close

Sejernih Kolam Renang, Pesona Air Terjun Air Mata Jitu di Sumbawa Ini Sudah Mendunia Lho

shutterstock_676771612-min
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Selain Bali dan Yogyakarta, kamu tentu tahu kalau masih ada banyak lagi daerah di Indonesia yang jadi destinasi favorit para traveler dunia. Seperti Sumbawa misalnya.

Sumbawa terdapat lokasi traveling unggulan bernama Air Terjun Air Mata Jitu yang popularitasnya sudah sampai kancah Internasional. Bahkan, tokoh berpengaruh di dunia seperti Lady Diana atau pasangan artis Korea, Rain dan Kim Tae Hee pun menjadikan tempat ini sebagai salah satu destinasi liburan mereka.

Baca : Bukan Bali, Ternyata Rain dan Kim Tae Hee Lebih Memilih ke Sumbawa

Sekilas Tentang Air Terjun Air Mata Jitu

Tentu ada hal istimewa yang membuat tempat ini dikenal oleh traveler lokal dan mancanegara. Alasannya tak lain dan tak bukan karena indah dan fantastisnya panorama di Air Terjun Air Mata Jitu. Tempat wisata yang kini jadi bagian cagar alam Indonesia ini konon telah ada sejak jutaan tahun lalu.

Saat kamu sampai di sana, kamu akan disuguhi pemandangan yang meneduhkan hati serta pikiran. Ada empat buah undakan dengan yang dialiri air deras. Batuan stalaktit dan stalakmit di permukaan dinding undakan tersebut pun membuatnya terlihat semakin apik.


Tempat yang disebut “Queen Waterfall” karena pernah didatangi oleh Lady Diana ini juga punya tujuh telaga sejernih kolam renang. Melihat airnya yang bening, kamu pasti tak bisa menahan diri untuk berenang di sana. Selain berenang, banyak juga traveler yang menghabiskan waktu di sana untuk bermain air atau menguji adrenalin dengan terjun dari atas undakan paling tinggi atau

Air terjun dan kolam alami yang dikelilingi dengan pepohonan rindang membuat udara yang ada di sana terasa sangat sejuk dan segar. Kamu pasti betah berilekasi lama-lama di sana deh!

Lokasi dan Cara Menuju Air Mata Jitu

A post shared by Bello.id (@bello_id) on


Air Mata Jitu yang memiliki arti sebagai aliran mata air yang jatuh tepat mengani kolam di bawahnya. Lokasi destinasi cantik ini berada di Pulau Moyo atau lebih tepatnya di  Dusun Oiramu, Desa Labuan Aji, Kecamatan Labuan Badas, Kabupaten Sumbawa, Nusa Tenggara Barat

Lokasinya memang cukup tersembunyi karena berada di tengah-tengah hutan. Meski begitu, akses yang kamu tempuh untuk bisa sampai Air Mata Jitu cukup mudah kok. Sebab, ada transportasi yang dapat membantu para traveler agar bisa sampai lokasi dengan cepat dan selamat.

Kalau kamu memulai perjalanan dari Sumbawa Besar, kamu bisa gunakan kendaraan seperti mobil atau motor menuju Ai Bari. Jarak dan waktu yang dibutuhkan dari Sumbawa Besar ke Ai Bari adalah 21 km dan dua jam perjalanan. Setelah sampai Ai Bari, kamu harus menyewa perahu nelayan untuk melanjutkan perjalanan ke Pulau Moyo.

Waktu yang dibutuhkan dari Ai Bari ke Pulau Moyo memang cukup lama, yaitu dua jam. Tapi, hal ini nggak akan terasa karena selama perjalanan kamu akan disuguhkan pemandangan pulau yang mempesona. Sesampainya di Pulau Moyo, kamu harus berjalan kaki selama kurang lebih 30 menit untuk bisa menemukan air terjun ini.

Tips Sebelum Berlibur ke Queen Waterfall


Supaya momen liburan jadi lebih menyenangkan, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan sebelum kamu datang ke Air Mata Jitu alias Queen Waterfall.

  • Gunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman.
  • Bawa perbekalan seperti camilan, makanan, dan minuman karena tak ada warung di sana.
  • Siapkan stamina yang cukup
  • Bawa kamera anti air untuk berfoto-foto
  • Bawa trash bag atau kantong plastik untuk mengumpulkan sampah makanan atau minumanmu. Nggak mau kan tempat secantik ini jadi tercemar?
  • Pilih penginapan terdekat di Pulau Moyo. Booking hotel lewat Reservasi.com untuk dapatkan promo menarik dan diskon hingga jutaan rupiah.

Baca : Air Terjun, Sumbawa, dan Nusa Tenggara Barat


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Air TerjunSumbawa

Leave a Response