7 Kuliner Bandung yang Wajib Dibawa Pulang - Reservasi Travel Blog

7 Kuliner Bandung yang Wajib Dibawa Pulang

Travel Destinations326
7 Kuliner Bandung yang Wajib Dibawa Pulang instagram.com/seblak_jeletet_murni

Travel Blog Reservasi – Kuliner Bandung emang gak ada matinya. Saban Minggu, Bandung selalu macet sama turis-turis lokal terutama dari Jakarta yang datang cuma buat pelesiran dan cari makanan enak di sekitar Bandung.

Apalagi suasana Bandung yang sejuk, nyaman dan bikin bahagia sangat mendukung sekali untuk berwisata sambil icip-icip kuliner Bandung. Ada banyak kuliner Bandung yang bisa diicip di tempat atau bahkan juga bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh.

1. Batagor Riri Bandung

Batagor adalah singkatan dari Baso Tahu Goreng. Biasanya batagor dapat dinikmati hangat-hangat dengan sambal kacang. Salah satu kuliner Bandung yang cukup hits adalah batagor Riri Bandung yang beralamat di Jalan Burangrang No 41, Lengkong Bandung.

Selain dikenal dengan batagornya, kamu juga bisa mencoba siomaynya. Kawasan Burangrang memang menjadi pusat kuliner Bandung terlengkap. Kamu bisa menikmati kuliner lain seperti Mi Ayam Pedas dengan lokasi yang representatif.

Kisaran harga Rp 10 ribu per-item.

2.  Cireng Cipaganti

Cireng adalah singkatan dari Aci Digoreng. Kulier Bandung dengan bahan tepung tapioka ini adalah jajanan legendaris semasa Sekolah Dasar.


Cireng Cipaganti awalnya berjualan dengan menggunakan gerobak. Cireng Cipaganti memiliki berbagai rasa mulai dari Cireng isi sambal kacang, Cireng isi keju, Cireng isi Abon, Cireng isi sosis, hingga Cireng isi kornet.

Selain kuliner Bandung khas seperti Cireng, kamu juga bisa bernostalgia dengan kuliner khas lain seperti cilok, dan kerupuk seblak.

Nah, istimewanya lagi, kamu bisa membelinya dalam bentuk matang atau dalam bentuk mentah sehingga bisa digoreng saat tiba di rumah. Cocok juga dijadikan oleh oleh untuk traveling ke luar negeri.

Kisaran harga Rp 18 ribu – Rp 12 ribu per-porsi tergantung pilihan rasa.

3. Bolbi, Bola Ubi Bandung

Bolbi adalah singkatan dari Bola Ubi. Bolbi yang terkenal berada di Jalan Pasir Kaliki di Paskal Food Market. Bola Ubi Bandung memang belum sepopuler Batagor atau Siomay Bandung, tapi jangan meremehkan rasanya karena Kuliner Bandung yang satu ini termasuk salah satu kuliner yang harus antre untuk mendapatkannya.


Bola Ubi Bandung bentuknya bulat seperti bola-bola pingpong dan ada juga yang lebih besar seperti bola tenis.

Bola Ubi Bandung biasanya disajikan hangat-hangat sebagai teman minum teh atau minum kopi pada saat sore hari. Bola Ubi Bandung digoreng hingga berwarna kuning keemasan. Rasanya manis dan legit.

Kisaran harga Rp 6 ribu – Rp 10 ribu per-porsi.

4. Seblak Jeletet Murni

Seblak sebetulnya kuliner Bandung yang hits belakangan ini. Rasanya pedas dengan berbagai level. Tak heran jika kuliner yang satu ini menjadi salah satu kuliner favorit kaum hawa.


Nah, salah satu Seblak yang cukup sukses hingga merambah ke daerah Pademangan, Jakarta adalah Seblak Jeletet Murni yang kepedasannya sudah terkenal tak tertandingi.

Untuk mencicipi Seblak Jeletet Murni ini bukan hanya harus menyiapkan mental tapi juga kekuatan pencernaan. Jika punya gangguan dengan pencernaan, sebaiknya jangan nekat untuk mencicipinya barang seporsi pun.

Isian Seblak Jeletet Murni ini sangat bervariasi mulai dari kerupuk, mi, makaroni, kwetiau, bakso, tulang, kikil hingga yang paling mengoda adalah ceker ayam dan sayap ayam.

Kisaran harga Rp 7 ribu – Rp 36 ribu. 

5. Cilor

Cilor adalah singkatan dari Aci Telor. Benar, kuliner ini dasarnya tidak berbeda dengan cilok dan cireng yang menggunakan tepung tapioka.


Bedanya, cilor dipadukan kembali dengan telur dadar yang membentuk seperti jaring laba-laba yang melapisi bola-bola ciloknya.

Paling nikmat jika digoreng kering dan disantap saat masih panas. Kamu bisa memesan dalam bentuk goreng basah atau goreng kering tergantung selera.

Untuk mendapatkan Cilor enak di Kota Bandung tidak terlalu sulit. Kamu bisa datang ke pasar tumpah Gasibu Bandung tiap hari Minggu pagi. Ada beberapa stand pedagang yang menjajakan Cilor dengan sambal aneka rasa.

Kisaran harga mulai dari Rp 1.000 – Rp 2.000 pertusuk.

6. Tahu Susu Lembang

Tahu Susu Lembang adalah tahu yang mencampur adonannya dengan menggunakan susu sapi murni. Daerah Lembang memang dikenal sebagai salah satu sentra penghasil susu murni di daerah Bandung utara.


Tahu Susu Lembang merupakan salah satu diversifikasi produk selain yoghurt dan produk susu murni itu sendiri.

Tahu susu Lembang berbeda dengan tahu biasa. Tahu susu Lembang lebih lembut namun rasanya pun lebih gurih dari tahu biasanya.

Kamu bisa membeli tahu susu Lembang yang sudah digoreng atau tahu susu Lembang yang masih mentah.

Kisaran harga Rp 15.000 perbungkus.

7. Bolen Keju Kartika Sari

Inilah salah satu kuliner paling legendaris di Bandung yang masih bertahan hingga saat ini disukai oleh wisatawan dari berbagai daerah. Harga bolen Kartika Sari hampir setiap tahun naik. Saat ini harganya berada di kisaran Rp47.500,-

Sebuah kiriman dibagikan oleh Nik Nok (@nok3412) pada


Sebetulnya masih banyak kuliner Bandung yang bisa dijadikan oleh-oleh seperti Brownies Amanda, Picnic Roll Primarasa, atau Bandung Makuta yang belakangan hits karena merupakan dagangannya para Artis Ibukota.

Meskipun cukup banyak kuliner Bandung terbaru, bolen keju Kartika Sari masih bisa diandalkan sebagai kuliner Bandung terbaik yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau sanak famili di rumah.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

    dzulfikar

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *

    Lihat Juga Artikel Lainnya