close

Berusia 3.000 Tahun, Stalagmit Rusak dalam 3 Kali Tendangan oleh Turis China

gua-kapur
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Seorang pria terekam kamera pengintai berusaha untuk menendang sebuah stalagmit hingga tiga kali. Stalagmit yang diperkirakan berusia 3 ribu tahun itu akhirnya tumbang setelah ditendang oleh salah satu turis yang berkunjung ke Gua di daerah Sangtao, Provinsi Guizhou, China.

Menurut ilmugeografi.com, stalagmit adalah kalsit (kalsium karbonat) yang berada di bawah stalaktit yang biasanya ditemukan dalam lantai sebuah gua kapur. Stalagmit terbentuk dari air tetesan mineral yang jatuh dari stalaktit. Stalaktit dan stalagmit bak saudara kembar yang menjadi pesona dari sebuah tempat wisata gua kapur.

Stalagmit setinggi 50 Cm di sebuah gua daerah China Selatan itu akhirnya terpotong dan rusak hingga menyisakan sekitar 20 Cm setelah ditendang oleh pria yang menjadi salah satu pengunjung seperti dilansir scmp.com, Selasa (6/6/2017).

Baca Tampar Petugas Bandara, Mahasiswi S3 asal China Diblokir Maskapai Air France

illustrasi (shutterstock)

Detik-detik pengrusakan stalagmit itu benar-benar terlihat dengan jelas dalam kamera pengintai. Seorang pria dengan kaus putih terlihat beberapa kali menendang stalagmit sementara pengunjung lainnya sedang sibuk mengabadikan keindahan gua.

Turis itu melakukan percobaan hingga tiga kali tendangan sampai akhirnya bagian atas stalagmit tersebut rusak dan terpisah dengan pondasinya. Seperti tak merasa terjadi sesuatu, ia malah berlalu tanpa berusaha memperbaiki stalagmit yang sudah ditendangnya.

Petugas yang mengetahui hal tersebut langsung melaporkannya kepada Kepolisian, namun sayangnya petugas kepolisian masih belum bisa menemukan tersangka.

Baca Tembok Dinding China Pindah Ke Kalimantan?

Salah seorang pemerhati gua kapur, Wang Dayong mengatakan pada Beijing Youth Daily bahwa stalagmit butuh waktu ribuan tahun hingga bisa tumbuh dari bawah karena tetesan stalaktit. Ia pun menambahkan hampir mustahil stalagmit yang rusak bisa diperbaiki kembali.

Perilaku vandalisme bisa dipidana menurut aturan setempat, bahkan warga yang menyaksikan harus melaporkan tindakan tersebut karena termasuk salah satu tindakan kriminal.

“Kita harus memiliki daftar hitam untuk mencegah pelaku vandalisme agar tidak bisa masuk ke tempat-tempat yang indah” komentar salah satu warganet yang berpendapat bahwa aksi yang dilakukan turis tersebut terlihat dengan jelas dilakukan dengan disengaja.

Baca China, Luar Negeri, dan Pesawat.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : ChinaGuaGua Indah
Reservasi.com

The author Reservasi.com

Leave a Response