Mau Nonton Gerhana Matahari? Ini Barang yang Perlu Kamu Bawa - Reservasi Travel Blog

Mau Nonton Gerhana Matahari? Ini Barang yang Perlu Kamu Bawa

Travel Tips69
Mau Nonton Gerhana Matahari? Ini Barang yang Perlu Kamu Bawa

Travel Blog Reservasi – Fenomena langka Gerhana Matahari Total (GMT) sudah didepan mata. Fenomena langka yang bisa kalian saksikan selama 350 tahun sekali ditempat yang sama, sudah dinanti wisatawan asing juga wisatawan dari dalam negeri. Pemesanan tiket pesawat dan booking hotel sudah meningkat jauh-jauh hari. Festival GMT ternyata mendapatkan sambutan hangat dari para traveler dalam dan luar negeri.

Peristiwa gerhana matahari total ini memang bukan yang pertama kali terjadi di Indonesia, dahulu pernah terjadi gerhana matahari total serupa di tahun 1983, 1988, dan 1995. Kini gerhana matahari terjadi ditahun 2016 ini, diperkirakan akan terjadi lagi ditahun 2023. Namun untuk mengulang kembali GMT di tempat yang sama, butuh waktu antara 300 hingga 350 tahun lagi. Bertepatan dengan gerhana matahari kali ini, jangan sampai kalian melewatkan fenomena alam ini begitu saja.

Kalian yang sudah mempersiapkan diri untuk berangkat ke beberapa daerah yang akan disinggahi GMT sebaiknya mempersiapkan beberapa barang penting ini. Akan sangat merepotkan jika kalian harus mencari barang-barang ini saat sudah tiba di tempat tujuan. Berikut 5 barang penting yang harus kalian persiapkan untuk menyambut GMT.

1.Kacamata khusus GMT

barang-wajib-dibawa-saat-nonton-gerhana-matahari-total-3

Kacamata yang wajib kalian bawa bukan sekadar kacamata hitam biasa. Efek melihat proses gerhana matahari secara langsung dengan mata telanjang beresiko merusak retina mata. Memang, pada saat terjadi gerhana matahari total kalian boleh melihatnya secara langsung. Yang berbahaya adalah saat sinar matahari mulai muncul kembali dari balik rembulan. Inilah yang dikhawatirkan merusak retina mata karena tiba-tiba melihat sinar terang.

Kacamata GMT biasanya memiliki bahan khusus seperti lensa filter sinar ultraviolet dan infrared yang dikhususkan untuk melihat proses terjadinya detik-detik GMT. Tidak sembarang kacamata hitam biasa dapat digunakan untuk melihat proses GMT secara langsung. Demi melindungi mata kalian, pastikan kalian membeli kacamata yang tepat untuk menyaksikan proses terjadinya GMT.

2. Tabir Surya

barang-wajib-dibawa-saat-nonton-gerhana-matahari-total-4

Tabir surya atau sunblock sangat diperlukan bagi kalian yang akan menonton secara langsung di ruang terbuka. Demi melindungi kulit dari terpaan sinar matahari langsung, sebaiknya kalian membawa tabir surya agar kulit tetap lembab dan tidak kering. Tabir surya yang biasa digunakan untuk ke pantai sudah cukup, jika kalian ingin melihat GMT secara langsung.

3. Kamera

barang-wajib-dibawa-saat-nonton-gerhana-matahari-total-1-1

Fenomena langka GMT di Indonesia bukan hanya menjadi perhatian wisatawan asing, tetapi juga para peneliti asing dari Jerman dan Jepang. Nah, demi mendapatkan momen yang spesial, sebaiknya kalian menyiapkan kamera untuk mengabadikan proses terjadinya GMT. Ada baiknya kalian menggunakan dua kamera atau lebih. Salah satu bisa digunakan untuk merekam video dan salah satunya digunakan untuk memotret proses terjadinya GMT. Travel Blog sudah menuliskan tips bagaimana caranya memotret proses GMT.

Jangan minder untuk menggunakan kamera ponsel. Kalian juga bisa kok tetap mengabadikan GMT hanya dengan kamera ponsel biasa. Pastikan juga baterainya sudah dipersiapkan dengan baik. Proses GMT memang berlangsung hanya beberpa menit. Namun, suasana keramaian GMT pun akan menjadi obyek yang menarik untuk kalian abadikan.

4. Tripod

barang-wajib-dibawa-saat-nonton-gerhana-matahari-total-2

Jika kalian ingin mendapatkan hasil foto yang memuaskan. Kalian wajib membawa tripod. Pasalnya gerakan sedikit saja akan membuat video atau gambar menjadi blur atau kabur. Memang agak merepotkan sih membawa tripod. Tapi demi, fenomena langka 300 tahun sekali, tidak ada salahnya kalian berkorban demi mendapatkan hasil foto yang sempurna.

5. Air Minum dan Camilan

barang-wajib-dibawa-saat-nonton-gerhana-matahari-total

Saat menunggu proses GMT, pastikan kalian membawa perbekalan seperti air minum dan makanan kecil. Sebelumnya, puas-puasin dulu untuk ke tolet. Pagi hari stop makan-makanan pedas agar perut kalian bisa diajak kompromi saat menyaksikan GMT. Supaya tidak dehidrasi saat menikmati proses terjadinya GMT, ada baiknya juga kalian membawa bekal air minum secukupnya.

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *