Larangan di Jepang yang Wajib Kamu Patuhi Biar Liburan Makin Nyaman

Awas! Jangan Lakukan 7 Hal Sepele Ini Saat Liburan ke Jepang

Travel Tips414
Awas! Jangan Lakukan 7 Hal Sepele Ini Saat Liburan ke Jepang

Travel Blog Reservasi – Kamu yang tahun ini berencana liburan ke Jepang, maka ulasan kali ini tepat banget nih untuk kamu. Jepang memang terkenal dengan kerapian, kedisiplinan, keamanan, dan kebersihannya.

Maka dari itu ada baiknya sebelum liburan ke Jepang, kamu mempelajari hal yang boleh kamu lakukan di sana dan tak boleh kamu lakukan di Negeri Sakura. Berikut hal yang dilarang untuk dilakukan di Jepang:

Larangan yang harus kamu hindari di Jepang

1. Tak perlu memberikan tip

Jika di Indonesia memberikan tip kepada pramusaji bisa membuat senang sang pramusaji, namun kalau di negeri sakura berbeda.

larangan di jepang
Sumber gambar: imgur.com

Di Jepang, memberikan tip kepada pramusaji akan dianggap sebagai penghinaan dan kamu akan dianggap meremehkan dan memandang rendah pramusaji.

2. Berbicara keras saat di transportasi umum

Sumber gambar: rocketnews24.com

Saat di Jepang kamu akan jarang sekali melihat orang  ngobrol di transportasi umum. Lah kok?

Sejak dari usia dini, anak-anak di Jepang  sudah diajarkan  untuk menghormati kepentingan orang lain dan tak mengganggu kenyamanan mereka. Maka dari itu, berbicara keras di transportasi umum sangat dilarang.

3. Berdiri di jalur yang salah saat di eskalator

Jika di Indonesia, tak ada aturan jelas untuk menentukan berdiri di posisi yang manapun, entah itu di sebelah kiri atau kanan, jika di Jepang lain ceritanya.

Di Jepang, kamu harus berdiri di posisi yang tepat, hal ini untuk membedakan mana orang yang memang terburu dan yang tidak.

larangan di jepang
Sumber gambar: mazandlift.com

Jika di Tokyo Yokohama, Kyoto, Hokkaido, Fukuoka, lajur kiri untuk yang sedang tak terburu-buru, sedangkan lajur kanan untuk orang yang terburu-buru. Sedangkan di Osaka, Kobe, Sendai sebaliknya orang yang tak terburu-buru beda di sebelah kanan.

Intinya, beradaptasi dengan cepat dengan melihat orang yang ada di depan kamu.

Baca juga :

4. Jangan makan dan minum sambil jalan

larangan di jepang
Sumber gambar: visitkinosaki.com

Selain di event festival, sebaiknya kamu tak makan dan minum sambil jalan.

5. Jangan lupa lepas dan letakkan pada posisi semula sandal kamar mandi

Sumber gambar: japan-guide.com

Kamu sebaiknya gunakan sandal khusus kamar mandi yang sudah disediakan dan jangan lupa lepas kembali dan letakkan ke posisi semula.

Peraturan ini adalah hal umum yang dilakukan di Jepang, jadi kamu sebaiknya tak lupa memakai sandal khusus jika ke kamar mandi dan melepasnya kembali, karena kalau tidak, siap-siap diberikan tatap sinis ya.

6. Jangan asal berendam di onsen

Kamu diharuskan untuk mandi terlebih dahulu di sento atau pemandian umum sebelum berendam di kolam air panas (onsen).

7. Jangan pernah duduk di bangku prioritas meskipun kosong

Jika di Indonesia ada anggapan kurang tepat sehingga duduk di bangku prioritas dianggap wajar. Berbeda di negara-negara maju seperti Singapura dan Jepang yang mengharamkan siapa pun duduk di kursi prioritas kecuali yang berhak.

Sumber gambar: pinterest.com

Jangan coba-coba duduk di bangku prioritas saat liburan di Jepang

Di Jepang ada lima macam priority seats (Bangku prioritas) yaitu untuk manula, wanita mengandung, wanita yang membawa bayi, penyandang cacat atau orang yang sedang sakit, dan pekerja yang mabuk.

Punya rencana tour Jepang tahun ini? Jangan lupa booking tiket pesawatnya lewat Reservasi.com ya. Biasanya ada promo tiket pesawat murah ke Jepang. Cek dan pantau saja halaman promonya di sini.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *