close

7 Tips Sahur saat Traveling ke Jogja

tips-sahur-saat-traveling-di-Jogja
shutterstock

Travel Blog ReservasiRamadan adalah bulan dimana umat Islam berpuasa seharian penuh dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Meskipun berpuasa, beberapa orang masih tetap memilih untuk traveling ke Jogja untuk melepas penat sehabis wisuda ataupun memilih suasana berbeda.

Agar tetap bisa berpuasa selama liburan di Jogja ada baiknya mempersiapkan makan sahur dengan baik supaya tidak kelaparan dan kehausan saat traveling di Jogja selama puasa. Berikut tips sahur saat traveling ke Jogja seperti dihimpun oleh Reservasi.com, Rabu (24/5/2017).

1. Perhatikan menu sahur sehat saat traveling. Agar tidak kelaparan dan merasa lemas saat jalan-jalan di Jogja pilihlah menu sahur yang sehat. Menu sahur sehat mengandung karbohidrat untuk energi, protein, lemak, sayur dan juga tambahan buah untuk serat.

menu sehat saat sahur
shutterstock

Asupan karbohidrat tidak melulu harus dari nasi putih. Kamu bisa menggantinya dengan nasi merah, nasih hitam atau juga dari umbi-umbian seperti kentang. Mengapa karbohidrat ini penting? Inilah sumber energi kamu saat bulan puasa. Proses penyerapannya secara perlahan sehingga membuat kamu tidak cepat lemas dan lelah meskipun dalam kondisi traveling.

2. Cari informasi waktu imsak di Jogja. Imsak adalah peringatan sebelum memasuki adzan subuh. Bukan berarti kamu sudah tidak boleh makan atau minum. Namun sebaiknya saat imsak tiba, kamus sudah tidak makan lagi. Cukup dengan minum air putih hingga dua gelas.

Jeda waktu dari imsak hingga adzan subuh biasanya berkisar antara 10 menit saja. Jadi, meskipun kamu terlambat bangun saat imsak, kamu masih bisa sahur sebelum adzan subuh berkumandang.

3. Ketahui lokasi tempat makan 24 jam di Jogja. Paling enak saat sahur digunakan untuk wisata kuliner sekaligus. Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui. Sekalian sahur, kamu juga bisa icip-icip kuliner khas Jogja.

Tempat Wisata di Jogja
Image: natasha-antonella.blogspot.com

Ada banyak warung dan angkringan yang buka hingga bedug subuh tiba. Pastikan tempat kuliner yang kamu pilih bukan kuliner yang hanya menyajikan makanan pedas. Saat sahur hindari makanan pedas dulu ya agar tidak mendapatkan gangguan pencernaan saat berpuasa. Terlebih jika kamu masih punya agenda untuk traveling pada siang harinya.

4. Cari masjid terdekat. Beberapa masjid khusus biasanya menyediakan makan sahur terutama 10 hari menjelang Hari Raya. Waktu tersebut digunakan umat Islam untuk beri’tikaf, dzikir semalam suntuk di masjid. Nah, saat sahur tiba biasanya masjid memberikan menu sahur gratis untuk orang-orang yang i’tikaf.

Sudah jadi tradisi buat mahasiswa cari makan gratisan saat bulan Ramadan. Paling asyik memang mencari hidangan puasa gratis saat berbuka. Buat yang sedang backpacker, tidak ada salahnya mampir sesekali sambil menikmati suasana khusuk sahur di masjid bersama warga lokal. Tapi, jangan dibiasakan selalu mencari gratisan ya.

5. Cari penginapan murah di Jogja. Banyak penginapan murah di Jogjakarta dekat dengan Jalan Malioboro Yogyakarta. Kamu bisa mencari hotel murah terbaik di Yogyakarta melalui Reservasi.com dengan harga dibawah Rp 200 ribuan.

hotel murah di Jogja
Reservasi.com

Posisi Malioboro merupakan tempat yang strategis karena jalan protokol ini hampir tak pernah tidur dan selalu ramai dengan wisatawan dan pedagang selama 24 jam.

6. Tidur lebih cepat bangun lebih cepat. Saat berpuasa jangan memforsir tubuh hingga lelah. Terlebih pada hari pertama traveling di Jogja saat berpuasa. Kenali sinyal tubuh saat sudah merasa lelah. Tips sahur saat traveling yang paling penting adalah istirahat yang cukup.

Berhenti sejenak saat terik sudah berada di ujung kepala. Kamu bisa siasati dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah atau museum-museum yang menarik. Meski traveling, jangan lupakan ibadah. Manfaatkan sebaik-baiknya memperbanyak ibadah saat Ramadan. Sempatkan salat tarawih sekaligus traveling keliling masjid-masjid bersejarah di Kota Jogja.

7. Kurangi Kopi dan Teh. Perbanyak air putih saat sahur. Lupakan ngopi dan ngeteh saat sahur karena justru bakal bikin kamu cepat dehidrasi. Kamu bisa ngopi atau ngeteh setelah berbuka. Namun juga tidak disarankan berbuka dengan teh atau kopi. Air putih tetap yang terbaik untuk cairan tubuh kamu.

Kurangi minuman bersoda dan mengandung gula saat traveling sambil puasa. Usahakan konsumsi air putih tiga gelas setelah buka dan tiga gelas pada saat sahur. Minumnya tidak sekaligus ya, bisa diselang seling dengan camilan atau sambil melakukan kegiatan lainnya.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : PuasaRamadantraveling

Leave a Response