close

7 Tips Hindari Modus Kejahatan Saat Mudik Lebaran

moduk-kejahatan-saat-mudik-lebaran
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Modus kejahatan saat mudik lebaran makin meningkat saja belakangan ini. Bahkan korban sampai kehilangan nyawa. Masih lekat dibenak kita beberapa modus kejahatan saat mudik lebaran terjadi karena memang kurang waspada.

Agar bisa pulang mudik dengan selamat. Pahami dulu tips hindari modus kejahatan saat mudik lebaran seperti dihimpun oleh Reservasi dari berbagai sumber (16/6/2017).

1. Jangan terlihat seperti orang linglung

Seperti bermain psikologi, jangan terlihat kebingungan atau linglung. Pasalnya kamu bakal jadi target empuk penjahat yang siap mengincar korbannya dengan sorot mata yang tajam.

Baca 11 Tips Mudik dengan Kapal Laut agar Tidak Mabuk dan Nyaman Selama Perjalanan

2. Jangan berangkat sendirian

Mudik sendirian biasanya dilakoni para jomblo dan mahasiswa yang pulang liburan dari kampus. Nah, agar tidak terlihat sendirian mending pulang bareng dengan teman kampus yang satu arah atau satu daerah.

Kadang-kadang jika sudah kebiasaan pulang bareng bisa juga lho carter satu gerbong kereta atau bus untuk mudik bersama. Siapa tahu ada waktu buat mudik pakai pesawat berdua..

3. Pastikan ada keluarga yang menjemput

Kalau belum terlalu familiar dengan lokasi penjemputan, lebih baik minta saudara atau sanak famili untuk menjemput di lokasi. Agar tidak ada orang yang mencoba melakukan tindak kejahatan.

4. Hindari menggunakan perhiasan berlebihan

Jangan pernah memberikan kesempatan sedikitpun pada orang lain untuk berbuat jahat. Setiap ada kesempatan sedikitpun kadang bisa memicu tindak kejahatan. Jadi, sebaiknya kurangi perhiasan yang mencolok. Lagipula tampil secara natural dengan aksesoris minimalis pun tetap kece kok!

5. Gunakan smartphone seperlunya saja

Buat para gajet mania, saatnya waspada dengan orang-orang yang memperhatikan kamu saat bersosial media. Lebih baik hindari gunakan smartphone terlalu sering di tempat umum yang belum kamu kenali. Smartphone termasuk barang elektronik yang mudah dijual sehingga menjadi salah satu target kejahatan yang paling mudah.

Baca 7 Tips Rumah Aman saat Ditinggal Lama Mudik Lebaran

6. Jangan pernah menerima minuman dari orang lain

Modus kejahatan pembiusan dengan cara memberi minum gratis ternyata masih terjadi di Jakarta. Jangan pernah lengah dan jangan mudah simpati pada orang yang memberi minuman gratis. Alih-alih bisa pulang mudik, kamu malah bisa berakhir di kasur Rumah Sakit.

Dalam kondisi tertentu malah terkadang korban pembiusan bisa meninggal dunia karena tidak tertolong dengan cepat dan kadar bius yang melewati ambang batas sehingga mengancam jiwa.

7. Waspada dengan permintaan bantuan tanpa ditemani orang lain

Baiknya tidak mudah percaya jika ada orang yang butuh pertolongan. Menolong orang lain memang kewajiban namun kini juga dijadikan modus tindak kejahatan. So, sebelum memberi pertolongan lebih baik waspada dan perhatikan sekeliling. Sebagai upaya preventif ajak orang lain atau teman untuk memberikan pertolongan.

Mudik lebaran memang tetap harus waspada apalagi jika menggunakan moda transportasi umum. Jangan lupa berdoa dan meminta restu dari orang tua agar selamat hingga tiba di tujuan.


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : LebaranMudik
Dzulfikar Alala

The author Dzulfikar Alala

Leave a Response