Begini Tips Mudah Refund Tiket Air Asia - Reservasi Travel Blog

Begini Tips Mudah Refund Tiket Air Asia

Travel Tips118
Begini Tips Mudah Refund Tiket Air Asia MelodicinD/Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Banyak yang bertanya-tanya mengenai tata cara refund tiket Air Asia. Seperti yang kita tahu, Air Asia adalah maskapai penerbangan LCC (Low Carrier Cost) yang tidak memfasilitasi adanya refund tiket bagi penumpang. Berarti kalau perjalanan batal, uang tiket hangus dong?

Eitss, jangan panik dulu. Sejak tanggal 18 Januari 2016, maskapai Air Asia menyediakan fasilitas refund bagi seluruh penumpang. Tata cara refund tiket Air Asia akan Reservasi.com jelaskan di bawah ini. Yuk, langsung dibaca!

Baca Begini Lho 5 Tips Agar Koper Aman di Bagasi Pesawat

Refund boleh dilakukan melalui Call Center Air Asia di nomor 08041333333 / 021-2927 0999 (Indonesia)
Refund melalui fitur “Manage My Booking” yang tersedia di situs resmi Air Asia

Boleh juga dilakukan dengan mengisi e-form online yang disediakan oleh maskapai Air Asia

Mekanisme Pengembalian Uang (Refund) Tiket Air Asia

  • Penumpang berhak mendapatkan pengembalian uang (refund) sebesar 75% dari tarif dasar apabila refund diajukan lebih dari 72 jam sebelum keberangkatan.
  • Penumpang berhak mendapatkan pengembalian uang (refund) sebesar 50% dari tarif dasar apabila refund diajukan antara 72 jam – 48 jam sebelum keberangkatan.
  • Antara 48 jam – 24 jam sebelum keberangkatan, penumpang berhak menerima pengembalian uang (refund) sebesar 40% dari tarif dasar.
  • Antara 24 jam – 12 jam sebelum keberangkatan, penumpang berhak menerima pengembalian uang (refund) sebesar 30% dari tarif dasar.
  • Pengembalian antara 12 jam – 4 jam sebelum keberangkatan akan menerima refund sebesar 20% dari tarif dasar.
  • Pengembalian kurang dari 4 jam sebelum keberangkatan akan menerima refund sebesar 10% dari tarif dasar.
  • Apabila terjadi force majeure maka penumpang akan mendapat pengendalian uang (refund) sebesar 90% dari tarif dasar.
  • Pengembalian uang (refund) untuk pajak bandara sebesar 100%. Sedangkan refund untuk biaya tambahan seperti Add on (bagasi tambahan), IWJR, VAT dan processing fee tidak diberlakukan oleh Air Asia.

Alasan Pengembalian Uang (Refund) yang Diperbolehkan Air Asia

1. Airport Tax

Pengembalian uang untuk kasus ini berlaku selama 6 bulan sejak pesawat kamu berangkat. Kalau semisal waktu keberangkatan di Bulan Maret, maka pengajuan refund untuk airport tax berlaku hingga Bulan September.

Khusus untuk penerbangan ke Manila, Filipina, maka refund berlaku selama 1 tahun sejak pesawat berangkat.
Air Asia membebaskan biaya pengembalian apabila pengembalian dilakukan melalui Akun Kredit Air Asia. Atau berlaku juga untuk penerbangan Air Asia Filipina, Thailand, India, Myanmar dan Hong Kong.

2. Penumpang Sakit

Refund akan dipotong biaya pengembalian dana sesuai persentase yang ditetapkan oleh pihak Air Asia. Untuk menikmati refund, kamu bisa pergi ke e-form, lalu pilih menu: “permintaan pelanggan > kategori kasus > perubahan pemesanan penerbangan > jenis kasus”

Setelah itu, lampirkan bukti surat keterangan rawat inap dari rumah sakit. Surat ini harus berisi informasi lengkap mengenai penyakit yang diderita, termasuk salinan atas CT scan (bila tersedia) dan surat-surat medis lainnya.

3. Penumpang Meninggal

Pada menu e-form, pilih menu: “permintaan pelanggan > kategori kasus > jenis kasus”. Setelah itu, sertakan lampiran surat keterangan atas kematian atas penumpang yang bersangkutan. Surat dilengkapi dengan kop surat resmi yang dibuat oleh pihak rumah sakit. Dilengkapi dengan fotokopi KTP, paspor, KK dan salinan surat kuasa.

4. Kehamilan

Pada menu e-form, pilih menu: “permintaan pelanggan > kategori kasus > perubahan pemesanan penerbangan > jenis kasus”.

Setelah itu, lampirkan surat keterangan tentang kehamilan dari rumah sakit, fotokopi KTP atau paspor, Big Shot ID Air Asia dan salinan surat kuasa.

Note: pengembalian uang (refund) hanya berlaku untuk 4 alasan di atas. Jika pembatalan penerbangan disebabkan karena alasan pribadi, kamu tidak diperbolehkan melakukan refund.

Gimana, nggak terlalu sulit kan? Semoga bermanfaat ya!

Baca Tip Cerdas Bawa Bagasi Tak Lebih dari 7kg ke Kabin Pesawat AirAsia

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Louisa Gabe

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *