close

Berkonsep Hijau, Bandara Blimbingsari Banyuwangi Siap Beroperasi Maret 2017

Image banyuwangibagus.com

Travel Blog Reservasi – Bersiaplah, terminal Bandara Blimbingsari Banyuwangi yang baru siap beroperasi pada Maret 2017. Hal ini dipastikan langsung oleh Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.

“Nanti ada penebalan landasan dan PCN dinaikkan menjadi 40 agar (Boeing) 737 bisa mendarat. Selain itu apron nanti juga akan diperpanjang. Anggarannya antara 40 sampai 50 miliar nanti akan kita kalkulasi lagi,” ujar Budi yang dikutip dari kompas.com.

Menurut Budi, jika PCN sudah dinaikkan, maka direct flight Jakarta-Banyuwangi segera bisa diwujudkan pada Maret 2017.

Selain itu, Budi juga mempersilakan Pemkab Banyuwangi untuk menerima jika ada yang menawari penerbangan internasional, namun bandara harus dipersiapkan dengan baik.

Namun menurutnya sebelum jadi bandara internasional, turis harus positif ada. Harus ada turis yang datang ke sini, bukan orang kita yang ke luar negeri. Hal Itu yang harus diperhatikan.

Bandara Blimbingsari bisa jadi contoh bagi bandara-bandara lainnya, bukan hanya secara fungsional tetapi juga fungsi lain seperti fungsi edukatif dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

“Saya mengapresiasi pembangunan bandara ini. Bandara Blimbingsari salah satu bentuk pemikiran yang fresh dengan konsep green-nya. Banyuwangi ini istimewa, dulu bukan apa-apa dan sekarang menjadi apa-apa,” ungkap Budi yang dikutip dari kompas.com.

Baca juga: 

Arsitektur Bandara Blimbingsari Banyuwangi mengadopsi model atap rumah khas Suku Osing asli Banyuwangi dengan menyediakan anjungan yang mengarah langsung ke landasan.

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membangun terminal baru sejak 2015 karena jumlah penumpang di Bandara Blimbingsari mengalami peningkatan cukup drastis hingga 1.308 persen. Pada 2011, jumlah penumpang 7.826 orang dan naik menjadi 110.234 penumpang pada 2015.

Pada tahun 2016, frekuensi penerbangan ke dan dari Banyuwangi juga bertambah dari semula dua kali dalam sehari menjadi tiga kali dalam sehari.

Sumber : kompas.com

Kemanapun tujuan liburan Anda, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Jangan lupa untuk mengunduh aplikasi Reservasi di smartphone Anda.
Jika artikel ini bermanfaat untuk Anda, jangan lupa subscribe dan share ke teman-teman Anda. Dapatkan update terbaru di BBM Travel Reservasi.com.

Tags : BanyuwangiIndonesia
Gardena Puteri

The author Gardena Puteri

Leave a Response