close

Berwisata Asyik Mengunjungi Pesona Tersembunyi 5 Curug di Bogor

curug-seribu-krustycraby
Image: Instagram krustycraby

Travel Blog Reservasi – Bogor dikenal dengan sebutan Kota Hujan, memang tak heran jika Bogor diberikan sebutan seperti itu. Pasalnya, curah hujan di kota Bogor memang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah-daerah Jawa Barat di sekitarnya. Selain terkenal dengan sebutannya sebagai Kota Hujan, Bogor juga terkenal dengan peninggalan sejarahnya serta wisata alamnya yang masih sangat asri. Jika kalian berjalan-jalan keliling kota Bogor, maka kalian bisa melihatnya secara langsung.

Tak sedikit bangunan-bangunan di kota Bogor masih bergaya arsitektur belanda. Apalagi jika kalian berjalan-jalan di daerah sekitar Kebun Raya Bogor hingga daerah Ciomas, jangan heran kalau kalian akan sering menjumpai bangunan bergaya arsitektur Belanda dan juga menjumpai lebih dari satu museum. Bahkan tak hanya peninggalan zaman belanda yang terdapat di Kota Hujan ini. Peninggalan zaman pra-sejarah pun ada di kota Bogor, apalagi kalau bukan Batu Tulis.

Baca Juga: 5 Kuliner Bogor Yang Laris Saat Musim Hujan

Kali ini bukan bangunan-bangunan tua di kota Bogor ataupun peninggalan pra-sejarah yang akan dibahas. Namun, dibalik itu ada yang lebih menarik untuk kalian simak dan sayang untuk dilewatkan begitu saja. Jika kalian pernah atau sering berkunjung ke Kota Bogor, mungkin kalian sudah tak asing lagi dengan pemandangan Gunung Salak yang menjulang tinggi.

Di balik megahnya Gunung Salak, ternyata menyimpan banyak sekali keindahan alam yang tak terkira salah satu keindahan alam yang terkenal adalah air terjunnya. Bahkan Bogor terkenal karena menjadi surganya air terjun di Indonesia. Ada lebih dari tiga air terjun terkenal yang berada di Bogor, dan dari keseluruhan air terjun yang berada di Bogor sebagian besar dimanfaatkan sebagai sumber mata air untuk keperluan rumah tangga dan juga dijadikan sebgai objek wisata.

1 . Curug Nangka

Image: Instagram rifhaadi
Image: Instagram rifhaadi

Curug Nangka merupakan salah satu dari begitu banyak pilihan wisata alam di Bogor berupa air terjun. Di saat weekend tiba, tak sedikit masyarakat sekitar JABODETABEK yang berdatangan ke curug yang satu ini.

Bagi kalian yang tinggal di luar Jabodetabek, mengunjungi curug yang sangat terkenal di Bogor ini merupakan hal yang wajib. Kenapa? Tentunya karena kalian bisa mendapatkan susasana baru yang berbeda dari tempat wisata air terjun yang ada di daerah kalian.

Suasana di Curug Nangka masih benar-benar terjaga dan asri. Hutannya masih terawat dan udaranya pun masih sangat sejuk. Cocok sekali jika kalian mengunjungi curug nagka bersama keluarga ataupun sahabat-sahabat kalian.

Curug Nangka terletak di ketinggian 750 meter diatas permukaan laut, tepatnya di Kawasan Taman Nasional Halimun Salak. Curug Nangka berada dibawah naungan RPH Gunung Bunder maka tak heran jika kawasan ini masih asri terjaga.

Untuk sampai ke tempat wisata ini, jika kalian berangkat dari Bandara Internasional Soekarno Hatta, kalian bisa naik bus Damri jurusan Bogor. Kemudian kalian bisa melanjutkan perjalanan dengan naik angkot jurusan Ciapus, dan berhenti di pertigaan sebelum pintu gerbang masuk lokasi.

Kalian bisa mnegambil arah kiri untuk menuju Curug Nangka dan dari pertigaan tersebut kalian hanya harus berjalan kaki sejauh 500meter untuk sampai ke Curug Nangka.Sangat mudahkan? Nah, jika kalian masih bingung mencari tiket promo pesawat ke Jakarta, kalian bisa mencarinya di sini.

2 . Curug Daun

Image: Instagram randywahyu
Image: Instagram randywahyu

Curug Daun masih terletak dalam satu kawasan dengan Curug Nangka. Namun letak Curug Daun satu tingkat diatas Curug Nangka. Jadi jika kalian ingin pergi ke curug ini kalian harus menyiapkan tenaga ekstra untuk berjalan lebih jauh melewati Curug Nangka.

Curug Daun memiliki tinggi air tidak terlalu tinggi seperti air terjun lainnya yang berada dalam satu kawasan tersebut. Ketinggiannya hanya mencapai 6 meter, tetapi bukan bererti debit air di Curug Daun juga kecil. Curug Daun memiliki debit air yang cukup deras, kalian perlu tetap waspada jika mengunjungi curug ini.

Nama Curug Daun ini diperoleh dari bentuk airnya yang seperti daun, sehingga air terjun ini diberi nama oleh masyarakat dengan sebutan sebagai Curug Daun. Selain itu, ternyata Curug Daun pun menyimpan cerita mistis didalamnya.

Menurut sebagian orang, konon siapapun yang berendam di curug ini akan mendapatkan keberuntungan. Jadi tak heran jika ada sebagian orang yang sengaja datang ke Curug Daun ini dengan tujuan untuk mendapatkan kemudahan rezeki.

Terlepas dari hal itu, pemandangan di Curug Daun memang mampu menghipnotis setiap orang yang mengunjunginya. Pasalnya Curug Daun memang masih benar-benar dijaga keasriannya oleh warga setempat. Jadi bagi kalian yang ingin ke curug ini, dijamin kalian tidak akan menyesal. Hanya saja kalian harus menyiapkan tenaga ektra untuk berjalan.

Tak jauh dari Curug Daun, kalian akan mendapati dua buah kolam besar, namanya Leuwi Jurig dan Leuwi Anjangan. Dari kedua kolam tersebut memiliki cerita mistis dibaliknya. Seperti Leuwi Jurig, Leuwi Jurig dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai kolam untuk melepaskan energi-energi jahat seperti santet dan hal-hal buruk lainnya.

Di zaman modern seperti ini, ternyata tak jarang orang-orang datang ke kolam tersebut untuk mandi dengan tujuan untuk melepaskan sihir-sihir jahat dan energi negatif yang menempel di badannya. Lain halnya dengan Leuwi Anjangan, kolam ini justru di percaya oleh masyarakat sebagai kolam yang siapapun mandi disana bersama pasangannya, hubungannya akan langgeng seumur hidup.

Nah, bagi kalian yang ingi berkunjung ke kawasan curug ini, semoga saja kalian memiliki tujuan positif hanya sekedar untuk melepas penat ya. Tetap menjaga kelestarian alam sekitar, dengan tidak meninggalkan jejak-jejak vandalisme di kawasan wisata alam ini.

3 . Curug Kawung

Image: Instagram aandimaulanaa
Image: Instagram aandimaulanaa

Tak jauh dari Curug Nangka dan Curug Daun, sekitar 1 Km melalui jalan setapak terdapat satu buah air terjun lagi yang bernama Curug Kawung. Curug Kawung adalah air terjun yang berada di paling atas, satu tingkat setelah Curug Daun.

Untuk sampai ke Curug Kawung kalian harus melaui jalanan yang cukup sulit. Karena medan jalan ke Curug Kawung cukup terjal, dan kontur jalannya naik dan turun. Sehingga bagi kalian yang tidak memiliki fisik yang kuat, tidak disarankan untuk datang ke Curug Kawung ini.

Curug Kawung memiliki ketinggian hingga mencapai 25 meter, dan memliki debit air yang sangat deras. Cukup berbahaya memang untuk sampai ke tempat ini jika tidak didampingi oleh instruktur yang sudah berpengalaman.

Nama Curug Kawung sendiri diambil dari suara rintikan air yang begitu deras senhingga menghasilkan suara gaung. Terkadang suara tersebut menyerupai suara harimau yang sedang mengaung, dari sinilah air terjun ini diberi sebutan dengan nama Curug Kawung.

Menurut warga yang tinggal di sekitar kawaasan wisata alam ini, ada sebuah batu besar yang terkadang bentuknya menyerupai kepala harimau. Mereka percaya bahwa batu tersebut adalah wujud dari penampakan Prabu Siliwangi.

Nah, jika kalian memutuskan untuk mengunjungi air terjun yang satu ini, jangan heran jika dalam perjalanan kalian akan bertemu dengan segerombolan monyet-monyet. Karena kalian akan membelah hutan dan melewati habitat asli dari monyet gunung yang tinggal di kawasan ini.

Karena masih satu kawasan dengan dua air terjun diatas, maka akses untuk menuju ketempat inipun sama. Bedanya hanya kalian harus berjalan kaki lebih jauh saja. Jika kalian dari luar kota JABODETABEK,ada baiknya kalian menyewa penginapan di daerah kota Bogor.

4 . Curug Ngumpet

Image: Instagram reydian
Image: Instagram reydian

Curug Ngumpet, Air terjun yang satu ini terletak di daerah Kawasan Gunung Salak Endah. Untuk masuk ke kawasan ini, pintu masuk yang digunakan berbeda dengan ketiga air terjun diatas. Karena untuk memasuki kawasan ini kalian harus melewati pintu masuk dari daerah Pamijahan.

Curug Ngumpet memiliki ketinggian air mencapai 45 meter, dan memiliki debit air yang cukup deras. Letak Curug Ngumpet memang sesuai dengan namanya, air terjun ini letaknya agak tersembunya di dalam hutan dan dibalik lembah.

Namun bukan berarti medan untuk sampai ke Curug Ngumpet sulit dan jauh. Curug Ngumpet hanya berjarak 200 meter dari tempat parkir kendaraan. Jadi kalian masih bisa melaluinya dengan santai, karena medannya tidak terlalu sulit.

Nah, jika kalian ingin mencoba pengalaman yang berbeda, kalian bisa datang ke Curug Ngumpet ini untuk sekedar melepas penat dan mencari pengalaman. Di akhir pekan banyak warga sekitar JABODETABEK yang datang ke tempat ini. Pasalnya, untuk masuk ke Kawasan Gunung Salak Endah tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Cukup dengan Rp 7.000 kalian sudah bisa menikmati asrinya pemandangan di sekitar kawasan ini.

5 . Curug Seribu

Image: Instagram akuekaa
Image: Instagram akuekaa

Sama halnya dengan Curug Ngumpet, Curug Seribu masih berada dalam satu kawasan yang sama. Yaitu berada di Kawasan Gunung Salak Endah, Pamijahan, Bogor. Akses untuk ke kawasan ini memang cukup rumit jika kalian tidak menggunakan kendaraan pribadi.

Jadi ada baiknya jika kalian berasal dari luar daerah JABODETABEK, menyewa mobil atau motor ketika berada di kota Bogor untuk menuju kawasan ini. Bukan berarti tidak ada angkutan umum kearah kawasan ini, hanya saja angkutan umum di daerah ini sangat terbatas. Diatas pukul 17.00 WIB sudah tidak tersedia lagi angkutan umum yang mengantarkan kalian kearah kota.

Curug Seribu sendiri berada di atas ketinggian 700-1.050 mdpl. Untuk memasuki kawasan Curug Seribu kalian harus kuat secara fisik. Karena kalian tidak akan melewati jalur yang biasa dilalui oleh orang-orang pada umumnya.

Kalian harus memiliki ekstra tenaga untuk sampai ke Curug Seribu ini. Pasalnya, kalian benar-benar harus melewati hutan yang medannya sangat terjal dan licin. Untuk ke Curug Seribu, biasanya kalian akan dipandu oleh seorang instruktur yang berpengalaman. Hal ini dilakukan untuk meminimalisir, hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Curug Seribu memiliki ketinggian air mencapai 100 meter dan memiliki curahan air yang sangat besar. Kolam yang terbentuk persis dibawahnya pun lebar dan luas. Jadi jika kalian sampai di tempat ini, kalian akan benar-benar puas menikmati segarnya air terjun yang bersumber dari mata air Gunung Salak ini.

Nah, jika kalian memiliki niat untuk berlibur ke Bogor dan ingin mengelilingi wisata alam yang terdapat di kota Hujan ini, sebaiknya rencanakan jauh hari sebelumnya. Karena Bogor memiliki banyak tempat wisata alam yang sangat sayang untuk dilewatkan. Jadi tidak cukup satu atau dua hari untuk berlibur di kota ini.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Air TerjunBogorCurug

Leave a Response