Begini Lho 5 Tips Agar Koper Aman di Bagasi Pesawat - Reservasi Travel Blog

Begini Lho 5 Tips Agar Koper Aman di Bagasi Pesawat

Travel Tips3
Begini Lho 5 Tips Agar Koper Aman di Bagasi Pesawat

Travel Blog Reservasi – Salah satu isu keamanan koper di bagasi pesawat bukan hanya menjadi isu yang paling sering dibahas di tanah air tapi juga beberapa kali terjadi insiden serupa meskipun menggunakan maskapai penerbangan asing.

Baca Tips dan Trik Mengemas Koper Agar Tidak Over

Agar koper aman di bagasi pesawat memang dibutuhkan beberapa tips dan trik dari penumpang itu sendiri. Utamanya, pastikan untuk tidak menyimpan barang berharga dalam koper yang dibawa ke dalam bagasi pesawat.

Usahakan untuk memisahkan antara barang berharga dan juga barang lain seperti pakain dalam tas atau koper terpisah. Barang berharga bisa kamu bawa ke dalam kabin dan sisanya bisa disimpan di bagasi pesawat.

Berikut ini adalah tips agar koper aman di bagasi pesawat seperti dihimpun dari beberapa sumber (8/7)

1. Gunakan koper dengan bahan keras atau tebal

Beberapa koper memang memiliki jenis yang berbeda-beda mulai dari ukuran hingga bahan atau material yang digunakan. Agar lebih aman, gunakan koper hard case sehingga barang tetap aman dari benturan.

Jika menggunakan koper berbahan kain, sebaiknya tidak disimpan di dalam bagasi pesawat karena cenderung akan lebih mudah kotor dan bisa disobek dengan mudah menggunakan pisau cutter.

Saat ini cukup banyak koper dengan material cangkang yang tebal, keras namun memiliki bobot yang tetap ringan. Semakin bagus materialnya tentu harga kopernya akan semakin mahal.

2. Pakai sarung koper

Meskipun sudah menggunakan hard luggage kadang tidak ada jaminan koper kamu bakal aman di dalam bagasi pesawat.

Salah satu cara untuk mengakalinya adalah dengan menggunakan luggage cover atau sarung koper sehingga akan cukup banyak usaha yang perlu dilakukan untuk membuka koper.

Selain lebih efektif untuk melindungi koper dari kotoran serta lebih aman, sarung koper juga akan semakin memudahkan kamu membedakan koper kamu dengan koper penumpang lainnya.

3. Gunakan tas rangkap

Cara ini memang menjadikan bobot koper kamu menjadi lebih berat. Namun, cara ini justru cukup efektif melindungi barang-barang kamu.

Kamu bisa menggunakan tas berbahan kain untuk mengepak semua barang sebelum dimasukkan ke dalam koper. Cara ini kadang-kadang hanya digunakan oleh beberapa traveler saja.

Kesulitannya hanya menyesuaikan ukuran tas dengan ukuran koper sehingga barang-barang tidak overload agar koper bisa tetap ditutup dengan rapat.

shutterstock

4. Manfaatkan jasa bungkus koper di bandara

Jasa bungkus koper di bandara tanah air terbilang masih cukup terjangkau dibandingkan dengan jasa bungkus koper atau tas di bandara luar negeri.

Rata-rata jasa untuk membungkus koper atau jasa wrapping di tanah air antara Rp50 ribu sampai dengan Rp100 ribu tergantung ukuran kopernya. Namun, harga tersebut masih jauh lebih aman dan lebih murah dibandingkan dengan kehilangan barang di dalamnya.

Baca Tip Cerdas Bawa Bagasi Tak Lebih dari 7kg ke Kabin Pesawat AirAsia

5. Manfaatkan lakban

Lakban memang biasanya digunakan oleh pemudik saat menggunakan kardus untuk membawa oleh-oleh. Tetapi, lakban juga bisa dimanfaatkan untuk membungkus tas atau koper dengan menggunakan plastik sendiri.

Memang perlu usaha lebih dan harus mau repot jika tidak mau menggunakan jasa wrapping di bandara. Tetapi, harganya jauh lebih murah jika dibandingkan dengan menggunakan jasa wrapping di bandara.

Kamu bisa lebih banyak berhemat tanpa harus menggunakan jasa wrapping di bandara. Selain itu kamu juga bisa lebih kuat membungkus koper dengan baik tanpa merusak isinya.

Itulah beberapa tips agar koper aman saat dimasukkan ke dalam bagasi pesawat. Pastikan untuk lebih waspada dengan koper kamu sendiri terutama jika berencana traveling ke luar negeri.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *