Bebas Visa ke Korea Selatan Tahun 2018, Hoax atau Fakta?

Cara Mendapatkan Bebas Visa ke Korea Tahun 2018

Travel News7.1K
Cara Mendapatkan Bebas Visa ke Korea Tahun 2018

Travel Blog Reservasi – Baru-baru ini banyak beredar kabar bahwa pemerintah Korea Selatan akan membebaskan visa bagi turis Indonesia pada tahun 2018. Seperti biasa, setiap ada kabar bebas visa pasti mengundang reaksi yang luar biasa dari masyarakat. Namun apakah kabar bebas visa ke Korea ini benar atau cuma hoax?

Update 22 Jan 2018:

Bebas Visa Selama Olympic Winter Games Pyeongchang 2018

Pemerintah Korea melaksanakan kebijakan baru terkait dengan adanya Olympic Winter Games Pyeongchang 2018. Demi menyukseskan terselenggaranya acara tersebut maka diberikan kemudahan Bebas Visa Sementara bagi tiga Negara Indonesia, Philippines dan Vietnam.

Periode Pelaksanaan : Mulai tanggal 22 Januari 2018 hingga 30 April 2018.

Ketentuan untuk mendapatkan Bebas Visa Sementara harus melalui 14 Authorized Travel Agent yang telah dipilih oleh Kedubes Korea dengan minimal 5 Orang peserta.

Baca Daftar 14 Authorized Travel Agent di sini

Adapun rute harus seperti berikut ini:

*Mendarat di Incheon International Airport kemudian diteruskan dengan penerbangan transit ke Yangyang International Airport. (peserta tidak dapat keluar Incheon International Airport, harus dapat membuktikan dengan reservasi tiket penerbangan transit dan check keimigrasian akan dilakukan di Yangyang International Airport.

Ternyata berita ini benar. Seperti yang dapat dilihat di tweet KTO (Korea Tourism Organization) Jakarta berikut ini:

Warga Indonesia bisa masuk ke Korea tanpa visa dalam rangka Olimpiade Musim Dingin 2018 di Pyeongchang. Penerapan program bebas visa ke Korea ini bersifat sementara dan rencananya mulai diberlakukan pada Januari 2018 hingga April 2018.

Langkah pemerintah Korea Selatan menggratiskan visa seperti ini tentunya untuk promosi Olimpiade dan menggenjot jumlah wisatawan untuk datang menyaksikan perhelatan olahraga akbar tersebut di Pyeongchang.

Lalu bagaimana dengan mekanismenya? Apakah semudah itu mendapat bebas visa ke Korea? Tentunya tidak. Ada syarat-syarat yang ditetapkan oleh pemerintah Korea Selatan.

Disclaimer: Artikel ini dibuat pada 18 November 2017, ketika banyak berita tentang bebas visa masuk ke Korea Selatan di media-media nasional seperti CNNIndonesia.com, Tempo.co dan Tribunnews.com. Sejak saat itu hingga sekarang, belum ada kepastian / mekanisme resmi dari pihak pemerintah Korea Selatan.

Kami menyarankan agar pembaca terus memantau hingga ada pengumuman resmi terkait kebijakan bebas visa saat Olimpiade Musim Dingin di website Kedutaan Besar Korea Selatan untuk Indonesia.  Artikel ini hanya bersifat panduan dan tidak terafiliasi resmi dengan pihak pemerintahan Korea Selatan.

Mau Bebas Visa ke Korea, Siap-siap Ribet!

Jika melihat dari artikel yang diposting oleh Visit Korea, cara mendapatkan visa gratis ke Korea cukup tricky. Pertama, turis dari Indonesia harus masuk ke Korea Selatan lewat bandara internasional Yangyang di provinsi Gangwon-do.

Nah, masalahnya tidak ada penerbangan internasional langsung dari Jakarta ke Yangyang. Bandara Yangyang hanya melayani penerbangan domestik dari bandara Gimhae (Busan) dan bandara Jeju.

Satu-satunya cara adalah masuk lewat Pulau Jeju. Sebagai daerah administrasi khusus, pemerintah provinsi Jeju sudah cukup lama mengeluarkan kebijakan bebas visa ke Korea bagi wisatawan Indonesia.

Masalah kedua adalah tidak ada penerbangan internasional dari Jakarta ke Jeju. Kamu harus terbang dulu ke Hong Kong. Dari bandara internasional Hong Kong, kamu bisa naik pesawat Jeju Air, Asiana Airlines, Korean Air, China Eastern atau HK Express ke bandara internasional Jeju.

Update: Mulai 12 Desember 2017, ada alternatif lain untuk ke Jeju dengan menggunakan AirAsia X. Dari Jakarta, kamu bisa ke Kuala Lumpur. Dari KL, ada penerbangan langsung ke Jeju. Harga tiketnya sekali jalan mulai dari MYR249.

Nah, begitu tiba di Jeju kamu hanya punya satu pilihan penerbangan ke Yangyang yaitu Korea Express Air. Rumit ya! Penerbangan dari Yangyang ke Jeju atau sebaliknya hanya ada satu kali sehari. Biaya tiket pesawatnya pun tidak murah meskipun sudah menggunakan maskapai LCC (low cost carrier).

Berapa Biaya Tiket Pesawat dari Jakarta ke Yangyang?

Sebagai simulasi, perhitungan biaya tiket pesawat dari Jakarta ke Yangyang adalah sebagai berikut:

Skenario 1 (Jakarta – Hong Kong – Jeju – Yangyang)

  1. Tiket Jakarta – Hong Kong pulang pergi sekitar Rp 4 – 5 juta menggunakan maskapai LCC seperti AirAsia atau Scoot
  2. Tiket Hong Kong – Jeju pulang pergi sekitar Rp 3 juta menggunakan maskapai LCC yaitu Hong Kong Express
  3. Tiket Jeju – Yangyang pulang pergi tidak diketahui (saat tim blog coba mengakses website Korea Express Air, seluruh halaman berbahasa Korea dan untuk pemesanan harus sign up terlebih dulu)

Dengan simulasi seperti ini, kemungkinan total biaya tiket pesawat Jakarta – Hong Kong – Jeju – Yangyang bisa mencapai Rp 9 – 10 juta (jika kita mengasumsikan tiket Jeju – Yangyang pulang pergi Rp 2 juta).

Skenario 2 (Jakarta – Kuala Lumpur – Jeju – Yangyang)

  1. Tiket Jakarta – Kuala Lumpur pulang pergi sekitar Rp 1 juta menggunakan maskapai LCC seperti AirAsia
  2. Tiket Kuala Lumpur – Jeju pulang pergi sekitar Rp 2 juta menggunakan AirAsia X
  3. Tiket Jeju – Yangyang pulang pergi dengan estimasi Rp 2 juta

Dengan simulasi seperti ini, kemungkinan total biaya tiket pesawat Jakarta – Kuala Lumpur – Jeju – Yangyang bisa mencapai Rp 5 juta.

Demi menghemat biaya visa single entry sebesar Rp544.000, apakah kamu mau mencoba salah satu dari skenario ini?

Keuntungan Program Bebas Visa ke Korea lewat Bandara Yangyang

Kebijakan bebas visa masuk lewat bandara Yangyang ini bisa dibilang lebih menguntungkan dibandingkan kebijakan bebas visa masuk lewat Jeju. Sebelumnya wisatawan Indonesia punya keterbatasan karena hanya bisa berada di dalam area pulau Jeju saja.

Kamu tidak bisa terbang ke Seoul karena kamu tidak akan diperbolehkan keluar dari bandara Gimpo.

Sementara jika kamu masuk lewat Yangyang, kamu sudah berada di daratan dan bisa ke Seoul menggunakan KTX (kereta ekspres) atau bus. Namun jangan lupa untuk kembali ke Yangyang karena kamu harus kembali ke Jeju.

Bagaimana? Jadi kamu berminat tidak mencoba program bebas visa ke Korea ini?

Kalau ingin coba merasakan musim dingin dan bermain salju di Korea, kamu harus memanfaatkan momen bebas visa ke Korea ini untuk mampir di Pyeongchang. Di sini musim dinginnya berlangsung lebih lama. Mulai dari November hingga April.

Sementara jika kamu ke Jeju atau Busan yang lebih hangat, kamu bisa melihat cantiknya bunga cherry blossom sakura yang bermekaran mulai awal bulan April. Di Seoul, cherry blossom biasanya mekar belakangan, sekitar pertengahan hingga akhir bulan April.

 

Baca juga artikel menarik lainnya tentang Korea Selatan atau tentang visa di Reservasi.com.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Metta Pranata

147 thoughts on “Cara Mendapatkan Bebas Visa ke Korea Tahun 2018

  1. Kl dr jeju ingin menyeberang je yeosu atau mokpo pakai fery apakah bisa??selain pasport dokument apalagi yg dibutuhkan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *