di Pulau Bintan. Meski paling tinggi, tingginya tidak sampai 500 meter! 😀 Mendaki ke puncak gunung hanya memakan waktu sekitar satu jam.

Di kaki Gunung Bintan terdapat air terjun yang bernama Air Terjun Gunung Bintan. Airnya jernih dan segar karena berasal langsung dari hutan di puncak gunung. Untuk masuk ke sini pengunjung dikenakan retribusi Rp.5000/orang.

Jika sedang musimnya, di sekitar Gunung Bintan akan ada yang menjual buah durian. Kebetulan di sekitar gunung ini terdapat banyak kebun durian. Harganya tentu lebih murah dibandingkan di Batam.

PANTAI TRIKORA

Mengeksplore Bintan, Mutiara dari Kepulauan Riau
Ini adalah salah satu pantai tercantik di Pulau Bintan. Lokasinya berada di pesisir timur pulau, sekitar 70km dari ibukota provinsi Tanjung Pinang.

Pernah lihat batu-batu granit besar di pantai Pulau Belitung? Bintan juga punya pantai seperti itu. Tak cuma batuan besar, tapi pasirnya putih bersih dengan air biru jernih. Pohon kelapa berjejer-jejer di sepanjang tepi pantai. Pokoknya parameter sempurna pantai wisata deh!

Pantai Trikora ini membentang sepanjang belasann kilometer. Salah satu yang tercantik adalah di Trikora III. Letaknya di Desa Malang Rapay, Kec. Gunung Kijang. Di sini terdapat gazebo-gazebo kecil yang bisa kita sewa Rp.50.000 seharian.

KOTA TANJUNG PINANG
Ini adalah kota terbesar di Bintan yang sekaligus merupakan ibukota provinsi. Pada masa awal kemerdekaan Tanjung Pinang pernah menjadi ibukota Provinsi Riau sebelum akhirnya dipindahkan ke Pekanbaru.

Tanjung Pinang kotanya tenang dan bebas macet. Cocok untuk tempat menginap saat berwisata ke Bintan. Di Tanjung pinang terdapat puluhan hotel mulai dari kelas melati hingga hotel berbintang. Tinggal menyesuaikan dengan kocek. Untuk reservasi hotel dapat dilakukan via www.reservasi.com

Tanjung Pinang juga tempat yang cocok untuk memanjakan lidah dengan kuliner khas Melayu. Oya, penduduk asli Bintan dan Tanjung Pinang adalah suku Melayu. Bahasa asli mereka sama persis dengan bahasa melayu Upin-Ipin! 😀

Beberapa hidangan melayu yang wajib Anda coba di Tanjung Pinang antara lain, Otak-Otak, Gonggong, ikan asam pedas dan gulai kepala ikan. Uuu bikin penasaran kan? 😉

LAGOI

Mengeksplore Bintan, Mutiara dari Kepulauan Riau
Detik-detik terakhir kami di Bintan, kami sempatkan mengunjungi Lagoi. Lagoi adalah kawasan wisata eksklusif di pulau Bintan. Dikatakan eksklusif karena pasar yang dikejar adalah wisatawan Singapura dan Malaysia. Turis lokal juga bisa menginap di sini asal sanggup. Maklum semua hitungannya dalam Dollar. 😀

Hanya dengan membayar Rp.5000/mobil kita sudah bisa memasuki kawasan Lagoi. Kita bebas memasuki taman-taman dan kawasan Lagoi Bay. Di Lagoi Bay terdapat sebuah plaza dan pantai yang indah.

Di Lagoi juga terdapat Treasure Bay, kolam renang yang disebut-sebut sebagau kolam renang terbesar se-Asia Tenggara. Dengan membayar Rp.100.000 kita sudah bisa bebas berenang dan memanfaatkan beberapa wahana permainan yang tersedia.

Sayang pada kunjungan kemarin saya saya belum berkesempatan mengunjungi Treasure Bay. 🙁 Mungkin memang sengaja disimpan Tuhan buat saya sebagai alasan untuk mengunjungi Bintan lagi. 😀

Kesimpulan selama jalan-jalan di Bintan: Bintan adalah mutiara di Kepuluan Riau. You guys must visit!  Perlu tiket pesawat ke Bintan? Kunjungi www.reservasi.com. 🙂

 *Disclaimer, semua konten merupakan tanggung jawab kontributor.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *