Solusi Permasalahan Aplikasi Antrean Paspor Online - Reservasi Travel Blog

Solusi Permasalahan Aplikasi Antrean Paspor Online

Travel Tips16.9K
Solusi Permasalahan Aplikasi Antrean Paspor Online shutterstock

Travel Blog Reservasi – Dengan diberlakukannya aplikasi antrian paspor online, ternyata tidak semudah yang dibayangkan, karena di lapangan masih banyak yang menghadapi beberapa kendala teknis dalam menggunakan aplikasi antrian paspor online.

Lalu kira-kira apa saja permasalahan yang dihadapi oleh beberapa pemohon yang hendak mengurus paspor atau perpanjangan paspor? Berikut adalah rangkumannya.

Tidak ada Email Verifikasi

Jika sudah melakukan pendaftaran biasanya terdapat sebuah email balasan berupa verifikasi. Namun ternyata beberapa pengguna sepertinya kurang teliti karena biasanya email verifikasi ada yang masuk ke dalam inbox namun ada pula yang masuk ke dalam kotak spam.

Oleh karena itu jika sudah melakukan pendaftaran namun merasa belum mendapatkan email verifikasi, jangan merasa panik terlebih dahulu, tapi periksalah kotak spam terlebih dahulu untuk memeriksa Apakah ada email verifikasi yang masuk melalui kotak tersebut.

Rata-rata pengguna aplikasi tidak memeriksa kotak spam sehingga mereka menganggap bahwa mereka tidak mendapatkan email verifikasi setelah melakukan proses pendaftaran untuk menggunakan aplikasi antrian paspor online.

Baca Begini Lho Cara Mudah Perpanjang Paspor Sendiri Tanpa Calo

Tidak Bisa Mendapatkan Kuota Antrean

blog.reservasi.com

Masalah lain yang selalu ditanyakan kepada admin adalah tentang kuota antrian. Jumlah kuota antrian sangat tergantung pada kebijakan kantor imigrasi.

Dalam satu hari satu, kantor imigrasi bisa melayani lebih dari 100 pemohon paspor setiap harinya. Untuk itu memang sangat diperlukan pengaturan khusus agar tidak terjadi penumpukan pada saat jadwal yang sudah ditetapkan.

Jika tidak bisa mendapatkan kuota antrian pada saat hari biasa, cobalah untuk memeriksa kuota antrian paspor online pada saat akhir pekan. Rajinlah memeriksa kuota antrian mulai hari Jumat pagi sampai dengan Minggu malam. Biasanya kuota antrian akan dibuka pada minggu pertama ataupun minggu kedua, namun itu pun sangat bergantung pada kebijakan kantor imigrasi masing-masing daerah.

Tidak ada Email Balasan setelah Mendapatkan Jadwal

Permasalahan lain yang kerap kali ditanyakan adalah tidak adanya email balasan setelah mendapatkan jadwal.

Jika memang tidak mendapatkan email untuk konfirmasi jadwal kedatangan untuk interview permohonan paspor, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu melalui aplikasinya. Apakah sudah mendapatkan kode QR Code atau belum?

Cara untuk melihat atau mendapatkan QR Code sebetulnya sangat mudah. Yang perlu kamu lakukan hanya tinggal mengetuk pada kolom jadwal atau menekan kolom jadwal beberapa saat hingga muncul QR Code. Kolom jadwal hanya akan muncul jika sudah dipastikan mendapatkan nomor kuota antrean dari aplikasi antrian paspor online.

Baca Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Aplikasi Paspor Online

Sementara Hanya Tersedia di Android

Sayangnya untuk saat ini aplikasi antrian paspor online baru hanya tersedia di playstore artinya hanya pemohon yang memiliki ponsel atau smartphone Android saja yang bisa mengunduh aplikasi antrian paspor online.

Namun jangan khawatir karena pihak yang Imigrasi saat ini memang tengah mengembangkan aplikasi antrian paspor online untuk sistem operasi iOS atau para pemilik smartphone Apple.

Sementara waktu jika memang kamu belum memiliki ponsel Android, kamu bisa meminjam atau menggunakan ponsel Android milik teman atau milik orang tua agar tetap bisa mengurus permohonan paspor dengan mudah.

Alternatif Lain Selain Menggunakan Aplikasi Antrian Paspor Online

pembuatan-paspor-baru-2018-melalui-whatsapp

Jika beberapa permasalahan tersebut masih terjadi dan sepertinya akan sulit untuk diperbaiki sendiri, maka alternatif lainnya kamu bisa melakukan pendaftaran untuk mendapatkan kuota antrian paspor online dengan menggunakan WhatsApp Gateway System yang saat ini sudah tersedia di beberapa Kantor Imigrasi terdekat di kota kamu.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

137 thoughts on “Solusi Permasalahan Aplikasi Antrean Paspor Online

  1. Assalamualaikum,, mau tanya nih,, biasanya sukses daftar paspor online kalo masih ada kuota. Tapi dari kemaren sampe hari ino, kuota nya masih ada, namun tidak bisa di klik jumlah pemohon dan data pemohonnya. Itu kenapa ya?

    Terimakasih
    Wassalam

  2. Ijin bertanya kak, saya kemarin itu udah dftar, di jadwalny udh keluar kode QR nya sm jam antriannya, cuma kok gk ad PdF nyaa y kak?
    Takutnya nnti gk diakui pendaftaran saya.
    Trimksih kk.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *