close

Sebelum Diving, Pahami Dulu 7 Isyarat Tangan Ini

isyarat tangan diving

Travel Blog Reservasi – Belakangan ini, diving menjadi kegiatan yang digemari oleh para traveler. Perkembangan wisata pantai dan juga wisata bawah laut yang pesat juga turut memengaruhi peminat olahraga air tersebut.

Terlebih lagi setelah Indonesia dinobatkan sebagai negara dengan lokasi diving terbaik di dunia.

Untuk melakukan diving harus memiliki lisensi atau sertifikat diving terlebih dahulu. Ada banyak kok lembaga dan institusi yang menyediakan sertifikasi tersebut.

Selain bisa berenang, diperlukan juga kemampuan membaca isyarat tangan yang menjadi alat komunikasi selama penyelaman berlangsung.

Apa sajakah itu, simak dan pahami berbagai isyarat tangan di bawah air berikut ini.

1. Menyatukan jari telunjuk dan ibu jari hingga membentuk huruf ‘O’ dan mengacungkan tiga jari sisanya

isyarat tangan diving
shutterstock

Isyarat tangan ini memberikan tanda bahwa keadaan baik-baik saja. Untuk para penyelam biasa menggunakan tanda ini untuk menginformasikan ke penyelam lain atau instruktur.

Sementara untuk instruktur biasa menggunakan tanda ini untuk memberi tahu bahwa situasi sekitar aman terkendali dan semua bisa melanjutkan penyelaman.

2. Menggerakkan telapak tangan seperti memotong leher

isyarat tangan diving
shutterstock

Isyarat tangan ini memiliki makna bahwa penyelam dalam keadaan bahaya kehabisan oksigen. Sesaat setelah melihat indikator oksigen yang menipis, penyelam harus langsung memberikan isyarat tangan ini pada instruktur dan rekan penyelam lain selama penyelaman.

Dengan isyarat ini para penyelam harus langsung naik ke permukaan. Jika situasinya rekan penyelam yang memberi isyarat ini tabung oksigennya sudah benar-benar habis, kita harus membantunya mendorong agar cepat sampai ke permukaan air.

3. Mengepalkan tangan dan mengacungkan ibu jari ke atas

isyarat tangan diving
shutterstock

Isyarat tangan ini terlihat rancu bagi sebagian orang. Apalagi penyelam pemula yang sering salah mengartikan isyarat ini sebagai tanda OKE atau baik-baik saja.

Pada di dunia penyelaman, isyarat mengacungkan ibu jari ke arah atas ini berarti menginformasikan penyelam untuk bergegas naik ke permukaan.

Bila instruktur yang memberikan tanda ini artinya tim penyelam sudah terlalu lama berada di dalam air atau bisa jadi ada masalah di sekitar area penyelaman.

4. Mengepalkan tangan dan mengacungkan ibu jari ke bawah

isyarat tangan diving
shutterstock

Isyarat ini memiliki arti bahwa instruktur atau penyelam yang memimpin kelompok meminta untuk menyelam ke bawah lebih dalam lagi.

Biasanya ini digunakan untuk mengeksplorasi alam bawah laut yang sering kali tersembunyi di bagian laut yang lebih dalam.

5. Menunjuk telinga dengan jari telunjuk

isyarat tangan diving
shutterstock

Di dalam air tekanan yang ada pasti lebih besar. Hal itu tentu memengaruhi tekanan di dalam telinga. Setiap orang punya tingkat ketahanan yang berbeda pada tekanan tersebut.

Nah, karena itu ada isyarat tangan ini yang menginformasikan jika penyelam memiliki masalah pada telinganya yang sakit.

6. Meletakkan satu telapak secara vertikal di bawah telapak horizontal

isyarat tangan diving
shutterstock

Bila instruktur menunjukkan isyarat ini tandanya penyelam harus berhenti dan mengikuti arahan selanjutnya. Biasanya meminta para penyelam untuk berhenti berenang menyelam lebih dalam.

7. Memeluk tubuh dengan kedua tangan

isyarat tangan diving
shutterstock

Isyarat tangan yang berupa memeluk tubuh sendiri dengan kedua tangan mengisyaratkan kalau tubuh sudah mulai kedinginan. Bisa jadi karena terlalu lama berada di dalam air ditambah dengan kondisi tubuh yang sedang tidak fit.

Jika mengalami kedinginan saat menyelam, langsung gunakan isyarat ini untuk memberi tahu instruktur agar dapat kembali ke permukaan dengan selamat.

Itu tadi beberapa isyarat yang harus kamu ketahui selama diving supaya bisa menikmati keindahan bawah laut seutuhnya.

Bagi kamu penggemar aktivitas luar ruangan, baca artikel menarik lainnya tentang wisata air di Reservasi.com.

Tags : divingTravel TipsWisata Air

Leave a Response