close

6 Tips Memilih Sunglasses yang Tepat agar Mata Terlindungi

tips-memilih-sunglasses

Travel Blog Reservasi – Saat lagi liburan di musim panas, sunglasses jadi barang wajib yang enggak boleh ketinggalan. Tak sekedar untuk alasan gaya dan trendi, alasan lain seperti melindungi mata juga harus jadi alasan yang wajib kamu perhatikan saat memilih sunglasses.

Berdasarkan data yang dikutip dari Asia-Pacific Academy of Ophthalmology, berikut enam hal yang harus kamu perhatikan saat memilih kacamata anti matahari atau sunglasses.

1. Pilih Kacamata yang 100% melindungi

100% melindungi
Sumber gambar:.aao.org

Satu hal yang paling penting saat membeli kacamata anti matahari atau sunglasses adalah belilah kacamata yang punya label “UV400” atau 100% UV Protection”.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Asia-Pacific Academy of Ophthalmology hampir 47% orang yang membeli sunglasses atau kacamata anti matahari tidak memperhatikan hal ini.

Jika kacamata anti matahari yang kamu miliki sekarang belum ada label ini, berarti sunglasses kamu belum melindungi seutuhnya lho.

2. Lebih besar lebih baik

kacamata besar
Sumber gambar: huffingtonpost.com

Semakin besar cangkupan kacamata anti matahari melindungi mata kamu, maka hal tersebut semakin baik. Jadi enggak perlu takut memilih kacamata yang lebih besar, karena sekarang ini banyak kok kacamata yang berukuran besar namun tetap bisa membuat kamu fashionable.

3. Lensa dengan warna gelap bukan berarti lebih baik

kacamata hitam

Memang kacamata dengan lensa gelap terlihat lebih gaya, tapi enggak semua kacamata dengan lensa gelap selalu lebih baik memblokir sinar UV dibandingkan kacamata dengan lensa berwarna.

4. Warna bukan masalah

perempuan pakai kacamata merah
Sumber gambar: vancitybuzz.com

Kamu pasti sering lihat kacamata anti matahari berlensa pink, hijau, abu-abu, kuning, serta warna lainnya. Warna-warna tersebut bukan berarti lebih baik daripada kacamata anti matahari berlensa hitam, hanya saja kacamata dengan lensa berwarna dapat meningkatkan kontras, yang sangat berguna bagi para atlet seperti atlet bisbol ataupun golf.

(Baca juga: Mau Nonton Gerhana Matahari? Ini Barang Yang Perlu Kamu Bawa)

5. Lensa Polarized membantu kamu terhindar dari silau

lensa polarized
Sumber gambar: aao.org

Kacamata dengan lensa polarized membantu kamu mengurangi silau. Jadi ketika sedang mengemudi dan terlalu silau, kamu bisa menggunakan kacamata dengan jenis lensa seperti ini.

6. Harga mahal bukan jaminan

harga bukan jaminan
Sumber gambar: zonajobs.com

Kamu yang punya kacamata mahal tapi tidak dilabeli 100% UVProtection hal tersebut akan sia-sia saja, bahkan bisa dibilang sama saja dengan kacamata cengdem (goceng adem).

Nah, sudah tahukan cara membeli kacamata yang tepat? Jadi, ada baiknya sebelum kamu membeli kacamata anti matahari atau sunglasses ingat tips tadi ya.

feature image: la.racked.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Tipstraveling

Leave a Response