close

Biduk-Biduk, Surga Bahari Tersembunyi di Berau

biduk biduk berau04
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Biduk-biduk Berau mungkin namanya masih sedikit asing di telinga kamu, jika dibandingkan Pulau Derawan, Pulau Maratua yang sama-sama di Kabupaten Berau.

Meski belum terkenal, namun keindahan Biduk-biduk tak kalah dengan pulau yang sudah terkenal lebih dulu di Kabupaten Berau.

Tempat Wisata di Biduk-biduk

Biduk-biduk merupakan nama kecamatan di Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Tempat ini menawarkan berbagai tempat wisata yang menarik. Berikut beberapa tempat wisata yang hadir di Biduk-biduk:

Teluk Sulaiman

Pantai di Teluk Sulaiman memiliki pasir yang putih dan jernih dengan dikelilingi oleh hutan mangrove di sekitar teluk Sulaiman. Berada di sini saat senja jadi momen yang paling istimewa.

biduk-biduk
Sumber gambar: @lucita.julianti

Pulau Kaniungan Kecil dan Besar

Saat berada di Teluk Sulaiman, kamu bisa menyeberang ke Pulau Kaniungan kecil dan besar. Lokasinya sangat dekat, karena hanya membutuhkan waktu 30 menit dari Teluk Sulaiman.

biduk-biduk
Sumber gambar: instagram @dessykatarina

Keistimewaan Pulau Kaniungan kecil dan besar adalah keindahan dunia bawah lautnya. Air laut yang jernih dengan kelembutan pasir putih menjadi daya tarik selanjutnya di Pulau Kaniungan ini.

Labuan Cermin

Keindahan Labuan Cermin memang bisa membuat siapa saja yang datang ke sini akan terpanah.

Air di Labuan Cermin sangat jernih, kamu bisa seolah berkaca di cermin yang didominasi oleh warna hijau dan biru.

Sumber gambar: instagram @meyz

Labuan Cermin bagi masyarakat setempat dinamakan danau dua rasa, karena di bagian atas Danau Labuan Cermin berisi air tawar, sedangkan di beberapa meter di bagian bawah danau terdapat aliran air asin.

Kedua air ini, air tawar dan air asin tak tercampur. Secara kasat mata, kamu bisa dilihat kedua air ini dipisahkan oleh lapisan serupa awan.

  • Lokasi Labuan Cermin : terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau.
  • Cara ke Labuan Cermin : Labuan Cermin hanya bisa diakses dengan kapal kecil/perahu. Dari dermaga penyeberangan sampai ke danau Labuan Cermin memiliki waktu tempuh sekitar 10-15 menit.
  • Biaya sewa kapal : 20.000/orang atau 100.000/kapal.

Pantai Biduk-biduk

Pantai Biduk-biduk memiliki pasir pantai yang putih dengan air laut biru yang jernih ditambah barisan pohon kelapa yang melambai-lambai.

 

Pantai ini masih sepi, jadi kamu yang butuh ketenangan sambil bermain atau berkemah di tepi pantai, mungkin bisa memilih pantai ini.

Baca juga:

Akses menuju Biduk-biduk

Cara paling cepat

Untuk menuju ke Biduk-biduk, cara yang paling cepat adalah menggunakan pesawat udara dari Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman  di Balikpapan menuju Bandara Kalimarau di Tanjung Redeb yang berada di ibu kota Kabupaten Berau.

Beberapa maskapai yang melayani jalur penerbangan Balikpapan-Tanjung Redeb tercatat Wings Air, Kalstar, Garuda, dan Sriwijaya.

Lalu, dari Tanjung Redeb kamu bisa menyewa kendaraan dari Tanjung Redeb ke Biduk-Biduk yang jaraknya sejauh 250 kilometer.

Sewa kendaraan dari Tanjung Reden ke Biduk-biduk sekitar Rp750.000 untuk sekali jalan sudah termasuk bensin.

Tip :

  • Layanan operator telepon seluler yang ada di sini sangat terbatas, hanya beberapa operator saja yang berlaku.
  • Listrik di sini hanya beroperasi dari jam 18.00 hingga 06.00 keesokan harinya

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : IndonesiaKalimantan Timur

Leave a Response