close

7 Cara Menabung ala Backpacker Generasi Milenial

cara-menabung-ala-backpacker
Shutterstock

Travel Blog Reservasi – Traveling memang menjadi gaya hidup kekinian sejak adanya promo tiket pesawat murah baik ke luar negeri maupun di dalam negeri. Sayangnya tidak semua orang bisa traveling dengan persiapan yang baik.

Gara-gara kekurangan dana, beberapa turis asing malah jadi sorotan karena mengemis di beberapa negara berkembang. Padahal mereka mengemis demi impiannya keliling dunia. Siapa sih yang tidak mau keliling dunia gratis?

Nah, agar kamu tidak bernasib seperti mereka. Pastikan kamu menabung terlebih dahulu untuk mewujudkan impian traveling kamu ke luar negeri atau ke tempat-tempat yang sudah kamu damba-dambakan.

Menabung memang tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dilakoni. Ada berbagai cara menabung yang bisa kamu lakukan. berikut cara menabung ala Backpacker generasi milenial yang dirangkum oleh Reservasi.com pada Rabu (12/4/2017).

1. Tinggalkan Gaya Hidup Mewah

Gaya hidup mewah adalah gaya hidup yang berlebih-lebihan. Gunakan uang sesuai dengan kebutuhan. Pastikan kamu memahami mana kebutuhan mana keinginan.

Jangan bayangkan bahwa kamu harus hidup super hemat. Namun, dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat pun mengubah gaya pengeluaran kamu.

Misalnya kurangi nongkrong sepulang kerja. Dari kantor langsung pulang ke rumah untuk melakukan kegiatan lain seperti olahraga, membaca buku atau melakukan hobi lain yang kamu sukai.

2. Gunakan Amplop Kebutuhan Harian

Cara ini dilakukan oleh orang tua zaman dahulu dan terbukti berhasil. Caranya, pisahkan keperluan harian dalam 30 amplop yang berbeda untuk pengeluaran sebulan.

cara menabung ala backpacker
Tips jadul yang bikin dapur ngebul (shutterstock)

Misalnya dalam sehari kamu perlu biaya sebesar Rp50 ribu. Jadi, siapkan 30 amplop berisi masing-masing Rp50 ribu. Jika dalam satu hari ternyata biaya yang kamu keluarkan kurang dari Rp50 ribu, sisanya masukkan ke tabungan. Mudah sekali bukan?

Nah, satu amplop lagi gunakan untuk sisa-sisa pengeluaran dari biaya harian yang tidak kamu gunakan. Lebih baik lagi jika kamu punya amplop khusus untuk tabungan.

3. Pisahkan Rekening Gajian dan Tabungan

Dalam berbisnis, para pengusaha atau wiraswasta sangat ketat dalam mengatur anggaran. Agar tidak terjadi tumpang tindih atau pengeluaran tercampur antara biaya pribadi dengan biaya bisnis maka para pengusaha ini membuat dua rekening yang berbeda.

Contoh tersebut bisa jadi inspirasi kok. Jadi, gunakan rekening yang berbeda antara rekening saat kamu menerima gajian dan rekening khusus untuk tabungan. Percaya deh, lama-lama tabungan kamu bakal penuh kok. Asal kamu rajin nabung dan konsisten.

4. Tabung Saat Gajian

Jangan mudah tergiur dengan diskon dan promo saat awal gajian. Langsung sisihkan minimal 10% atau maksimal 30% dari gaji kamu untuk tabungan. Idealnya seperti itu kalau kamu bermimpi jalan-jalan ke luar negeri.

Supaya afirmasi makin kuat, tempel saja poster destinasi impian kamu di kamar agar kamu lebih fokus untuk menabung dan mewujudkan impian kamu traveling ke luar negeri.

5. Tabung Sesuai Tanggal

Nah, cara ini memang sedikit ekstrim. Tapi bukan berarti tidak bisa kamu lakukan. Tabung yang kamu sesuai dengan tanggal berjalan.

Misalnya hari ini tanggal satu, kamu mulai untuk menabung Rp1.000. Besok tanggal dua, sisihkan Rp2.000 dan seterusnya hingga tanggal 31, simpan di tabungan sebesar Rp31.000.

cara menabung ala backpacker
Tantangan unik nih (shutterstock)

Tapi jika cara ini terlalu berat, bagaimana jika dibalik?

Saat tanggal satu, sisihkan Rp31.000. Tanggal dua, Rp30.000. Nah, semakin mendekati tanggal tua, kamu hanya perlu menabung dengan jumlah yang lebih sedikit bukan?

6. Titip Uang Tabungan sama Orang Tua

Kalau kamu tipe orang yang tidak bisa memegang uang dan mudah tergoda, titip saja uang tabungan kamu pada orang tua. Orang tua kita biasanya lebih apik dan rapi dalam menyimpan uang.

Percaya deh, orang tua adalah orang yang paling tepat untuk membantu mewujudkan kamu traveling ke luar negeri. Syukur-syukur nanti kamu dapat bonus tambahan lho dari orang tua.

7. Investasikan

Investasi konvensional namun tahan terhadap krisis adalah investasi dalam bentuk emas atau perhiasan. Apalagi sekarang sudah ada layanan tabungan emas. Mulai dari nilai yang paling rendah hingga nilai yang paling tinggi.

Selain investasi emas, kamu juga bisa investasikan dalam bentuk reksa dana. Enaknya lagi reksa dana sangat murah dan mudah. Kamu bisa pilih jangka waktu pendek, menengah atau jangka waktu yang panjang.

cara menabung ala backpacker
Investasi selagi muda (shutterstock)

Generasi milenial saat ini sudah melek kok dengan dunia investasi. Pahami dan pelajari risiko dan keuntungannya juga ya. Pastikan tempat untuk melakukan investasi diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Nah, ternyata mudah kan cara menabung ala Backpacker generasi milenial. Banyak cara kok agar kamu bisa traveling ke luar negeri tanpa harus berutang apalagi saat pulang dari luar negeri kamu malah sudah ditunggui sama debt collector. Kan ngeri!


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Backpacker

Leave a Response