6 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Liburan di Makassar

6 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Liburan di Makassar

Travel Destinations72
6 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Liburan di Makassar shutterstock

Travel Blog Reservasi – Makassar merupakan kota kelima di Indonesia dengan jumlah penduduk terbanyak. Kota ini juga disebut-sebut sebagai Gerbang Indonesia Timur. Terletak di provinsi Sulawesi Selatan, kota ini menawarkan banyak sekali tempat yang bisa kamu eksplorasi.

Tempat wisata di Makassar membentang dari gunung hingga laut. Bagi kamu yang gemar city tour juga tidak usah ragu, sebab Makassar juga punya banyak destinasi yang bisa kamu kelilingi. Nah, berikut ini 6 hal yang wajib kamu lakukan jika sedang liburan di Makassar. Apa saja? Yuk simak ulasannya!

Baca 7 Tempat Wisata Makassar yang masih Alami

Menyantap Coto Makassar

Hal pertama yang wajib kamu lakukan ketika tiba di Makassar adalah makan coto. Makanan berbahan dasar daging sapi ini sangat populer dan dapat dengan mudah ditemui di hampir setiap jalan di Makassar. Ada beberapa tempat makan coto yang bisa kamu kunjungi seperti Coto Nusantara, Coto Paraikatte, Coto Tamalanrea, dan Coto Gagak.

Menikmati Pantai Losari

Pantai Losari merupakan lokasi wisata favorit para wisatawan jika berkunjung ke Makassar. Lokasi ini juga dijuluki sebagai meja makan terpanjang di dunia, sebab kamu bisa menikmati ragam penganan khas Makassar seperti pisang epe dan sarabba dengan laut yang terbentang luas di hadapanmu.

Melihat Sunset di Masjid Terapung

masjid-terapung-makassar
shutterstock

Tak perlu jauh-jauh ke Jeddah, Arab Saudi jika hanya ingin melihat masjid terapung. Pasalnya, di kota berjuluk Kota Anging Mamiri ini juga ada masjid terapung yang terletak di sudut Pantai Losari. Sambil menunggu ibadah salat maghrib, wisatawan pun senang menghabiskan waktunya di sini sambil menikmati indahnya pemandangan matahari terbenam.

Mengunjungi Fort Rotterdam

Kegiatan yang sangat sayang untuk dilewatkan ketika berada di Makassar adalah menujungi Fort Rotterdam. Benteng ini pertama kali didirikan pada tahun 1545 oleh Raja Gowa-Tallo yang ke 9 dari tanah liat dan putih telur. Baru kemudian di masa pemerintahan Raja Gowa-Tallo yang ke 14 disempurnakan seperti yang ada saat ini.

Ada banyak hal benda bersejarah yang bisa kamu saksikan di tempat ini, seperti peralatan perang, pakaian adat daerah Sulawesi Selatan, serta berbagai peralatan pertanian zaman dulu. Fort Rotterdam juga sangat Instagramable untuk kamu berfoto.

Menyelam di Pulau Samalona

Tak perlu jauh-jauh ke Maldives, ternyata Makassar juga punya banyak pulau cantik dengan pasir putih. Salah satunya adalah Pulau Samalona yang lokasinya 45 menit perjalanan dari Pantai Losari. Bagi kamu yang suka menyelam, maka pulau ini adalah tempat yang cocok. Pasalnya, keindahan alam bawah laut Makassar sangat memanjakan kamu dengan terumbu karang dan berbagai biota laut indah di bawahnya.

Baca Sudah Pernah Coba Nasi Goreng Merah Mencolok Khas Makassar Belum?

Menelusuri Pusat Oleh-Oleh Jalan Somba Opu

Hal terakhir yang harus kamu lakukan jika berada di Makassar adalah menelusuri Jalan Somba Opu. Jika di Jogja kamu mengenal Maliboro, maka di Makassar tempat seperti itu bernama Jalan Somba Opu. Lokasi daerah ini pun sangat dekat dari Pantai Losari sehingga tidak ada salahnya untuk berjalan kaki.

Ada berbagai macam barang yang bisa dijajakan di tempat ini, dan hampir semuanya bisa untuk kamu jadikan oleh-oleh yang seru dan menarik untuk dibawa pulang ke tempat asalmu nanti. Mulai dari makanan dan minuman khas Sulawesi Selatan, minyak gosok cap tawon Makassar, kain sutra kualitas tinggi, souvenir kapal pinisi, hingga berbagai macam kerajinan khas Toraja. Tidak hanya itu saja, di Jalan Somba Opu juga ramai oleh penjual aksesoris emas dan perak berkualitas.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

One thought on “6 Hal yang Wajib Dilakukan Jika Liburan di Makassar

  1. kalo dikota saya yaitu dikota tegal, jawa tengah nama makanan yg patut dicicipin yaitu “soto sedap malam” beda huruf dengan yg ada di makasar yaitu “coto”….wah bikin penasaran neh yang rasanya coto makasar kaya apa ? sayang ya ga ada gambar makanan coto makasar seperti apa ? y..setidaknya biar biasa ngebayangin gitu… he..he..he..

    salam kenal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *