Belajar Bermain Angklung Sambil Liburan di Saung Angklung Mang Udjo - Reservasi Travel Blog

Belajar Bermain Angklung Sambil Liburan di Saung Angklung Mang Udjo

Travel Destinations68
Belajar Bermain Angklung Sambil Liburan di Saung Angklung Mang Udjo

Travel Blog Reservasi – Liburan sesekali harus berbeda, misalnya liburan sambil belajar bermain angklung! Iya, di Bandung, kota yang penuh dengan wisata kuliner, alam, kreatifitas dan kesenian ini punya sebuah tempat yang perupakan pusat pembelajaran alat musik khas sunda yaitu angklung. Nama tempatnya sendiri adalah Saung Angklung Udjo atau kadang beberapa orang juga menyebutnya dengan Saung Angklung Mang Udjo.

Saung Angklung Mang Udjo ini didirikan oleh Udjo Ngalagena bersama dengan istri nya Uum Sumiati. Selain sebagai pusat kesenian angklung di Bandung, Saung Angklung Udjo juga memproduksi angklung untuk dijual. Ini juga yang menjadikan Saung Angklung Udjo sebagai pusat pendidikan dan penelitian angklung, juga pusat kesenian dan kebudayaan Sunda di Bandung.

Melestarikan Budaya Sunda

Dengan konsep unik berlatar belakang budaya sunda yang menarik, Saung Angklung Udjo berhasil menarik perhatian turis baik dari dalam negeri maupun dari luar negeri. Ini bisa dilihat dari setiap pementasannya selalu penuh dengan turis mancanegara dan lokal.

Saung Angklung Udjo berada di bandung Timur, sementara alamat Saung Angklung Udjo tepatnya berada di Jalan Padasuka no 118, Bandung Timur. Akses menuju tempat pusat kesenian angklung di Bandung ini sangatlah mudah karena tinggal melewati jalan utama saja.

(Baca Juga : Bukit Moko, Menikmati Malam Hari Bandung Dari Ketinggian)

pertunjukan-angklung-di-saung-angklung-mang-udjo

Jika kalian mengendarai mobil pribadi keluarlah di tol Pasteur lalu lewati flyover Pasupati sampai ke jalan Surapati. Dari situ tinggal mengarah mengarah ke kiri kalian akan sampai di jalan Padasuka. Kalian akan menemui papan penunjuk yang besar yang mengarahkan jalan menuju Saung Angklung Udjo.

Areal Saung Mang Udjo, terdapat pelataran parkir yang lega dan luas yang dikelilingi oleh pohon-pohon bambu. Sehingga lokasi parkiran saja terlihat begitu sejuk. Sebelum menikmati pertunjukan angklung di Saung Angklung Udjo, pergilah ke bagian lobi untuk membeli tiket masuk seharga IDR 60.000 pada hari biasa dan IDR 75.000 pada hari Sabtu, Minggu.

Tiket Masuk Angklung Mang Udjo

Mungkinn tiket di Saung Angklung Unjo terkesan mahal, namun sebenarnya tidak. Karena tiket tersebut sudah termasuk welcome drink berupa bandrek hangat plus menonton pertunjukkan selama 2 jam. Untuk pertunjukkan angklung sendiri diadakan setiap harinya pada pukul 9.00 dan pukul 15.30.

Jika kebetulan kalian datang lebih awal, sebelum masuk ke area pertunjukkan angkling, kalian bisa berjalan-jalan di sekeliling area Saung Mang Udjo untuk melihat kerajinan dan cinderamata yang dijual di tempat ini.
Semakin berkeliling akan terlihat kekayaan budaya Sunda yang menarik. Kalau tertarik, silahkan beli satu atau dua item sebagai oleh-oleh.

(Baca Juga : Cara Mudah Dan Asik Berlibur Ke Tebing Keraton!)

pengunjung-juga-diajak-menari-bersama

Persiapkan diri dengan mengambil tempat duduk yang strategis sebelum pertunjukan dimulai. Jika kalian datang terlambat kemungkinan kalian akan mendapatkan tempat duduk duduk di belakang. Nggak asik bukan, dapat tempat yang kurang nyaman untuk menikmati pertunjukan angklung?

Selain permainan angklung, beberapa pertunjukkan yang sering dipentaskan di Saung Mang Udjo adalah demonstrasi Wayang Golek. Wayang golek di Saung Angklung Udjo ini akan menceritakan tentang kisah rakyat yang dibumbui dengan humor khas urang Bandung.

Pertunjukkan lainnya yang menarik adalah Helaran. Untuk yang belum tau, Helaran ini adalah ritual dalam melangsungkan syukuran. Biasanya diadakan untuk syukuran anak yang baru di khitan/sunat. Terdapat juga bermacam-macam tarian Sunda, menyanyi dan alat musik angklung tentunya. Uniknya, sebagian besar akan dipentaskan oleh anak-anak didik dari Saung Angklung Mang Udjo yang umurnya rata-rata masih dibawah 10 tahun.

tiap-pengunjung-saung-angklung-udjo-akan-dipinjamkan-sebuah-angklung-untuk-dimainkan-bersama-sama

Pertunjukkan lainnya yang dipentaskan di tempat wisata ini adalah Arumba dan Angklung Mini, disini kita bisa melihat bagaimana indahnya alat-alat musik khas Sunda dipadukan dengan tarian Jawa Barat yang menghasilkan kesenian yang sangat merdu didengar dan dilihat.

Yang paling seru di bagian pertunjukan Saung Angklung Udjo adalah ketika para pengunjung juga diajak bermain angklung bersama-sama. Disini tiap penonton dipinjamkan 1 buah angklung yang tujuannya nanti akan dimainkan secara serentak.

(Baca Juga : Angklung for the World, Pemecahan Rekor Pemain Angklung Terbanyak Di Dunia)

wayang-golek-salah-satu-kesenian-sunda-yang-dipertunjukkan-disini

Nah, tiap penonton akan memiliki tugasnya masing-masing untuk memainkan sebuah nada. Jangan khawatir kebingungan, karena ketika memainkan lagunya akan dipimpin oleh dirigen musik yang berada di tengah aula. Penonton akan diberi instruksi untuk mengikuti aba-aba dari sang dirigen. Jika dirigen memberi kode dengan tangannya barulah penonton boleh membunyikan angklung di tangan masing-masing mengukuti petunjuk sang dirigen.

Menarik bukan? Yakin nggak mau liburan ke Bandung, dan berkunjung ke Saung Angklung Mang Udjo untuk bermain angklung?

(Photo By Fahmi Catperku)

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *