close

Cara Mendapatkan Bebas Visa ke Korea Tahun 2018

shutterstock_560665441
Shutterstock.com

Travel Blog Reservasi – Baru-baru ini banyak beredar kabar bahwa pemerintah Korea Selatan akan membebaskan visa bagi turis Indonesia pada tahun 2018. Seperti biasa, setiap ada kabar bebas visa pasti mengundang reaksi yang luar biasa dari masyarakat. Namun apakah kabar bebas visa ke Korea ini benar atau cuma hoax?

 

Ternyata berita ini benar. Seperti yang dapat dilihat di tweet KTO (Korea Tourism Organization) Jakarta berikut ini:

Warga Indonesia bisa masuk ke Korea tanpa visa dalam rangka Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang. Penerapan program bebas visa ke Korea ini bersifat sementara dan rencananya mulai diberlakukan pada Januari 2018 hingga April 2018.

Langkah pemerintah Korea Selatan menggratiskan visa seperti ini tentunya untuk promosi Olimpiade dan menggenjot jumlah wisatawan untuk datang menyaksikan perhelatan olahraga akbar tersebut di Pyeongchang.

Lalu bagaimana dengan mekanismenya? Apakah semudah itu mendapat bebas visa ke Korea? Tentunya tidak. Ada syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah Korea Selatan.

Disclaimer: Artikel ini dibuat pada 18 November 2017, ketika banyak berita tentang bebas visa masuk ke Korea Selatan di media-media nasional seperti CNNIndonesia.com, Tempo.co dan Tribunnews.com. Sejak saat itu hingga sekarang, belum ada kepastian / mekanisme resmi dari pihak pemerintah Korea Selatan.

Kami menyarankan agar pembaca terus memantau hingga ada pengumuman resmi terkait kebijakan bebas visa saat Olimpiade Musim Dingin di website Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia.  Artikel ini hanya bersifat panduan dan tidak terafiliasi resmi dengan pihak pemerintahan Korea Selatan.

Mau Bebas Visa ke Korea, Siap-siap Ribet!

Jika melihat dari artikel yang diposting oleh Visit Korea, cara mendapatkan visa gratis ke Korea cukup tricky. Pertama, turis dari Indonesia harus masuk ke Korea Selatan lewat bandara internasional Yangyang di provinsi Gangwon-do.

Nah, masalahnya tidak ada penerbangan internasional langsung dari Jakarta ke Yangyang. Bandara Yangyang hanya melayani penerbangan domestik dari bandara Gimhae (Busan) dan bandara Jeju.

Satu-satunya cara adalah masuk lewat Pulau Jeju. Sebagai daerah administrasi khusus, pemerintah provinsi Jeju sudah cukup lama mengeluarkan kebijakan bebas visa ke Korea bagi wisatawan Indonesia.

Masalah kedua adalah tidak ada penerbangan internasional dari Jakarta ke Jeju. Kamu harus terbang dulu ke Hong Kong. Dari bandara internasional Hong Kong, kamu bisa naik pesawat Jeju Air, Asiana Airlines, Korean Air, China Eastern atau HK Express ke bandara internasional Jeju.

Update: Mulai 12 Desember 2017, ada alternatif lain untuk ke Jeju dengan menggunakan AirAsia X. Dari Jakarta, kamu bisa ke Kuala Lumpur. Dari KL, ada penerbangan langsung ke Jeju. Harga tiketnya sekali jalan mulai dari MYR249.

Nah, begitu tiba di Jeju kamu hanya punya satu pilihan penerbangan ke Yangyang yaitu Korea Express Air. Rumit ya! Penerbangan dari Yangyang ke Jeju atau sebaliknya hanya ada satu kali sehari. Biaya tiket pesawatnya pun tidak murah meskipun sudah menggunakan maskapai LCC (low cost carrier).

Berapa Biaya Tiket Pesawat dari Jakarta ke Yangyang?

Sebagai simulasi, perhitungan biaya tiket pesawat dari Jakarta ke Yangyang adalah sebagai berikut:

Skenario 1 (Jakarta – Hong Kong – Jeju – Yangyang)

  1. Tiket Jakarta – Hong Kong pulang pergi sekitar Rp 4 – 5 juta menggunakan maskapai LCC seperti AirAsia atau Scoot
  2. Tiket Hong Kong – Jeju pulang pergi sekitar Rp 3 juta menggunakan maskapai LCC yaitu Hong Kong Express
  3. Tiket Jeju – Yangyang pulang pergi tidak diketahui (saat tim blog coba mengakses website Korea Express Air, seluruh halaman berbahasa Korea dan untuk pemesanan harus sign up terlebih dulu)

Dengan simulasi seperti ini, kemungkinan total biaya tiket pesawat Jakarta – Hong Kong – Jeju – Yangyang bisa mencapai Rp 9 – 10 juta (jika kita mengasumsikan tiket Jeju – Yangyang pulang pergi Rp 2 juta).

Skenario 2 (Jakarta – Kuala Lumpur – Jeju – Yangyang)

  1. Tiket Jakarta – Kuala Lumpur pulang pergi sekitar Rp 1 juta menggunakan maskapai LCC seperti AirAsia
  2. Tiket Kuala Lumpur – Jeju pulang pergi sekitar Rp 2 juta menggunakan AirAsia X
  3. Tiket Jeju – Yangyang pulang pergi dengan estimasi Rp 2 juta

Dengan simulasi seperti ini, kemungkinan total biaya tiket pesawat Jakarta – Kuala Lumpur – Jeju – Yangyang bisa mencapai Rp 5 juta.

Demi menghemat biaya visa single entry sebesar Rp544.000, apakah kamu mau mencoba salah satu dari skenario ini?

Keuntungan Program Bebas Visa ke Korea lewat Bandara Yangyang

Kebijakan bebas visa masuk lewat bandara Yangyang ini bisa dibilang lebih menguntungkan dibandingkan kebijakan bebas visa masuk lewat Jeju. Sebelumnya wisatawan Indonesia punya keterbatasan karena hanya bisa berada di dalam area pulau Jeju saja.

Kamu tidak bisa terbang ke Seoul karena kamu tidak akan diperbolehkan keluar dari bandara Gimpo.

Sementara jika kamu masuk lewat Yangyang, kamu sudah berada di daratan dan bisa ke Seoul menggunakan KTX (kereta ekspres) atau bus. Namun jangan lupa untuk kembali ke Yangyang karena kamu harus kembali ke Jeju.

Bagaimana? Jadi kamu berminat tidak mencoba program bebas visa ke Korea ini?

Kalau ingin coba merasakan musim dingin dan bermain salju di Korea, kamu harus memanfaatkan momen bebas visa ke Korea ini untuk mampir di Pyeongchang. Di sini musim dinginnya berlangsung lebih lama. Mulai dari November hingga April.

Sementara jika kamu ke Jeju atau Busan yang lebih hangat, kamu bisa melihat cantiknya bunga cherry blossom sakura yang bermekaran mulai awal bulan April. Di Seoul, cherry blossom biasanya mekar belakangan, sekitar pertengahan hingga akhir bulan April.

 

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Korea Selatan atau tentang visa di Reservasi.com.

Tags : Korea SelatanVisa

71 Comments

  1. Saya mau tanya dong tolong di jawab. Saya pngen bnget mampir ke busan caranya gimna ya. Jakarta-kuala lumpur- jeju-yangyang- trus naik kereta ke busan bisa ya ?? Tolong jawaban nya ya. Saya tujuannya ke busan

    1. Yang paling penting sudah bisa masuk korea daratan mas. Masalah tujuan dan transpot disana mudah dan jelas mas. Ayo bareng mas.bisa mintak no hp

  2. Maaf. Saya jg pingin ke korea ayo siapa saja yg butuh grup atau teman berangkat saya siap. Ohya saya juga bisa sedikit dikit bahasa korea dan tulisan hanggul

  3. Mf kalo ingin masuk ke Yangyang apakah harus membeli tiket olimpiade terlebih daluhu.?
    Ataukah bisa beli setelah sampai Yangyang.?
    ( Mf Maksud aku apakah bisa masuk ke Yangyang tanpa membawa tiket nonton olimpiade.? )
    Mohon pencerahan gan.

    1. Maaf kami tidak bisa memberikan jawaban yang pasti karena belum ada informasi resmi dari pemerintahan Korsel terkait hal ini.

  4. Hari ini 14 desember 2017 jam 14.23 wib saya menelpon ke kantor Korea Tourism Organisation yg beralamat di Jakarta menanyakan tentang seperti apa bebas visa ke korsel pasca olimpiade musim dingin dan dijawab oleh petugas wanita yg kebetulan mengangkat telpon saya dan dijelaskan bahwa bebas visa itu hanya untuk atlet dan penonton olimpiade dan para tourit yg mengambil bebas visa akan dibatasi pergerakannya yaitu diwajibkan tetap berada pada kawasan olimpiade tidak boleh kemana mana…..Jadi Bagaimana ini Gan mohon pencerahannya apa benar seperti itu…makasih

    1. Sepertinya dari pihak pemerintah Korsel sendiri memang masih belum ada mekanisme yang pasti. Kebijakannya terus berubah-ubah. Nanti jika ada kabar terbaru akan kami update.

    2. Pastinya sih lebih aman apply visa ya. Jadi bebas ke mana-mana & masuknya bisa dari bandara Incheon.

    3. Seandainya saya jadi berangkat ambil langkah bebas visa apa saya harus sekalian booking hotel di daerah pyongchang,ataukah bisa ke daerah laen,misalnya seoul…
      Mohin pencerahannya

    4. Sebaiknya coba dipertimbangkan ke Korsel pakai visa dulu krn kebijakan bebas visa ini masih belum ada kepastian lebih lanjut dari pemerintah Korsel.

  5. kira2 gan tau gak travel agency yg bisa berangkatin kita perorangan atau group karna yang saya denger harus pakai travel yg di tunjuk pemerintah korea itu bener atau gak ?

  6. Saya dengan teman rencana mamfaatkan momen bebas visa korea namun tiket from Jeju to Yangyang belinya bagi saya susah …Jadi apaka mas bisa bantu booking tiket jeju yangyang pp .

  7. Bisa dengan alternatif direct fligt Kualalumpur-Jeju by Airasia..estimasi harga tiket pp 2-3 jutaan..worth it kan?

  8. Pertanyaannya:
    Demi menghemat biaya visa single entry sebesar Rp544.000, apakah menurut kamu skenario seperti ini worth it?
    Jawabannya:
    Ga worth it banget. Saya udah baca berita ini sebelumnya dan mending apply visa daripada skema ini. Penerbangan ke Seoul pp sekitar 5-6 Juta, plus biaya visa yang 544.000, ga akan sampe 9-10 juta kan. Haha.
    Thanks udah membreakdown cost nya.

  9. Gan mau tnya..
    Kalo tkw indo kerja di hk bisa langsung beli tiket HK-JEJU-YANGYANG ngak gan..
    Mohon pencerahan nya

  10. Klo rule nya sperti itu mnding pke visa klo pngn muter2 keliling gpp pke bebas visa. @Mbak reservasi klo ada ada group tour yg recomended tolong share jkt-hk-jeju-yangyang-soul gk papa muter2 biar puas. 😅😂😂skalian. Email me ke: andre.noveri@gmail.com

    1. bener banget mending gambling apply visa. rute nya bikin ribet dan takut nya qta di tahan pihak imigrasi.

  11. gan mau tanya… jd qta cukup beli tiket pp aja ke korea. nnti di imigrasi di cek gak gan? mksh.
    toolong jelaskan rute free visa nya (tiket pp free visa)
    karena saya ada telepon ke kedutaan korea nya,namun jawab nya gak ad info resmi,nnti di resmikan di web kedutaan.

    1. Rute untuk mendapatkan free visa sudah dijelaskan dengan detail di artikel ini. Coba dibaca kembali dengan seksama ya…

    2. Tiket yg harus dibeli ada 3:
      1. Jakarta – Hong Kong
      2. Hong Kong – Jeju
      3. Jeju – Yangyang

  12. Ka mau Tanya dong cuma
    Berrti Kalo dari jkt-hongkong-jeju-yanyang (khususnya jeju-yangyang) mesti pake flight ya? Trus Kalo mau balik mesti dari yanyang-jeju trus bru deh dari jeju bisa k jkt direct ? Apa Nggak ada dari hongkong direct ke yanyang airport Ka ? Mohon pencerahannya ya ka 🙂🙂🙂🙂

    1. Tidak ada penerbangan internasional dari Hong Kong ke Yang Yang. Satu-satunya penerbangan internasional di Yang Yang adalah tujuan Kitakyushu (Jepang).

    1. Sejauh ini menurut pantauan kami sih hanya bisa pesan lewat telepon ke Korea Express Air-nya di 1588-2682. Nanti saat sudah di Korea bisa minta tolong orang hotel / hostel.

    1. Iya ada penerbangan dari Jeju ke Yangyang tapi terbatas hanya 1 maskapai. Dicek di imigrasi tapi kan sudah ada peraturan dari pemerintah Koreanya kalau untuk pemegang paspor Indonesia bebas visa. Asal masuknya lewat bandara Yangyang.

    1. Beli terpisah. Dari Hong Kong ke Jeju banyak pilihan maskapai seperti yg sudah disebutkan di artikel. Kalau dari Jeju ke Yangyang cuma ada 1 maskapai. Yg ini gak bisa beli online.

    2. Saya sudah bisa buat akun korea express air…
      Harga cuma 180rb an won untuk pp di bulan feb 2018

    1. Maaf, setelah kami konfirmasi ulang ke pihak KTO, tidak diperkenankan dari Jeju ke Busan tanpa visa menggunakan feri. Satu-satunya akses keluar Jeju adalah menggunakan direct flight ke Yangyang Airport.

  13. Jadi kalau mau ke pulau jeju trus ke yangyang tidak perlu apply visa ya, terus terbang aja dr bandara. Begitu ya…???

Leave a Response