Yakin Bisa Melewatkan Keindahan dari Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo Ini?

Yakin, Bisa Melewatkan Keindahan Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo Ini?

Travel Destinations154
Yakin, Bisa Melewatkan Keindahan Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo Ini? Kolam Jernih di Cunca Walung (Instagram @yoshuahendrik)

Travel Blog Reservasi – Merupakan salah satu surga tersembunyi yang berada di Indonesia. Yap, Labuan Bajo. Setelah Raja Ampat, pulau yang satu ini juga tak kalah saing dan selalu ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal maupun mancanegara. Ditambah lagi dengan munculnya Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo yang sangat memukau.

Hampir semua pemandangan di Flores ini memiliki keindahan yang luar biasa. Lihat saja, air terjun yang memiliki air jernih ini berwarna toska yang indahnya tak tergantikan. Alam Nusa Tenggara Timur ini memang memiliki panorama alam dan lanskap yang luar biasa sekali keindahannya. Mulai dari padang rumput Savana Ollon yang mirip sekali dengan daratan Afrika, dan kini kamu bisa melihat keindahan dari Air Terjun Cunca Wulang.

Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo
Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo (Instagram @captain_potter)

Berada di antara Labuan Bajo dan Ruteng, tepatnya terletak di Desa Wesawe, Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, tempat ini benar-benar memiliki keindahan yang ciamik banget.

Buat kamu yang sudah memiliki tiket pesawat terbang ke Labuan Bajo, segera catat tempat wisata yang satu ini ya. Karena di tempat ini kamu bisa menikmati liburan di alam terbuka yang tak akan pernah kamu lupakan seumur hidup kamu nantinya.

Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo
Air Terjun Cunca Wulang (Instagram @vivin_woge)

Ada banyak sekali cara yang bisa kamu tempuh untuk bisa sampai di Air Terjun indah ini. Tapi, sebelum berangkat kamu juga harus tahu, kalau jalanan yang akan di tempuh nanti cukup menantang dan harus selalu berhati-hati ya. Walaupun demikian, jika sudah sampai ke Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo, semuanya akan terbayar dengan pesona alam dan indahnya air terjun di tempat ini. So, nggak perlu khawatir.

Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo
Kolam Jernih di Cunca Walung (Instagram @yoshuahendrik)

Tidak sembarangan orang bisa sampai ke tempat wisata yang satu ini. Kamu harus menggunakan jasa pemandu lokal yang berada di daerah sekitar, dan kamu akan menempuh jarak tempuh kurang lebih 6km dengan trekking yang lumayan sulit, karena jika tidak kamu akan nyasar dan malah membuat diri kamu dan teman-teman lain yang ikutan kebingungan.

Walaupun zaman sudah semakin canggih, dan kamu bisa menggunakan gadget kamu untuk melihat peta dan memasang GPS, tentunya kamu tetap membutuhkan pemandu dari warga sekitar ya. Kurang lebih 45 menit, kamu akan menempuh perjalanan untuk bisa sampai di area air terjun yang memukau ini.

Apa yang Unik Dari Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo Ini?

Hal unik dari air terjun ini adalah, terdapat ngarai, lembang sungai yang terapit oleh dua tebing raksasa yang menjadikan liburan kamu semakin sempurna. Biasanya banyak wisatawan yang mengabadikan momen untuk berfoto dan selfie di antara kedua bukit ini. Selain itu, air sungai yang terpancar langsung dari puncak tebing ini memiliki warna kehijauan sedikit toska yang sangat jernih dan sejuk sekali.

Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo
Air Terjun Cunca Wulang (Instagram @sonyforher)

Buat kamu yang ingin menyelam dan berenang di Air Terjun Cunca Wulang nanti, tentunya harus sangat berhati-hati. Karena, di tempat ini belum ada pengawasan ekstra untuk para wisatawan yang ingin menyelam di sini.

Air Terjun Cunca Wulang ini sendiri merupakan salah satu spot terbaik di Labuan Bajo yang sudah diakui dunia. Banyaknya para wisatawan mancanegara yang berdatangan ke tempat ini, ketimbang para pelancong dari Indonesia.

Apa Saja yang Harus diperhatikan Jika Berkunjung ke Air Terjun Cunca Wulang Labuan Bajo?

  • Buat kamu yang sudah berniat untuk datang ke Air Terjun Cunca Wulang nanti, tentunya kamu harus memperhatikan cuaca terlebih dahulu.
  • Jangan lupa juga untuk mempersiapkan stamina yang oke dan pastikan kondisi tubuh kamu dalam keadaan sehat dan tidak sedang sakit ya.
  • Bawa peralatan atau perlengkapan secukupnya!
  • Kenakan baju yang membuat kamu nyaman dan jangan berlebihan. Walaupun ini wisata air, kamu tetap harus mengenakan pakaian yang sopan dan tidak terlalu terbuka ya, karena ini masih tempat umum lho.
  • Untuk alas kaki? Hmm, pastinya kamu sudah terbayang dong harus mengenakan apa jika ingin berkunjung ke Air Terjun Cunca Wulang nanti. Jangan pernah menggunakan sepatu yang merepotkan kamu, karena kamu masih harus melakukan trekking untuk bisa sampai ke air terjun ini.
  • Bawa makanan dan minuman sendiri untuk perbekalan kamu. Gak menjamin, di lokasi sekitar kamu akan dengan mudah menemukan makanan maupun minuman, selain itu kamu juga bisa menghemat.

Dilarang merusak, membuang sampah sembarangan dan mengotori lokasi sekitar ya.Selamat berlibur!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *