close

Bendungan Koto Pulai, Air Terjun Niagara Mini Padang yang Menakjubkan

air terjun niagara mini padang
Sumber gambar: instagram @aripadrian

Travel Blog Rerservasi – Baru-baru ini Kota Padang punya “tempat wisata dadakan” yang kian ramai dibicarakan di media sosial yaitu tempat wisata Bendungan Koto Pulai atau lebih dikenal dengan nama Air Terjun Niagara Mini Padang.

Air Terjun Niagara Mini Padang diklaim mirip dengan Air Terjun Niagara yang berada di perbatasan internasional antara negara bagian Amerika Serikat New York dengan provinsi Kanada Ontario.

Sekilas tentang Air Terjun Niagara Mini Padang

Awalnya, Niagara Mini Padang ini adalah bendungan air biasa yang digunakan untuk menahan derasnya arus sungai yang mengalir ke muara. Namun, tahun lalu bendungan ini jebol dan mengalami kerusakan parah akibat banjir bandang.

Bendungan Koto Pulai yang jebol beberapa waktu lalu justru malah membuat Bedungan ini menjadi lokasi wisata dadakan bagi warga kota Padang .

A photo posted by yul hendra (@yul_hendra) on

Alamat Air Terjun Niagara Koto Pulai

Berada di Kelurahan Koto Pulai, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat. Hanya berjarak sekitar 20 menit dari bandara Internasional Minangkabau Padang.

Cara Menuju Air Terjun Niagara Mini Padang

Untuk sampai ke Bendungan Koto Pulau, terbilang mudah kamu hanya perlu mengambil patokan pada simpang 4 Lubuk Minturun yang terdapat di jalan bypass km 18.

Kamu juga bisa ambil patokan dari arah teluk bayur yang lokasinya berada di simpang pertama sebelah kiri setelah jembatan arah ke bandara, tepat berada di sebelah Masjid Al Hijriah Koto Tuo.

Setelah masuk ke jalan Masjid tersebut, ikuti jalan tersebut dan kamu bisa menemukan Air Terjun Niagara Mini Padang tepat berada di sebelah kiri.

(Baca juga : 10 Air Terjun Terindah di Indonesia yang Wajib Kamu Kunjungi Tahun Ini)

A photo posted by RE VA❗ (@srirevaanggira) on

Indah, Menakjubkan namun Berbahaya

Bendungan Koto Pulai memang terbilang indah dan menakjubkan, tapi dibalik keindahan Air Terjun Niagara Mini Padang menyimpan hal yang berbahaya.

Jika kamu ingin berkunjung ke sini sebaiknya berhati-hati, karena arus air Batang Lubuk Minturun sangat deras. Maka dari itu, Pemerintah Kota Padang mengeluarkan himbauan untuk tidak mandi di area Bendungan Koto Pulau, karena ancaman air bah dan material bekas reruntuhan bisa saja mengancam keselamatan pengunjung.

Tips :

  • Sebaiknya tidak turun ke bawah bendungan, cukup dari atas tebing sungai saja.
  • Lihat kondisi cuaca, jika sedang hujan tak disarankan untuk datang ke air terjun di Padang ini.

Dari awal tempat ini memang bukan tempat wisata, maka dari itu Dinas Kebudayaan dan Pariwisata kurang merekomendasikan tempat ini menjadi tempat wisata karena rawan bencana.

Air Terjun di Indonesia yang Mirip Air Terjun Niagara

Tak hanya ada di Padang saja, namun air terjun yang mirip dengan air terjun Niagara juga ada di beberapa air terjun di Indonesia berikut ini:

Air Terjun Temam

A photo posted by IVACANZA (@ivacanza) on

Berbeda dengan air terjun Niagara mini di Padang yang terbentuk karena banjir bandang, tapi air terjun ini terbentuk secara alami.

Air terjun ini memiliki tinggi 12 meter dengan lebar mencapai 25 meter, serta memiliki keunikan batu yang berbentuk celah dan melengkung di bawah air terjun.

  • Alamat Air Terjun Temam : Berada di Kelurahan Rahma, Kecamatan Lubuk Linggau Selatan 1, Kabupaten Lubuk Linggau, Sumatera Selatan.

Bagi kamu yang tertarik berkunjung ke sini, lokasi air terjun temam ini berjarak 11 km dari pusat kota Lubuk Linggau ke arah selatan.

Untuk sampai ke Air Terjun Temam, akan memakan waktu sekitar kurang lebih 30 menit perjalanan dengan kendaraan bermotor atau sekitar 6,5 jam perjalanan dengan kendaraan bermotor dari kota Palembang.

Baca juga: 

Air Terjun Moramo

Air terjun Moramo ini memiliki tujuh tingkat dengan total ketinggian 100 meter. Air terjun ini menghadirkan keindahan nan unik, yang konon kabarnya dahulunya jadi tempat pemandian bidadari.

  • Alamat Air Terjun Moramo : Berada di kawasan Suakan Alam Tanjung Peropa, Moramo, Sulawesi Tenggara.

Kamu yang ingin berkunjung ke sini, maka jika dari Kendari bisa ditempuh selama 1,5 jam. Kamu bisa menyewa mobil dengan harga sekitar Rp100.000 – Rp200.000 saat berkunjung ke sini.

Air Terjun Malela

A photo posted by Yusup S (@yusupso) on

Di Jawa Barat, juga ada air terjun kembaran Niagara yaitu Air Terjun Malela. Air terjun ini memiliki ketinggian 60-70 meter dengan sekitar 5 jalur air terjun yang seolah berjejer.

  • Lokasi Air Terjun Malela : Berada di Desa Cicadas, Kecamatan Rongga-Gununghalu, Kabupaten Bandung Barat.

Air Terjun Malela letaknya agak tersembunyi. Untuk menemukan Air Terjun Malela kamu harus berjalan kaki dari gerbang masuk. Untuk sampai ke air terjun Malela, kamu bisa naik bus dari Terminal Ciroyom di Bandung sampai Desa Gununghalu. Setelah itu perjalanan dilanjutkan dengan naik ojek sampai ke pintu masuk kawasan Air Terjun Malela.

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Air TerjunPadangSumatera BaratTempat Wisata

Leave a Response