close

Bagaimana Rasanya Agustusan di Luar Negeri?

shutterstock_687355267 agustusan di luar negeri
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bagaimana ya rasanya Agustusan di Luar Negeri? Meskipun beda tempat tapi sama rasa, pasalnya Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di masing-masing negara biasanya menyelenggarakan upacara hingga lomba Agustusan yang meriah.

Agustusan di Luar Negeri lebih mempererat sesama WNI yang sedang merantau, belajar dan bekerja di luar negeri. Beberapa lomba 17 Agustusan yang tidak pernah dilewatkan meskipun merayakannya di luar negeri seperti lomba makan kerupuk, catur dan lomba tarik tambang.

Baca 16 Sepeda Hias Agustusan yang Unik dan Kreatif

shutterstock

Peringatan kemerdekaan pada setiap tanggal 17 Agustus di Luar Negeri merupakan sebuah acara temu kangan selain kumpul-kumpul saat Idulfitri dan Iduladha. Biasanya kumpul-kumpul WNI di luar negeri ditutup dengan makan bersama dengan hidangan khas dari Indonesia seperti rendang, opor dan nasi goreng.

Perayaan hari kemerdekaan Indonesia juga biasanya mengajak warga lokal di luar negeri untuk merayakan semarak lomba-lomba dan mencicipi kuliner khas Indonesia. Sebuah cara mengenalkan Indonesia dengan cara yang berbeda. Bahkan terkadang para warga lokal di luar negeri ikut serta lomba-lomba 17 Agustusan tanpa rasa sungkan dan malu.

Baca 7 Pantai yang Pernah Jadi Lokasi Upacara 17 Agustusan dalam Air

shutterstock

Hidup di negeri orang bukan berarti hilang semangat dan luntur untuk merayakan hari kemerdekaan Indonesia. Biasanya merayakan kemerdekaan di negeri orang malah bisa lebih khidmat. Bahkan saat menyanyikan lagu Indonesia Raya, tak terasa air mata menetes karena rasa bangga dan rindu dengan tanah air.

Terbayang-bayang keluarga, sanak famili dan teman-teman sejawat dalam waktu yang sama sedang merayakan hari kemerdekaan dengan meriah. Pastilah berbeda dengan cara merayaakan kemerdekaan di luar negeri.

Baca 5 Promo Tempat Wisata di Bulan Agustus Khusus untuk Mas Agus

shutterstock

Satu hal yang harus disyukuri karena tidak ada lomba panjat pinang di luar negeri. Meskipun ada, persiapannya akan sangat sulit. Mendirikan pohon pinang dengan anekaragam hadiah saja bukti bahwa gotong royong di Indonesia masih ada. Itulah salah satu wujud persatuan dan kesatuan yang nyata.

Berbagai cara dilakukan untuk mendekatkan sesama WNI di luar negeri saat 17 Agustusan. Usai upacara, lomba kemudian ditutup dengan ramah tamah dan doa. Hal tersebut sudah merupakan bentuk mempererat persaudaraan dan silaturahmi sesama saudara sebangsa dan setanah air di luar negeri.

Baca 17 Kuliner Khas 17 Agustusan Hidangan Syukuran Kemerdekaan RI

agustusan di luar negeri
shutterstock

Ada banyak cara untuk merayakan hari kemerdekaan di luar negeri. Era sosial media saat ini siapapun bisa mengucapkan selamat hari kemerdekaan RI melalui Instagram, Twitter, Facebook dan Youtube. Semarak kemerdekaan akan bergema di sosial media serentak pada tanggal 17 Agustus setiap tahunnya dari seluruh penjuru dunia.

Baca juga artikel wisata lain di Luar Negeri dari Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : 17 AgustusLuar Negeri

Leave a Response