6 Tips Bersepeda di Hong Kong, Liburan Anti Mainstream yang Menyenangkan - Reservasi Travel Blog

6 Tips Bersepeda di Hong Kong, Liburan Anti Mainstream yang Menyenangkan

Travel Tips68
6 Tips Bersepeda di Hong Kong, Liburan Anti Mainstream yang Menyenangkan shutterstock

Travel Blog Reservasi – Ada banyak kegiatan yang bisa dilakukan di Hong kong salah satunya adalah bersepeda berkeliling kota. Wisata sepeda di Hong kong menjadi salah satu pilihan anti mainstream meskipun transportasi di kota ini sudah serba mudah dan modern.

Jika kamu memiliki banyak waktu travelling di Hong kong tidak ada salahnya untuk memilih satu hari saja dengan mengisi aktivitas kamu dengan bersepeda di Hong kong. Sebelum bersepeda di Hong kong ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui. Berikut rangkumannya seperti dilansir dari berbagai sumber.

1. Rencanakan Rute dan Perjalanan

Penting sekali untuk merencanakan perjalanan kamu selama berada di Hongkong. Salah satu wisata bersepeda yang ditawarkan adalah dengan mengelilingi Tolo Harbour.

Perjalanan kamu bisa dimulai dari Sha Tin hingga ke Tai Mei Tuk. Ada beberapa tempat wisata gratis yang bisa kamu singgahi sembari bersepeda. Misalnya seperti menyusuri pinggiran sungai Shing Mun River  sampai menjajal jalur sepeda di sekitar Hong Kong Science Park di Ma Liu Shui.

Jaraknya dari garis awal hingga garis akhir kurang lebih sekitar 22 kilometer yang dapat ditempuh dengan bersepeda dalam waktu kurang lebih antara 3 sampai dengan 4 jam saja.

bersepeda di Hong Kong
shutterstock

2. Sesuaikan Jarak dengan Kemampuan

Bersepeda dengan jarak kurang dari 25 kilometer sudah merupakan jarak ideal. Namun jika memang kamu sudah terbiasa bersepeda di tanah air, kamu bisa melakukan rute round trip dengan begitu jarak tempuh semakin jauh hingga dua kali lipat.

Enaknya lagi, beberapa tempat rental atau sewa sepeda di Hong Kong sudah mengenal satu sama lain. Jadi, jika rute kamu one way kamu tidak perlu mengembalikan sepeda di tempat awal keberangkatan. Cukup menitipkan sepeda di tempat akhir tujuan. Yang penting kamu menginformasikan kepada pemilik rental sepeda.

3. Cek Perkiraan Cuaca Sehari Sebelumnya

Bagi wisatawan, cuaca sangat penting, apalagi jika kamu merencanakan bersepeda di Hong Kong. Setidaknya jika cuaca diperkirakan akan hujan, sebaiknya kamu menyiapkan jas hujan dan dry bag untuk menyimpan dokumen dan barang berharga tanpa khawatir takut kehujanan.

4. Pahami Aturan Sewa Sepeda di Hong Kong

Beberapa penyewaan sepeda memiliki harga yang berbeda-beda tergantung lokasi dan kondisi sepeda yang disewakan. Rata-rata harga sewa sepeda di Hong Kong berkisar antara $10 sampai dengan $20 Hong Kong Dollar perjam atau $80 perhari.

Beberapa rental sepeda biasanya ada yang meminta deposit. Jangan khawatir karena nanti uang deposit kamu akan dikembalikan. Biaya deposit memang cukup mahal karena disesuaikan dengan harga sepeda berkisar antara $300 dollar Hong Kong.

Penting juga untuk memahami beberapa aturan seperti cara pengembalian sepeda atau cara mendapatkan deposit kembali. Pahami juga jika kamu mengalami overtime terutama soal biaya tambahan yang disebabkan kelebihan waktu sewa sepeda.

bersepeda di Hong Kong
shutterstock

5. Gunakan Safety Riding Gear

Untuk menjaga keselamatan, pastikan bahwa penyedia rental sepeda menyiapkan alat keselamatan seperti helm dan pad untuk lutut atau siku. Jangan pernah berkompromi untuk keselamatan.

Jika beban ingin semakin ringan, kamu bisa meminta sepeda yang memiliki tas atau keranjang di bagian belakang sehingga kamu tidak perlu menggendong back pack yang terlalu berat saat bersepeda.

6. Bawa Perlengkapan Pribadi

Selalu bawa perlengkapan dan perlatan pribadi mulai dari dokumen berharga sampai dengan obat-obatan P3K untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jika kamu ingin menghemat pengeluaran, siapkan juga botol minum dan makanan sehingga bisa kamu nikmati saat istirahat bersepeda.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *