close

7 Pantai yang Pernah Jadi Lokasi Upacara 17 Agustusan dalam Air

Presiden-Jokowi-Kukuhkan-Anggota-Paskibraka-2016-3
ksp.go.id

Travel Blog ReservasiHari Kemerdakaan Indonesia yang ke 72 yang diselenggarakan tiap tanggal 17 Agustus sebentar lagi tiba. Untuk menyambut hal ini, biasanya masyarakat di seluruh negeri akan melaksanakan berbagai kegiatan seperti upacara bendera, perlombaan, atau festival Nusantara.

Bicara tentang upacara bendera 17 Agustusan, tahukah kamu kalau tempat untuk pelaksaan kegiatan ini sekarang nggak cuma di Istana Merdeka, sekolah, atau gedung perkantoran. Ada juga sekelompok orang yang melaksankannya di tempat antimainstream seperti dasar laut. Untuk kamu yang suka dengan kegiatan diving, sepertinya bisa mengikuti kegiatan tersebut.

Baca 5 Promo Tempat Wisata di Bulan Agustus Khusus untuk Mas Agus

Beberapa pantai di Indonesia ini pernah jadi lokasi upacara 17 Agustusan dalam air lho. Penasaran di mana saja? Berikut ini ulasannya.

1. Pantai Malalayang, Manado

Pantai pertama yang pernah jadi lokasi upacara 17 Agustusan dalam air adalah Pantai Malalayang. Kegiatan ini sudah dilaksanakan di sana sejak tahun 2002 lalu lho. Sama seperti upacara di daratan, ada puluhan penyelam yang bertugas sebagai pasukan pengibar bendera. Mereka bahkan membentuk formasi ketika proses pengibaran Sang Merah Putih dimulai. Prosesi berlangsung sangat hikmat sampai bendera naik ke atas permukaan laut.

2. Pantai Gapang, Aceh

sumber : forum.liputan6.com

Pantai Gapang yang berada di Kota Sabang, Pulau Weh, Nangroe Aceh Darussalam terkenal kondisi alam yang masih terjaga keaslian dan kebersihannya. Tak hanya dijadikan destinasi untuk berlibur. Tempat ini pun pernah digunakan sebagai lokasi upara 17 Agustusan dalam air. Sebanyak kurang lebih 150 penyelam profesional dan traveler melaksanakan kegiatan peringatan HUT RI ke 70 di sana.

Baca 17 Kuliner Khas 17 Agustusan Hidangan Syukuran Kemerdekaan RI

3. Pantai Tapal Kuda, Teluk Ambon, Maluku

Kegiatan upacara di Pantai Tapal Kuda, Teluk Ambon, Maluku dilaksanakan pertama kali pada tahun 2015 lalu. Acara ini dihadiri oleh Gubernur Maluku, marinir, TNI AD, TNI AU, aparat kepolisian, dan warga setempat. Upacara dimulai dengan pengibaran bendera merah putih di kedalaman 12 meter. Arus laut yang cukup kencang sempat menghalangi prosesi upacara.Walau begitu, kegiatan ini tetap berlangsung dengan aman.

Alasan mengapa diadakan upacara di pantai tersebut adalah agar warga Maluku bisa ikut serta melindungi lautan dari kerusakan dengan tidak membuang sampah sembarangan, menjaga terumbu karang, dan tak menggunakan bom ikan saat menangkap ikan.

4. Pantai Tulamben, Bali

Pada Agustus tahun lalu, Organisasi Pemandu Selam Tulamben mendampingi komunitas difabel, Mother Love Nature Diving Club, melakukan Upacara menyambut detik-detik Proklamasi di dasar Pantai Tulamben, Karangasem Bali. Tak sekadar memeriahkan acara HUT RI, kegiatan ini pun bisa membuktikan walau kelompok tersebut memiliki keterbatasan fisik, mereka tetap bisa melakukan yang terbaik untuk bangsa Indonesia.

5. Pantai Tanjung Lesung, Banten

sumber : shutterstock.com

Meski dilakukan di dasar laut, pelaksanaan upacara bendera memperingati Kemerdekaan Republik Indonesia di bawah laut tetap berlangsung khidmat. Sama seperti yang ada di daratan, kegiatan ini juga melibatkan beberapa penyelam untuk jadi petugas upacara seperti pemimpin dan pengibar bendera.

Para peserta yang mengikuti acara ini mengaku senang. Sensasi berbeda dan unik yang dirasakan membuat mereka ingin melakukannya lagi di upacara 17 Agustusan berikutnya.

6. Pantai Baron, Yogyakarta

Pantai yang dijadikan lokasi upacara 17 Agustusan dalam air selanjutnya adalah Pantai Baron di Yogyakarta. Pengibaran bendera Merah Putih berlangsung dengan jarak 200 meter dari pantai. Koordinator upacara mengaku tujuan mengadakan kegiatan di dalam laut ini adalah untuk menunjukan betapa kayanya pesona alam Indonesia.

Peserta upacara tersebut terdiri dari berbagai kalangan seperti tim SAR, nelayan, kelompok atau komunitas sadar wisata, relawan hingga masyarakat umum.

Baca 10 Pantai Tersembunyi di Yogyakarta untuk Kamu yang Hobi Main Air

7. Laut Kampung Saunek Raja Ampat, Papua Barat.

Lokasi Upacara 17 Agustusan Dalam Air
sumber : liputan6.com

Upacara bawah laut dalam rangka memperingati HUT RI juga pernah dilaksanakan di Raja Ampat, Papua Barat. Kamu tentu tahu kalau destinasi satu ini merupakan kebanggaan pariwisata Indonesia. Kecantikan alam yang ada di sana sudah dikenal oleh dunia.

Yang membuat kegiatan ini meriah sebab upacara pengibaran bendera di bawah laut ini dipimpin Tri Tito Karnavian dan anggota Bhayangkari dari seluruh Indonesia.

Seru sekali kan. Menurut perkiraan kamu, upacara bendera dalam laut untuk memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini akan dilaksanakan di mana ya?

Baca artikel menarik lainnya tentang 17 Agustusan dari Reservasi.com

Tags : 17 AgustusPantai

Leave a Response