close

Anak – Anak Pasti Senang Kalau Diajak Ke Museum Yang Ada di Jakarta Ini

onrust-island
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mengenal lebih dekat lingkungan sekitar adalah salah satu hal penting untuk anak-anak terutama ketika mereka sedang berada di luar sekolah. Sayangnya, sekarang ini teknologi telah membuat anak-anak cenderung memilih gadget dibandingkan bermain di luar rumah. Iya, efek teknologi enggak selamanya bagus untuk perkembangan anak.

Selain itu minimnya ruang terbuka di Jakarta juga menjadi salah satu faktor yang mendorong anak-anak memilih mengunjungi mall dibanding museum. Padahal, anak-anak bisa belajar banyak hal di museum yang super seru sekaligus edukatif. Beruntung ada lebih dari 50 museum di Jakarta, yang di antaranya punya kegiatan dan koleksi menarik untuk dinikmati anak-anak.

Jadi untuk para orang tua, sesekali mengajak anaknya untuk berkunjung ke museum – museum yang ada di jakarta ini sangat disarankan!

Museum Tekstil

Sesuai dengan namanya, di Museum Tekstil semua pengunjung bisa melihat koleksi kain tenun yang berasal dari berbagai daerah. Selain itu, di Museum Tekstil ini memiliki halaman depan luas yang cocok untuk melakukan piknik keluarga. Kalau beruntung, pengunjung juga bisa belajar membatik pada kegiatan yang kadang dilakukan pihak museum.

Museum Tekstil terletak sangat dekat di pasar tekstil terbesar di Asia Tenggara, yaitu Pasar Tanah Abang. Tepatnya di Jalan Aipda. KS. Tubun no. 2-4, Tanah Abang, Jakarta Pusat. Museum Tekstil ini buka tiap Selasa – Minggu pukul 9 pagi hingga 3 sore. Sedangkan pada hari Senin dan hari libur nasional, museum tutup. Harga tiket masuk Museum Tekstil : Dewasa Rp 5.000, Mahasiswa Rp 3.000, Pelajar Rp 2.000

Museum Polri

Ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang. Karena itu agar anak – anak lebih mengenal sejarah kepolisian Indonesia dan profesi polisi, maka Museum Polri ini didirikan. Di Museum Polri ini terdapat berbagai koleksi peralatan dan catatan peristiwa penting dari kepolisian Indonesia. Bahkan terdapat Kids Corner tempat anak-anak belajar melakukan tugas layaknya polisi sesungguhnya lho! Keren kan?

Museum Polri ini berada di Jalan Trunojoyo no. 3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Siapapun bisa mengunjungi Museum Polri tiap hari Selasa hingga Minggu pukul 9 pagi hingga 4 sore. Sementara itu pada hari Senin dan hari libur nasional, museum tutup. Untuk harga tiket masuk Museum Polri adalah gratis.

Museum Layang – Layang

Sekarang ini, permainan layang – layang makin jarang ditemukan. Karena itu keberadaan museum Layang-layang bisa jadi tempat untuk bernostalgia permainan sewaktu kecil. Di Museum Layang – Layang ini terdapat lebih dari 500 koleksi layang-layang dari berbagai daerah di Indonesia bahkan ada yang dari luar negeri. Bersama si kecil pun disini juga bisa membuat layang-layang kreasi sendiri.

Lokasi Museum Layang-layang ini memang sedikit  tersembunyi, yaitu di Jalan H. Kamang no. 38, Pondok Labu, Jakarta Selatan. Museum Layang-layang bisa dikunjungi setiap hari kecuali hari libur nasional mulai pukul 9 pagi hingga 4 sore. Harga tiket masuk Museum Layang-layang Rp 10.000, anak-anak di bawah 3 tahun gratis.

Pulau Onrust yang Bersejarah

Pulau Onrust di zaman dahulu pernah difungsikan sebagai tempat karantina jamaah haji dan tempat berlabuh kapal dagang Belanda. Di Pulau Onrust ini, selain berbagai koleksi benda peninggalan Belanda, pengunjung bisa melihat meriam, reruntuhan bangunan dan bahkan makam kuno di luar bangunan utama. Di sekitar Pulau Onrust sendiri terdapat beberapa pulau kecil, yaitu Pulau Cipir dan Pulau Kelor. Kedua pulau juga memiliki bekas reruntuhan Belanda, seperti benteng dan galangan kapal.

Taman Arkeologi Onrust berada di Pulau Onrust yang merupakan bagian dari Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Pengunjung bisa mengunjungi Taman Arkeologi Onrust setiap Senin hingga Sabtu pukul 9 pagi hingga 4 sore. Hari libur mulai pukul 9 pagi hingga 5 sore. Untuk harga tiket masuk Pulau Onrust adalah IDR 5.000. Jangan lupa untuk mampir ke dua pulau lain yaitu Pulau Cipir dan Pulau Kelor jika kalian masih punya banyak waktu.

Museum Bahari

Disini ada berbagai replika perahu tradisional berukuran besar dan peralatan kapal laut sejak zaman penjajahan Belanda bisa dilihat di Museum Bahari. Bahkan replika kapal pinisi khas Indonesia juga bisa dilihat di dalam museum ini. Selain itu, tidak jauh dari Museum Bahari, anak-anak bisa diajak untuk melihat langsung kapal nelayan ukuran besar yang sendang bongkar muat di Pelabuhan Sunda Kelapa.

Museum Bahari ini terletak di Jalan Pasar Ikan no. 1 Sunda Kelapa, Jakarta Utara. Museum Bahari bisa dikunjungi pada hari Selasa hingga Minggu, pukul 09:00 – 15:00. Sedangkan pada hari Senin dan hari libur nasional, museum tutup. Untuk harga  tiket masuk Museum Bahari antara lain : Dewasa Rp 5.000, Mahasiswa Rp 3.000, Pelajar Rp 2.000.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : JakartaMuseum

Leave a Response