Ampiang Dadiah, Makanan Khas Minang yang Rasanya Jempolan - Reservasi Travel Blog

Ampiang Dadiah, Makanan Khas Minang yang Rasanya Jempolan

Travel Destinations1.1K
Ampiang Dadiah, Makanan Khas Minang yang Rasanya Jempolan Ampiang Dadiah (goodindonesianfood.com)

Travel Blog Reservasi – Coba sebutkan makanan asal Padang? Pastinya beberapa dari kamu langsung teringat rendang, dendeng balado, sate padang dan ikan balado.

Padahal makanan Padang yang enak masih banyak lho, salah satunya adalah Ampiang Dadiah.

Apa sih Ampiang Dadiah?

Ampiang Dadiah merupakan kudapan yang mengkombinasikan Ampiang (emping) yang terbuat dari beras ketan dengan dadiah, sejenis yoghurt tradisional Minangkabau.

Makanan khas Padang yang satu ini jika dilihat sekilas memang mirip bubur sumsum, namun soal rasa dan cara pembuatannya berbeda.

Dalam proses pembuatannya, dadiah yang berasal dari susu kerbau segar dimasukkan ke dalam bambu yang sudah dipotong-potong kecil dan ditutup dengan daun pisang.

A post shared by MINANGKABAU (@ota_lapau) on

Biasanya bambu tersebut berukuran 15-30 cm. Proses fermentasi dadiah sendiri biasanya akan mencapai hasil maksimal setelah didiamkan selama 2 malam di dalam tabung bambu.

Sajian dadiah, dewasa ini tak dapat dilepaskan dengan ampiang atau emping beras.

Jadi, kamu bisa menikmati campuran ampiang, dadiah, kuah gula merah cair, serutan kelapa, dan serutan es. Hmmm..ini nikmat banget lho.

Selain dimakan bersama emping beras, dadiah juga bisa disantap dengan sirih, samba lado, dan lauk untuk makan nasi. Di sisi lain, makan dadiah tanpa dicampur juga begitu lezat dan memikat.

Konon kabarnya, dadiah dipercaya berkhasiat untuk menurunkan kadar kolesterol, membantu cara kerja jantung,  menambah stamina dan daya tahan tubuh, serta berkhasiat untuk menambah vitalitas dan gairah seksual kaum pria.

Lokasi untuk menikmati Ampiang Dadiah

Kedai soto legendaris di Pasa Ateh, Lestari H. Minah

  • Harga 1 porsi Ampiang Dadiah : Rp15.000, satu porsi tersebut berisi setengah dadiah dadiah yang ada di buluah (potongan bambu dengan panjang sekitar 15 sentimeter) dadiah.

A post shared by SUMBAR (@infosumbar) on

Rumah Makan Gumarang

  • Lokasi : Jl. Enggano Raya – Tanjung Priok, Tanjung Priok, kota Jakarra Utara, DKI Jakarta 14310
  • Harga : Rp20.000/porsi

Jika kamu tahu rekomendasi lokasi untuk menikmati Ampiang Dadiah di tempat lainnya, langsung tambahkan pada kolom komentar di bawah ya!

Untuk kamu yang ingin berburu kuliner nusantara? Dapatkan langsung tiket pesawat dan hotel di Reservasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Gardena Puteri Ayudila

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *