7 Cara Menghemat Pengeluaran Saat Travelling - Reservasi Travel Blog

7 Cara Menghemat Pengeluaran Saat Travelling

Travel Tips233
7 Cara Menghemat Pengeluaran Saat Travelling

Travel Blog Reservasi – Salah satu yang paling ditakuti ketika travelling adalah pengeluaran yang membengkak. Tentu sebelum travelling ada baiknya kalian merencanakan pengeluaran selama travelling. Jangan sampai besar pasak daripada tiang. Artinya jangan sampai pengeluaran lebih besar dari biaya yang direncanakan. Hindari berhutang untuk travelling apalagi terlalu mudah menggunakan kartu kredit untuk kebutuhan yang tidak terlalu mendesak.

Menghemat pengeluaran bukan berarti pelit. Sesekali kalian juga bisa menggunakan pesawat kelas bisnis atau hotel bintang lima saat travelling. Namun, pengeluaran yang over budget tanpa direncanakan akan menjadi musibah saat usai travelling. Jangan sampai usai senang-senang justru malah merana saat pulang. Seharusnya saat selesai travelling beban pikiran berkurang dan bukan ditambah lagi dengan tumpukan hutang.

Berikut cara menghemat pengeluaran saat travelling dengan tujuan manapun juga. Cara-cara seperti ini mungkin dengan tidak sadar pernah kalian lakukan. Berikut 7 cara menghemat pengeluaran saat travelling.

1 . Pilih Hotel Bintang Satu atau Homestay Sebagai Tempat Menginap

Cara Berhemat Saat Traveling

Hotel bintang satu bisa jadi pilihan kalian untuk menginap sementara atau transit. Jika hanya sekadar singgah, tak ada salahnya juga kalian menginap di homestay. Selain lebih murah, kalian juga bisa menghemat budget. Di beberapa pulau terpencil dan destinasi wisata tersembunyi kerap sulit untuk menemukan hotel bintang satu sekalipun.

2 . Tak Harus Selalu Membeli, Kalian Bisa Memasak Untuk Urusan Makan

Cara Berhemat Saat Traveling

Memasak bukan hanya bisa dilakukan ketika mendaki gunung saja. Tetapi saat travelling bersama teman atau keluarga juga bisa tetap dilakukan. Bahan-bahan mentah bisa diolah menjadi kuliner yang nikmat. Bahkan jika kalian travelling ke beberapa desa, sayuran bisa kalian minta secara gratis. Jikapun tidak gratis kalian bisa membelinya dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan harga di pasar.

3. Manfaatkan Makan Siang Promo Selepas Jam Makan Siang Antara Pukul 14.00-17.00.

Cara Berhemat Saat Traveling

Setelah jam makan siang dan menjelang makan malam, beberapa restoran biasanya sepi pengunjung. Nah, momen seperti inilah yang digunakan restoran untuk memberikan potongan spesial bagi pelanggannya. Kalian bisa memanfaatkan jam setelah makan siang untuk mendapatkan makanan promo. Lebih murah tapi tetap mengenyangkan.

4 . Selalu Membawa Botol Minum Air Mineral Sendiri

Cara Berhemat Saat Traveling

Dibeberapa negara maju terdapat kran air siap minum di beberapa tempat umum seperti taman. Jangan malu atau pun sungkan untuk selalu membawa botol mineral untuk air minum kalian. Percaya deh, harga air mineral botol di beberapa negara hampir lebih mahal dibandingkan dengan satu liter bahan bakar minyak. Jadi, mulai dari sekarang bawalah botol minum kemana saja agar bisa dengan mudah diisi ulang.

5 . Jangan Pernah Makan di Area Bisnis atau Pusat Tamasya

Cara Berhemat Saat Traveling

Tempat wisata kerap memiliki harga makanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan harga diluar area. Percaya deh, harganya bisa dua kali lipat dibandingkan dengan harga normal diluar area wisata. Jadi, untuk beberapa makanan ringan atau air minum, sebaiknya dipersiapkan sejak dari rumah atau membeli di luar tempat wisata. Karena ada juga beberapa tempat wisata yang melarang pengunjung membawa makanan dari luar. Cukup camilan dan air minum saja rasanya sudah bisa banyak menghemat pengeluaran kalian.

6 . Hindari Taksi dan Gunakan Angkutan Umum

Cara Berhemat Saat Traveling

Meski taksi online dan ojek online tengah marak di beberapa kota besar di Indonesia dengan harga murah, bukan berarti bisa kalian dapatkan di semua daerah atau beberapa negara lainnya. Pilihan paling tepat dan hemat adalah dengan menggunakan transportasi umum seperti kereta, bus dan angkutan umum lainnya. Gunakan taksi atau layanan sejenis hanya dalam keadaan mendesak saja. Misalnya dalam kondisi harus mengejar jadwal keberangkatan pesawat.

7 . Cari Informasi Komunitas Nebeng di Destinasi Wisata

Cara Berhemat Saat Traveling

Nebeng? Kenapa tidak? Di beberapa negara, aktifitas nebeng ini tidak diharamkan. Namun ada juga yang tidak terbiasa dengan orang asing yang meminta tumpangan. Terutama di negara konflik dan negara yang tertutup. Di Indonesia sendiri tidak diperbolehkan untuk menumpang di bak terbuka. Apalagi hingga kendaraannya masuk tol. Jadi, cari informasi terlebih dahulu ya sebelum kalian ingin nebeng.

Supaya budget transportasi kalian bisa ditekan Reservasi.com memberikan promo untuk reservasi tiket pesawat loh. Kalian bisa mendapatkan diskon Rp. 50.000 untuk maskapai penerbangan Citilink semua rute penerbangan, atau kalian juga bisa memanfaatkan promo Rp.40.000 untuk semua maskapai penerbangan. Ingin tahu caranya?

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

2 thoughts on “7 Cara Menghemat Pengeluaran Saat Travelling

  1. jadi bisa irit banget tipsya, tapi ane heran kalok beli makan setelah jam makan siang yakin ada promo ? biasanya harga sih gak berubah wkwk

    1. Hai Kak Arif,

      Beberapa restoran cepat saji memang ada yang kasih promo menu harga murah di jam-jam tertentu. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *