Serba-serbi Aturan THR dan Cara Menghitungnya - Reservasi Travel Blog

Serba-serbi Aturan THR dan Cara Menghitungnya

Travel News71
Serba-serbi Aturan THR dan Cara Menghitungnya shutterstock

Travel Blog Reservasi – Selain meriahnya pesta mudik, yang dinanti-nanti jelang Idul Fitri adalah THR alias tunjangan hari raya. Tunjangan berupa uang tunai ini diterima oleh para pekerja maksimal tujuh hari jelang Lebaran. Nominalnya berbeda-beda, disesuaikan dengan lamanya masa kerja dan besaran gaji per bulan.

Pembagiannya diatur dalam Peraturan Menteri Ketenagakerjaan (Permenaker) No. 6/2016 tentang Tunjangan Hari Raya (THR) Keagamaan Bagi Pekerja / Buruh di Perusahaan. Kalau kamu sendiri tahun ini mendapat THR berapa? Reservasi.com akan memberikan ulasan singkat mengenai aturan THR dan cara menghitungnya yang dihimpun dari berbagai sumber. Yuk, simak!

Baca 7 Tips Atur THR ala Traveler Milenial

Tidak perlu menunggu setahun bekerja untuk mendapat THR

Bagi para karyawan baru, pasti pernah mendengar rumor bahwa harus bekerja minimal 1 tahun terlebih dahulu untuk bisa menerima THR jelang hari raya. Jangan khawatir, Permenaker yang disahkan pada tahun 2016 memperbarui aturan yang menguntungkan bagi karyawan baru, buruh kontrak, bahkan pekerja lepas.

Semua pekerja yang sudah bekerja minimal 1 bulan, sudah bisa menerima THR dengan perhitungan menyesuaikan. Jadi tidak menerima satu kali gaji penuh, tapi dibagi sesuai lamanya masa kerja. Bagaimana cara menghitungnya?

Besarnya THR adalah satu kali upah pokok

Biar puasa sambil bekerja tetap semangat, yuk pelajari cara menghitung besarnya THR yang akan kamu terima! Sesuai Permenaker nomor 6 tahun 2016, pekerja yang sudah bekerja minimal 1 tahun akan menerima THR sebesar satu kali upah pokok bulanan. Artinya di luar uang makan, uang kehadiran, dan uang tunjangan lain yang bersifat tidak tetap.

Contohnhya begini, Budi sudah bekerja di PT. X selama 14 bulan dengan gaji pokok per bulan Rp 5.000.000,00. Selain itu ia juga menerima tunjangan jabatan sebesaar Rp 750.000,00 dan uang makan Rp 50.000,00 per hari. Maka besar THR yang Budi terima adalah:

THR Budi = gaji pokok + tunjangan jabatan
= Rp 5.000.000,00 + Rp 750.000,00
= Rp 5.750.000,00

Kenapa uang makan tidak ikut dihitung? Uang makan termasuk ke dalam tunjangan tidak tetap, karena diberikan per hari sesuai kehadiran karyawan. Besarannya bisa berbeda-beda setiap bulan, tergantung persentase kehadiran.

aturan THR
shutterstock

Bagaimana menghitung THR karyawan baru dan pekerja lepas?

Nah, untuk karyawan baru yang masa kerjanya belum mencapai setahun ada perbedaan cara menghitung. Ambil contoh Ani baru bekerja di PT. X selama 7 bulan dengan gaji pokok per bulan sebesar Rp 3.000.000,00. Ia juga mendapat tunjangan jabatan sebesar Rp 300.000,00 per bulannya tanpa uang makan. Maka besar THR yang Ani terima adalah:

THR Ani = 7/12 x (gaji pokok + tunjangan jabatan)
= 7/12 x (Rp 3.000.000,00 + Rp 300.000,00)
= Rp 1.925.000,00

Untuk pekerja lepas dan karyawan kontrak juga jangan khawatir. Kalian yang bekerja dengan menandatangani surat PKWT (Perjanjian Kerja pada Waktu Tertentu) juga berhak mendapat THR dengan perhitungan sama seperti di atas. Besarnya THR disesuaikan dengan upah bulanan untuk pekerja kontrak, sementara pekerja lepas (freelance) dihitung sesuai rata-rata fee bulanan.

Apakah penganut agama non Muslim juga menerima THR?

Penting untuk dipahami, pemberian THR yang diatur dalam Permenaker nomor tahun 2016 diperuntukkan bagi seluruh tenaga kerja tanpa terkecuali. Tidak memandang jabatan, apalagi suku, agama dan keyakinan yang dianut. Pemberiannya hanya disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing orang.

Jelang Idul Fitri, THR dibagikan kepada para tenaga kerja yang beragama Islam. Sementara pekerja beragama non Islam akan menerima THR jelang hari rayanya masing-masing. Umat Kristen dan Katholik saat menjelang Natal, pemeluk agama Hindu menerima sebelum Nyepi, Budha sebelum Waisak dan sebagainya.

Mudah kan cara menghitung THR-nya? Coba sekarang hitung punyamu, tahun ini bakal menerima THR berapa ya?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Dian Arthasalina

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *