Bandara Pertama di Dunia yang Sepenuhnya Menggunakan Tenaga Surya - Reservasi Travel Blog

Bandara Pertama di Dunia yang Sepenuhnya Menggunakan Tenaga Surya

Travel News187
Bandara Pertama di Dunia yang Sepenuhnya Menggunakan Tenaga Surya

Travel Blog Reservasi – Cochin Airport, India, menjadi yang pertama di dunia yang menggunakan tenaga surya untuk memenuhi pasokan listriknya secara penuh. Bahkan produksi power plant tenaga surya tersebut membuat pasokan listriknya surplus. Tenaga listrik yang dihasilkan oleh panel surya yang dipasang mampu melebihi kebutuhan listrik Cochin Airport, India. Sebagai bandara keempat dengan jumlah penumpang terbanyak di India, Cochin Airport memasang lebih dari 46.000 panel surya di sebidang tanah dengan ukuran sekitar 45 are yang berdekatan dengan lokasi kargo bandara.

Baca juga (Cara Naik Pesawat Untuk Yang Baru Pertama Kali Naik Pesawat)

Para insinyur yang merancang panel surya tersebut mengatakan bahwa ada sekitar 50.000 hingga 60.000 unit listrik yang disuplai setiap hari dengan kekuatan 12 mega watt. Sedangkan konsumsi listrik Cochin Airport hanya sekitar 48.000 unit per-harinya.

Cochin Airport mengukuhkan sebagai bandara pertama yang menggunakan tenaga surya untuk kebutuhan operasionalnya secara penuh. Pemerintah India berharap langkah Cochin Airport memasang panel tenaga surya sebagai sumber utama listriknya ini bisa diikuti oleh bandara-bandara lainnya di India.

Pada awal mulanya proyek panel surya dimulai pada tahun 2013 dengan memasang panel surya di beberapa atap bangunan di area bandara, selanjutnya panel surya dipasang di beberapa lokasi hingga menyediakan lahan khusus untuk dipasang ribuan panel surya demi memenuhi kebutuhan listrik di bandara.

Sebenarnya proyek panel surya untuk tenaga listrik ini memiliki manfaat jangka panjang. Konkritnya mampu mengurangi emisi karbon hingga 300 ribu ton selama 25 tahun kedepan. Itu artinya selama Cochin Airport menggunakan panel surya ini, sama halnya dengan menanam 3 juta pohon. Bayangkan betapa ramah lingkungannya teknologi tenaga surya tersebut!

Bukan hanya kota-kota lain di India yang akan mengukuti jejak Cochin Airport, melainkan negara lain seperti Amerika Serikat tengah mengikuti trend positif dalam mengadopsi tenaga surya untuk kebutuhan listrik bandaranya. Salah satu contohnya adalah Denver International yang telah memiliki empat kebun panel tenaga surya yang mampu memproduksi 3.1 juta kilowatt-jam setiap tahunnya. Disusul kemudian oleh Angkatan Laut Amerika Serikat yang akan membuat kebun panel tenaga surya di bagian Arizona untuk memenuhi kebutuhan listrik di 14 pangkalan militer AS di California.

Baca juga (Mau Mudik Naik Pesawat Dengan Tiket Murah? Ini dia 5 Tips Dapat Tiket Murah!)

 

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *