close

Liburan Pecinta Buku di Pameran Terbesar Big Bad Wolf Books Indonesia

Pameran Buku Terbesar di Indonesia
Sumber Image www.metropolitan.id

Travel Blog Reservasi – Linimasa Instagram sudah riuh dengan tagar #bbwjkt atau The Big Bad Wolf Books Indonesia. Meskipun sebetulnya ajang pameran buku impor murah terbesar di Indonesia ini diselenggarakan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan, Banten. Kalian bisa mendapatkan buku murah berkualitas dari tanggal 30 April 2016 hingga tanggal 8 Mei 2016, di area Hall 9 dan 10, ICE BSD.

Pameran buku dengan tajuk Big Bad Wolf Books Indonesia ini sangat populer di negeri tetangga. Bahkan tak sedikit pecinta buku serta penerbit buku yang kerap menyambangi pameran ini saat diselenggarakan di Malaysia. Tak heran jika BBWJKT ini disambut dengan antusias oleh para pecinta buku di Indonesia.

Dikutip dari jakartabookclub.com Book sale yang menghadirkan jutaan buku impor berbahasa Inggris ini dimulai oleh Andrew Yap, beserta istrinya Jacqueline Ng, dan beberapa kolega dari Malaysia yang ingin menularkan minat baca di Asia. Jadi, pameran buku impor termurah ini bukan semata-mata bertujuan untuk meraup keuntungan, melainkan juga menularkan minat baca pada masyarakat Indonesia dengan buku-buku berkualitas.

Akses Menuju ICE BSD

Cara menuju ICE BSD sebetulnya sangat mudah. Namun untuk yang pertama kali datang ke BSD pasti akan cukup kelimpungan karena minim kendaraan umum. Tetapi, jangan khawatir karena dengan bantuan ojek online dan taksi online akan lebih memudahkan kalian untuk bisa sampai ke ICE BSD.

Sebenarnya tidak ada angkutan yang langsung melewati ICE BSD dari terminal taman jajan BSD. Jadi cara paling aman adalah dengan menggunakan ojek online atau taksi online. Namun, jika kalian menggunakan Commuter Line sebetulnya bisa turun di Stasiun Cisauk. Kemudian dilanjutkan menggunakan angkutan umum.

Memang ada beberapa yang menyarankan turun di Stasiun Rawa Buntu. Namun tidak ada angkutan umum yang langsung mengarah ke ICE BSD dari Stasiun Rawa Buntu kecuali ojek online dan taksi online. Meskipun begitu, tarif dari kendaraan umum online dari Stasiun Rawa Buntu tidak terlalu mahal. Sekitar  13 ribu hingga 30 ribu saja kok. Apalagi jika pulangnya membawa sekarung buku murah impor berkualitas hasil buruan.

Jika membawa mobil pribadi dari arah Jakarta Selatan, Bekasi dan Cibubur terutama yang dari Bandung atau Bogor bisa menggunakan tol JORR (Jakarta Outer Ring Road) kemudian keluar di gate BSD paling akhir. Jaraknya hanya sekitar 6 kilometer saja dari pintu keluar tol. Tinggal mengikuti petunjuk saja ke arah ICE BSD.

Jika dari arah Kebon Jeruk, Ancol, Karawaci, atau dari Banten bisa menggunakan jalan tol Jakarta-Merak. Dari arah Jakarta bisa keluar di Gate Alam Sutera. Sedangkan dari arah Merak bisa keluar di Gate BSD. Hati-hati terlewat, patokannya setelah gate Legok tidak jauh sebelah kiri meuju exit tol BSD kemudian ambi arah menuju ICE BSD. Kira-kira jaraknya sekitar 13 kilometer. Bisa juga keluar dari gate Karawaci namun jalurnya akan lebih sulit jika belum mengenal jalan menuju ICE BSD.

Jika menggunakan Feeder BSD City bisa naik dari Mall FX Senayan. Feeder bus ini akan berhenti di tujuan akhir Taman Jajan BSD. Dari Taman Jajan BSD akan lebih mudah jika menggunakan ojek online atau taksi online saja.

Jam Buka Pameran Buku Impor Murah Terbesar di Indonesia

Jam buka The Big Bad Wolf Books Indonesia

  • Hari Kerja : Pukul 11.00 – 23.00 WIB
  • Hari Sabtu, Minggu dan Libur Nasional : 24 Jam Non Stop

Waktu Paling Tepat Mengunjungi Pameran Buku Impor Murah BBWJKT

Pameran buku ini memang mengundang antusiasme para kutu buku dan pecinta buku. Alasan tepat mengapa diselenggarakan di ICE BSD karena dapat menampung banyak buku serta pengunjung. Hindari datang pada saat rush hour atau jam padat pengunjung. Utamanya kalian akan kesulitan dan mengalami antrian saat melakukan pembayaran.

Buku impor murah berkualitas di BBW JKT memang sudah didiskon hingga 60%-80% dari harga aslinya. Inisiator BBW, Andrew Yap sendiri yang memilih buku-buku berkualitas untuk dijual di Indonesia. Berkontainer-kontainer buku sengaja didatangkan langsung ke ICE BSD City demi memuaskan dahaga para pecinta buku.

Gegap gempita BBW memang sudah lebih awal menggema di Malaysia pada tahun 2009. Setelah menunggu selama 9 tahun akhirnya digelar juga di Indonesia. Jika BBWJKT ini sukses, kabarnya Andrew Yap yang juga direktur eksekutif BookXcess akan menggelar di kota-kota besar lainnya seperti Bandung, Yogyakarta dan Surabaya.

Jelang libur panjang long weekend ada baiknya kalian memanfaatkan waktu liburan untuk datang lebih awal dari rumah ke BBW JKT di ICE BSD ini. Waktu paling tepat antara pukul 03.00 – 09.00 WIB (pagi), 16.00-18.00 (sore) dan malam diatas pukul 23.00 WIB. Tenang aja jangan takut tutup, karena seperti yang diinformasikan diatas bahwa BBW JKT akan buka 24 jam nonstop saat libur nasional dan weekend. Menarik bukan?

Tetapkan Budget Ketat Jangan Lapar Mata atau Beli karena Gengsi

Buat kalian yang datang ke BBWJKT karena gengsi, rasanya kalian akan menyesal. Pasalnya disini adalah surganya buku impor murah. Jadi, daripada ikut karena gengsi tetapkan dulu budget yang akan kalian habiskan di BBW JKT.

Kecuali kalian datang hanya sekadar ikut lomba di Instagram, cari-cari poster atau sekadar cuci mata dan posting kekinian di Sosial Media. Tidak ada yang melarang sih, tapi kalian bakal rugi besar tidak membeli buku murah berkualitas disini.

Misalnya tetapkan budget seperti ini.

  • 200 ribu (2-3 buku)
  • 300 ribu (4-6 buku)
  • 400 ribu (6-9 buku)
  • 1 juta (10-13 buku)
  • 2 juta (14-25 buku)
  • 5 juta (40-45 buku)

Kisaran harga buku di BBW JKT untuk buku lokal antara 5 ribu hingga 100 ribu. Sementara buku impor murah berkualitas di BBW JKT harganya berkisar antara 30 ribu hingga 550 ribu. Untuk buku dengan cetakan eklusif antara 100 ribu hingga 500 ribu. Murah banget untuk ukuran buku impor!

Beli Buku yang Pasti Dibaca, Ada 2 Juta Buku Tersedia di BBW JKT

Oke, setelah tetapkan budget kini saatnya tetapkan pasion atau buku apa yang hendak kalian beli. Caranya mudah aja sih. Beli buku yang benar-benar sesuai dengan passion kamu. Jika kalin punya anak, itu pasti lebih mudah lagi. Jika punya anak dibawah 5 tahun. Cari buku-buku dengan kertas tebal yang eklusif sehingga tidak mudah robek. Yang pasti harus berwarna dan tidak terlalu banyak paragraf. Iya, namanya juga buat anak-anak.

Buat para travel blogger, kalian bisa membeli buku-buku yang berkaitan dengan traveling dan fotografi. Traveling dan fotografi sudah merupakan bagian yang sulit untuk dipisahkan. Banyak sekali buku-buku berkualitas dan bagus yang berkaitan dengan kedua topik ini.

Buat penggemar komik, rasanya disini juga tersedia banyak pilihan. Kalian bisa membelinya secara lengkap dari seri awal hingga akhir. Terkadang ada juga sih yang tidak lengkap. Komik yang tersedia BBW JKT lebih banyak buku komik barat.

Foto kiriman Nurul Aulia (@nolenols) pada

Intinya belilah buku yang benar-benar akan memberikan nutrisi buat otak dan menambah pengetahuan. Jangan sekali-kali membeli buku karena gengsi semata. Kecuali jika kalin bingung tanya saja teman kalian yang doyan baca, buku-buku yang paling direkomendasikan. Itulah fungsinya memiliki teman yang doyan baca.

Jika ingin lebih ready lagi.  Kalian bisa lihat-lihat dulu koleksi yang sudah ditambahkan di web resmi Big Bad Wolf Books Indonesia. Memang sebagian besar buku-buku disini berbahasa Inggris, namun bukan berarti kalian juga tidak bisa menemukan buku berbahasa Indonesia. Pokoknya ini surga banget deh buat yang menganggap buku adalah warisan paling berharga.

Inget ya, jangan sampai kalap. Sesuaikan dengan budget yang sudah ditetapkan sejak awal! Jangan dilanggar!

Foto kiriman @rini.sk pada

Tips Belanja di The Big Bad Wolf Books Jakarta

  • Bawa kantong belanja sendiri ya. Usahakan yang kuat menaha beban buku seperti kantong belanja berbahan kain.
  • Gunakan tas kecil atau tas pinggang untuk membawa perlengkapan dan gadget kalian. Jika membawa anak kecil, pastikan membawa ransel dan baby trolley / stroller.
  • Gunakan alas kaki yang nyaman. Hindari menggunakan high heels. Paling cocok gunakan sepatu casual atau sepatu dengan sol datar.
  • Gunakan pakaian yang nyaman. Pendingin ruangan di ICE BSD ini super sejuk. Jadi siap-siap aja dengan pakaian yang nyaman. Tidak terlalu tebal tapi juga tidak terlalu tipis ya. Karena udara di luar ruangan juga sangat panas terutama di siang hari. Jadi waktu yang paling cocok memang datang saat pagi atau malam hari.
  • Tidak perlu khawatir kelaparan, karena sudah tersedia food court untuk pengunjung yang datang. Jika membawa bekal sendiri pastikan sampahnya di buang pada tempatnya ya. Dan jangan makan sambil pilih-pilih buku ya. Ada tempat khusus untuk makan jadi manfaatkanlah.
  • Usahakan membawa uang cash saja. Karena sponsor utamanya bank Mandiri, jadi jika kalian adalah salah satu nasabahnya, ada banyak penawaran hingga cicilan 0% jika berbelanja diatas 500 ribu. Inget budget ya kak!
  • Saat masuk ke ruangan cukup bawa satu troli saja. Jika dirasa kurang nanti bisa kembali lagi. Pahami denah buku. Telusuri semua rak dan sudut buku searah jarum jam agar lebih mudah dan tidak ada gang yang terlewatkan.
  • Kembalikan lagi buku ke tempat semula. Jangan mengembalikan buku di tempat yang genrenya berbeda.
  • Jika ingin berkeliling lagi setelah satu troli penuh. Kalian bisa menitipkan buku yang sudah dipilih di tempat penitipan. Jangan lupa ambil nomor penitipannya.
  • Istirahat tiap 30 menit sekali ya. Bisa sambil duduk diemperan atau sambil pilih pilih buku. Tapi please jangan buka plastik pembungkus bukunya. Itu sama aja dengan merenggut ‘keperawanan’ bukunya. Baca aja deskripsi singkat di balik bukunya atau pahami saja dari judulnya.
  • Jika bawa anak-anak, pastikan kalian menjaganya dengan seksama. Kenalkan mereka dengan buku agar mulai mencintai buku.
  • Bawa air minum yang mudah masuk kantong atau tas ransel. Pastikan anak-anak juga tidak kelaparan agar tidak rewel saat kalian hunting buku.
  • Jika ingin berbelanja pada dini hari, sebaiknya reservasi hotel terdekat melalui situs Reservasi.com. Karena saat pagi buta hanya bisa mengandalkan taksi online atau ojek online saja. Tidak ada angkot yang tersedia saat pagi atau malam hari.

Situs Resmi dan Social Media Big Bad Wolf

http://www.bigbadwolfbooks.com

https://twitter.com/BBWBooks_ID

https://www.facebook.com/bbwbooksindonesia

Sambutan Menteri Pendidikan Anies Baswedan

Lomba Selfie BBW JKT

Cari Hotel Murah di Sekitar ICE BSD via Reservasi.com

Tags : LiburanPecinta Buku

Leave a Response