close

Ini Dia 7 Negara dengan Waktu Berbuka Paling Cepat di Dunia

Santiago Chile
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Bagi umat muslim, bulan suci Ramadhan adalah waktu yang sangat dinanti-nanti dan sangat dirindukan. Selama sebulan penuh biasanya kalian dituntut untuk menahan segala bentuk hawa nafsu. Mulai dari menahan rasa haus dan lapar hingga menahan emosi. Jika tidak berhasil menahan salah satunya maka ibadah puasa pun akan sia-sia dan puasa pun akan batal. Perlu kalian tahu, puasa bukan hanya sekedar menahan lapar dan  hawa nafsu.

Jika kalian mengenali betul bulan Ramadhan, kalian akan menemukan banyak berkah dan keistimewaan di dalamnya. Seluruh umat muslim di dunia pun berlomba-lomba melaksanakan ibadah ini dimanapun mereka berada. Walaupun durasi puasa mereka berbeda-beda karena perbedaan waktu. Ada yang lebih cepat ada pula yang lama, berikut ini 7 daftar negara dengan waktu puasa paling cepat di dunia. Negara apa saja? Yuk, kita cari tahu!

Perbedaan waktu adalah hal yang paling utama yang menyebabkan durasi ibadah puasa di setiap negara berbeda-beda. Karena perputaran bumi dalam mengelilingi matahari pun tidaklah lurus. Nah, hal inilah yang menyebabkan periode waktu tertentu berbeda. Biasanya bagian bumi sebelah utara mendapatkan cahaya matahari lebih lama dibandingkan bagian bumi sebelah selatan. Hal ini biasanya terjadi di bulan Maret hingga September. Kalian ingin merasakan waktu puasa yang lebih cepat? Kunjungi negara ini dengan memanfaatkan tiket promo dari Rerservasi.com.

1. Arab Saudi

makkah-arab-saudi

Melakukan ibadah puasa di Arab Saudi hanya berdurasi 14 jam 30 menit, tak berbeda jauh dengan di Indonesia. Nah, bagi kalian yang ingin mencobanya, kalian bisa pergi ke Arab Saudi sekaligus melakukan ibadah umroh bersama keluarga disana. Ibadah puasa pun akan lebih bermakna jika kalian melakukannya sambal ibadah umroh. Apalagi dengan masyarakat yang mayoritasnya adalah umat muslim, tentu suasana Ramadhannya lebih terasa.

2. Indonesia

indonesia

Beruntunglah kita yang tinggal di negara Indonesia, karena ibadah puasa di Indonesia hanya berdurasi selama 13 jam 3 menit. Hanya yang membedakannya adalah pembagian waktu WIB, WITA, dan WIT saja dalam menentukan waktu berbuka dan imsak. Selebihnya durasi puasa kalian sama, yaitu 13 jam 3 menit.

3. Kepulauan Komoro

kepulauan-komoro

Kepulauan Komoro terletak di Selat Mozambik sebelah barat laut dari Madagaskar dan sebelah timur dari benua Afrika. Kepulauan Komoro masih termasuk dalam wilayah Jazirah Arab. Budaya Arab pun masih kental di Kepulauan Komoro. Bahkan, Bahasa resmi yang digunakan masyarakatnya pun adalah Bahasa Arab. Walaupun sebagian masyarakatnya juga menggunakan Bahasa Komoro dan Perancis untuk berkomunikasi. Nah, durasi puasa di Kepulauan Komoro hanya selama 12 jam 31 menit, mulai dari matahari terbit hingga terbenam.

4. Australia Barat

australia-barat

Australia Barat tepatnya daerah Sydney, memang memiliki waktu puasa yang cukup singkat. Bisa dibilang hanya setengah hari, Karena durasinya hanya 11 jam 59 menit. Untuk beberapa warga muslim yang tinggal di Australia, tidak terlalu menemui banyak tantangan.

Tags : Luar NegeriRamadan

4 Comments

  1. Sydney kok di Australia Barat ? Bukannya di New South Wales, Australia Bagian Timur ? Koreksi saya jika saya salah

Leave a Response