close

Bandara Terburuk di Dunia Ini Bikin Makin Cinta Indonesia

bandara terburuk

Travel Blog Reservasi – Bicara soal bandara, pastinya yang akan dibayangkan adalah soal kenyamanan dan juga ketepatan waktu. Dua hal itulah yang dibutuhkan oleh para traveler di mana pun. Kalau harus berurusan dengan bandara terburuk, rasanya bikin penilaian kita ke negara tersebut ikutan buruk, ya.

Apa Indonesia masuk dalam daftar bandara terburuk di dunia?

Situs Sleeping in Airports merilis daftar bandara terburuk di dunia dari hasil survey yang telah dilakukan. Penilaian tersebut dinilai dari:

– Kenyamanan
– Pelayanan dan fasilitas
– Pilihan makanan
– Meja imigrasi dan keamanan
– Customer service
– Kebersihan
– Navigasi dan kemudahan transit
– Kenyamanan untuk tidur

Nah, mari sekarang kita langsung membahas 8 bandara yang dinobatkan sebagai bandara terburuk di dunia.

Juba International Airport, Sudan Selatan (JUB)

bandara terburuk
hotinjuba

Bandara ini dinobatkan sebagai Worst Airport in the World atau bandara terburuk di dunia. Tahun ini bahkan terminal dan konter check-in masih menggunakan tenda terpal. Tidak sampai di situ, kursinya pun jauh dari kata layak dan kadang suhu di sana bisa mencapai 40 derajat Celsius!

Sejak tahun 2012 alasan bandara internasional tersebut masih menggunakan tenda sebagai terminal adalah proses renovasi dan perbaikan yang tidak kunjung usai. Keadaannya sangat parah untuk dikatakan sebagai bandara internasional.

Kalau kamu sempat ke sini, sebaiknya gunakan baju yang menyerap keringat, bawa sebotol penuh air minum, dan berharap yang terbaik.

Port Harcourt International Airport, Nigeria (PHC)

bandara terburuk
thisisafrica

Tahun ini, banyak responden survey yang mengindikasikan kalau korupsi adalah penyebab utama bandara internasional Port Harcourt jadi seburuk itu.

Buruknya bandara ini adalah banyak sekali pemalakan dan pungutan liar dalam bandara, keadaan toilet yang parah, tidak ada AC, bahkan di sana juga ada terminal kedatangan dan keberangkatan yang menggunakan tenda.

Ada satu responden survey yang mengatakan, apapun jenis visa yang kamu urus, pegawai bandara akan bilang kalau itu adalah visa yang salah, dan kamu harus bayar denda. Parah, kan.

Crete Heraklion International Airport, Yunani (HER)

A post shared by Elena Gromova (@sirius_elen) on


Membayangkan indahnya Yunani rasanya timpang sekali ya kalau harus melewati bandara internasional yang satu ini. Antrian para traveler yang mengular akan jadi pemandangan yang biasa di sana.

Sistem manajemen yang buruk seringkali membuat banyak penumpang harus ketinggalan pesawat. Staf yang sangat tidak efisien juga membuat bandara ini harus penuh dan sumpek karena penumpang yang bertumpuk-tumpuk.

Lagos Murtala Muhammed International Airport, Nigeria (LOS)

bandara terburuk
answersafrica

Setidaknya, bandara internasional di Afrika yang satu ini memiliki bangunan yang layak. Namun, tetap saja korupsi tetap terjadi. Petugas di sana tidak segan untuk melakukan pungutan liar dan meminta uang kepada para penumpang.

Salah satu responden survey mengatakan, kalau kamu bilang membawa cukup uang pada petugas imigrasi, mereka akan membawa kamu ke sebuah ruangan gelap dan akan memalak kamu.

Santorini Thira National Airport, Yunani (JTR)

A post shared by Allan K (@allan_klownz) on

Wah, tidak menyangka ya indahnya Santorini ternyata tidak sebanding dengan bandara yang dimiliki. Bandara di sana bahkan masuk ke dalam 10 besar bandara terburuk di dunia.

Banyak penerbangan yang delay hingga 2 jam karena manajemen yang buruk. Penumpang yang bergerumul di tiap terminal karena kurangnya staf yang mengatur. Bahkan, tidak jarang penumpang harus berbaris menunggu antrian masuk luar terminal untuk masuk ke dalam pesawat.

Paris Beauvais-Tille Airport, Prancis (BVA)

A post shared by Lenny (@lennyxu) on

Dua terminal di sana akan tutup pada pukul 22.45 dan 06.00 pagi. Jadi untuk kamu yang harus melakukan penerbangan malam di terminal itu, siap-siap menunggu di kursi luar atau menunggu di parkiran mobil untuk tempat yang lebih hangat.

Tashkent International Airport, Uzbekistan (TAS)

Seperti bandara-bandara sebelumnya, bandara ini juga memiliki sistem manajemen yang amat buruk sehingga seringkali penumpang harus sampai berdesakan untuk mengantri pemeriksaan imigrasi di terminal kedatangan.

Proses pengecekan juga sangat lambat dan di sana ada yang namanya “service personnel” yang bisa membantu kamu men-skip antrian, tapi harus bayar sekitar 10USD-20USD.

Kathmandu Tribhuvan International Airport, Nepal (KTM)

Bandara internasional Tribhuvan dianggap oleh para responden survey sebagai bandara yang penuh sesak, memiliki manajemen yang buruk, dan kebersihan yang kurang terjaga. Jangan tanya kondisi toiletnya seperti apa, ya.

Baca juga: Cara Agar Koper Berada di Urutan Pertama Saat Pengambilan di Bandara

Itulah sederetan bandara terburuk di dunia berdasarkan hasil survey situs Sleeping in Airports. Untung Indonesia tidak termasuk yah.

Setidaknya bandara-bandara internasional di negeri ini masih masuk ke dalam kategori layak dan ramah wisatawan. Jadi makin cinta Indonesia kan?

Tags : bandaraLuar NegeriPesawat

Leave a Response