9 Oleh-Oleh Makanan Khas Jakarta yang Kurang Dikenal Milenial - Reservasi Travel Blog

9 Oleh-Oleh Makanan Khas Jakarta yang Kurang Dikenal Milenial

Travel Destinations236
9 Oleh-Oleh Makanan Khas Jakarta yang Kurang Dikenal Milenial shutterstock

Travel Blog Reservasi – Tak ada yang membahagiakan selain membawa oleh-oleh makanan khas Jakarta untuk keluarga di kampung halaman. Memang bukan sebuah kewajiban, tapi oleh-oleh merupakan bentuk buah tangan yang selalu dinantikan dan diterima dengan suka riang.

Berikut ide oleh-oleh makanan khas Jakarta yang bisa dijadikan buah tangan saat mudik lebaran, seperti dihimpun oleh Reservasi (24/6/2017).

Baca 7 Tempat Wisata Libur Lebaran di Jakarta. Sudah Pernah Coba Kunjungi?

1. Tape Uli

Panganan dengan dasar beras ketan ini memang agak kurang disukai genrasi milenial. Namun, jangan salah jika di kampung halaman masih banyak generasi X yang doyan dengan panganan khas ini. Apalagi jika disandingkan dengan tape yang legit-legit namun lembut.

2. Biji Ketapang

Sebelum ramai biskuit yang tempatnya bisa dijadikan tempat rengginang ini lagi-lagi terancam punah karena kurang diminati oleh generasi milenial. Padahal biji ketapang tidak seperti yang dibayangkan berasal dari biji buah-buahan. Bahannya berasal dari tepung yang dicampur dengan parutan kelapa. Kemudian dibentuk seperti biji yang sedikit lonjong. Rasanya jangan salah, biji ketapang termasuk dagangan paling laris jelang lebaran. Lebih nikmat jika dihidangkan dengan teh hangat atau kopi panas.

Promo Tiket Balik

3. Asinan Betawi

Asinan Betawi memang sedikit berbeda dengan asinan Bogor. Isian Asinan Betawi lebih dominan dengan sayuran seperti selada, tauge, kubis, sawi juga serutan wortel. Kemudian disiram dengan kuah bumbu kacang yang pedas. Lebih nikmat disajikan dengan kerupuk jala kuning yang perlu gigitan kuat di beberapa titik.

Baca Penampakan Jam Sibuk di Kota-kota Besar Seluruh Dunia, Lebih Parah dari Jakarta?

4. Kembang Goyang

Sebuah kiriman dibagikan oleh Rosdiana (@rosedhyana) pada

Salah satu camilan khas Jakarta ini memang memiliki bentuk yang unik. Apalagi warnanya menambah anak-anak semakin penasaran dengan rasanya. Rasanya manis dan kriuk di mulut. Asal usul nama Kembang Goyang karena bentuknya seperti kembang, kemudian cara melepaskannya dari cetakan perlu digoyang-goyang. Begitulah alasannya mengapa dinamakan dengan nama kembang goyang.

5. Bir Pletok

Sebuah kiriman dibagikan oleh Memez (@rumahmemez) pada

Jangan salah paham, minuman ini bukan minuman yang mengandung kadar alkohol tinggi. Bir pletok berbahan dasar rempah seperti jahe, serai, secang dan aroma daun pandan yang khas. Minuman ini menjadi minuman favorit bagi warga Betawi untuk melawan rasa dingin. Sejenis minuman tradisional asal Sunda, bandrek dan bajigur.

Klik halaman selanjutnya…

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *