close

7 Alasan Mudik dengan Pesawat Lebih Menyenangkan!

travel-by-plane
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Mudik adalah kegiatan tahunan yang dilakukan hampir sebagian besar penduduk di Indonesia. Cara tiap orang mudik pun akan berbeda beda. Entah dengan naik kereta api, pesawat terbang, kapal laut, mobil pribadi atau bahkan dengan menggunakan sepeda motor.

Cara apa saja tidak masalah sebenarnya, namun demi kelancaran dan keamanan mudik, sepeda motor dan mobil pribadi adalah cara mudik yang kurang direkomendasikan. Kalau pun harus bisa menggunakan transportasi darat, minimal mudiklah dengan kereta api. Masalahnya, mencari tiket kereta api yang jumlahnya terbatas itu sekarang cukup susah.

Alternatifnya adalah, teman – teman traveler mudik dengan menggunakan pesawat terbang. Meskipun kadang lebih mahal dari pada menggunakan transportasi darat, tetapi ada banyak keuntungan yang didapatkan dibandingkan dengan mudik menggunakan transportasi darat. Paling tidak tulisan 7 Alasan Mudik Dengan Pesawat Lebih Menyenangkan ini akan membuat teman – teman traveler lebih mengerti.

1. Tingkat Kecelakaan Di Darat Lebih Tinggi

Kecelakaan atau musibah memang tidak bisa diprediksi, baik di darat ataupun di udara. Baik traveling dengan tiket pesawat promo atau tiket pesawat murah, tidak akan mempengaruhi faktor kemungkinan terjadinya kecelakaan. Namun, berdasarkan data – data yang ada, kecelakaan di darat ketika Mudik persentase terjadinya jauh lebih besar jika dibandingkan dengan mudik dengan pesawat terbang.

Berdasarkan data – data yang dikutip dari Kepolisian Daerah yang pada lebaran 2014 lalu, kecelakaan transportasi darat yang terjadi antara H-7 sampai H+3 Lebaran hingga mencapai angka lebih dari dua ribu kasus. Karena itu, untuk menghindari kejadian yang tak diinginkan ini, teman – teman traveler bisa memilih mudik dengan menggunakan pesawat. Selama mengikuti prosedur, mudik dengan pesawat harusnya jauh lebih aman.

2. Jadwal Keberangkatan Pesawat Lebih Banyak Dari Pada Kereta Api

alasan mudik pakai pesawat

Pasca dibukanya pembelian tiket mudik dengan Kereta Api pada H-90, ada banyak keluhan bahkan ungkapan kekesalan karena tiket kereta api langsung ludes setelah 5 menit dibuka penjualan onlinenya. Entah karena apa tiket kereta api mudik cepat sekali habis, namun yang jelas jadwal keberangkatan kereta api di Indonesia ini masih sangat terbatas. Jauh berbeda jika dibandingkan dengan jadwal keberangkatan pesawat terbang, yang untuk menuju suatu kota dalam satu hari bahkan hingga puluhan jadwal.

Mudik dengan Kereta api memang penuh persaingan, bahkan kira – kira sebanyak 15.000 kursi tambahan untuk mudik tahun 2015 yang bisa dipesan secara online mulai tanggal 11 Mei 2015 lalu, habis hanya dalam waktu dua jam saja! Gila kan? Enggak cuma gila lagi, tetapi serem!

Wajar saja jika teman – teman traveler kesal karena tidak mendapatkan tiket meski sudah dibelain begadang. Namun, kalian tidak boleh langsung kecewa deh. Coba saja mulai berburu tiket pesawat promo atau tiket pesawat murah yang bisa didapatkan dari berbagai macam maskapai. Bahkan, dalam rangka mudik lebaran, biasanya mereka akan menambah banyak kursi dari biasanya.

3. Tidak Seperti Bus Atau Bahkan Mungkin Kereta Api, Mudik Dengan Pesawat Lebih Terbebas Dari Calo Tiket

tidak ada calo tiket pesawat

Calo adalah momok yang paling menyebalkan buat setiap traveler manapun ketika melakukan perjalanan darat. Tidak terkecuali, ketika mudik calo ini juga menjadi musuh utama para pemudik. Pasalnya, gara – gara mereka harga tiket bisa melambung tinggi dari harga normal.

Biasanya calo atau yang juga dikenal sebagai penyedia jasa “tiket gelap” ini banyak ditemui ketika kalian ingin membeli tiket transportasi umum darat seperti bus atau kereta api. Entah dari mana datangnya, mereka biasa muncul di terminal atau stasiun kereta api menjelang mudik. Biasanya sih mereka mengincar orang-orang yang ingin mudik, namun tidak kebagian tiket. Biasanya, karena si pemudik tadi memang butuh, meski oleh para calo dijual dengan harga tidak wajar, tetap saja dibeli demi pulang kampung.

Berbeda jika kalian mudik dengan menggunakan pesawat terbang. Selain ada banyak tiket murah dan tiket promo pesawat bertebaran, kalian tidak perlu berurusan dengan para calo ini. Jangankan calo, loket penjualan tiket milik maskapai di bandara pun sudah mulai ditiadakan secara bertahap sejak 1 Maret 2015. Jadinya teman – teman traveler masih bisa membeli tiket pesawat dengan harga wajar. Syukur – syukur kalau kalian mendapatkan tiket promo untuk mudik. Asik kan mudik dengan menggunakan pesawat?

4. Enggak Perlu Ribet Cetak Tiket

Karena prosedur terbang dengan pesawat sudah begitu modern, model ticketingnya pun juga mengikutinya. Selamat tinggal mencetak tiket yang ribet! Kecuali maskapai LCC seperti Air Asia yang masih mengharuskan mencetak tiket sendiri, mayoritas maskapai lain tidak perlu membuat kalian repot dengan proses pencetakan tiket. Ketika mudik dengan pesawat, kalian cukup menunjukkan tiket elektronik (e-ticket) ketika check-in di bandara. Jadi tidak perlu khawatir tiket mudik kalian hilang ya!

5. Ada Banyak Tiket Promo Pesawat Bertebaran

Mungkin kereta api masih menyediakan banyak tiket promo untuk para pemudik, namun untuk moda transporatasi semacam bus akan sedikit sekali tiket promonua. Berbeda dengan pesawat terbang, ada banyak sekali tiket promo dan tiket pesawat murah yang bisa diburu. Tidak hanya maskapai yang melakukan promosi, namun sebagian besar online travel agent (OTA) yang ada di Indonesia juga gencar melakukan promo mudik. Rajin saja melihat dan mencari tiket pesawat secara online, siapa tahu teman – teman traveler beruntung medapatkan tiket pesawat termurah.

6. Membawa Bagasi Banyak Dengan Lebih Mudah

Mudik pasti identik dengan barang bawaan yang banyak ketika pulang kampung. Entah sekedar membawakan baju baru untuk keluarga di kampung, atau bahkan parcel lebaran yang berjibun. Yang jelas, lebaran adalah identik dengan banyaknya oleh-oleh yang dibawa pulang.

Ribetnya, barang bawaan ini bisa kadang bisa merepotkan. Jadinya, ketika mudik dengan jalur darat seperti dengan menggunakan moda transporasi bus bisa sungguh merepotkan. Belum lagi berdesak – desakan dengan para penumoang lain! Pun biasanya ada tenaga porter di stasiun atau terminal, tapi itu artinya kalian harus mengeluarkan biaya ekstra.

Berbeda jika kalian mudik dengan pesawat terbang. Normalnya, setiap maskapai akan memberikan bagasi gratis mulai dari 7 – 20 kg untuk setiap penumpang, tergantung kebijakan tiap maskapai. Bahkan, kalau dirasa masih kurang teman – teman traveler bisa membeli bagasi lagi. Memasukkan bagasi pun tidak ribet, yaitu ketika check-in, kalian hanya perlu melakukan registrasi untuk barang yang dibawa. Selanjutnya, kalian hanya tinggal masuk ke kabin dengan nyaman tanpa harus dibebani oleh barang bawan yang banyak.

7. Menghemat Banyak Waktu Perjalanan!

alasan mudik dengan pesawat

Menjelang mudik, pasti semuanya ingin segera pulang karena sudah begitu kangen dengan kampung halaman. Tentunya mudik lewat perjalanan darat akan lebih memakan waktu jika dibandingkan dengan pesawat terbang. Bayangkan saja perjalanan dengan kereta api antara Jakarta–Malang bisa memakan waktu sekitar 14 jam atau bahkan lebih. Dengan menggunakan bus, bisa lebih lama lagi! Kalau dengan menggunakan pesawat terbang, paling hanya memerlukan waktu 2 jam saj. Asik kan? Apalagi waktu bersama keluarga itu lebih berharaga daripada dihabiskan di perjalanan.

***

Nah! Bagaimana? Setelah membaca tulisan “7 Alasan Mudik Dengan Pesawat Lebih Menyenangkan!” ini, apakah teman – teman traveler akan mudik dengan pesawat, atau tetap mudik dengan jalur darat? Bagi pendapat kalian di komentar yang ada di bawah dong! Atau kalaau memang memutuskan untuk mudik dengan pesawat, segera deh, reservasi keberangkatan mudikmu lewat Reservasi.com atau maskapai favorit kalian!

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : MudikPesawat

Leave a Response