close

6 Desain Paspor Paling Keren di Dunia

cap visa
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Sebelum paspor menjadi alat identitas skala global, desain paspor dari berbagai negara tak semenarik sekarang. Paspor tersebut hanya memiliki desain yang simpel dan bahkan beberapa tidak sedap dipandang sama sekali.

Namun, seiring dengan berkembangnya globalisasi dan juga sarana transportasi, paspor ini menjadi lebih estetik dan lebih canggih. Pemerintah di berbagai negara juga terus mengembangkan desain paspor mereka agar lebih sulit dipalsukan dan terjamin keamanannya.

Kecanggihan sistem keamanan paspor ini bisa berupa warna tinta yang berubah warna ketika dilihat dari angle yang berbeda.

Ada juga yang berdesain hologram yang bisa menimbulkan gambar tiga dimensi, hingga perpaduan warna yang muncul ketika disinari dengan sinar UV yang membuatnya indah. Itulah yang membuat beberapa paspor punya desain yang sangat indah.

Penasaran paspor dari negara mana yang didapuk sebagai paspor terindah? Berikut rangkumannya.

1. Irlandia

paspor
populous

Halaman satu paspor Irlandia ini menggambarkan peta topografi negaranya. Mungkin inilah satu-satunya paspor yang mencantumkan sebuah puisi indah di setiap lembarannya.

Dengan hiasan berwarna hijau muda, membuat paspor Irlandia semakin segar dipandang mata. Uniknya ada dekorasi kepala patung di kedua sisi yang berbeda. Namun jika disambungkan akan membentuk sebuah wajah yang sempurna. Menarik bukan?

2. Kanada

paspor
demliked

Desain paspor yang terbaru di Kanada mengalami debut pertama kali pada Juli 2013 dan menjadi viral karena kreativitas dengan foto warna-warni yang berpendar saat disinari dengan lampu ultraviolet.

3. Norwegia

paspor
Neue Design Studio

Kalau ada kompeitisi desain paspor terindah, rasanya paspor negara Norwegia ini akan langsung memenangkannya. Mulai dari sampulnya dengan desain yang minimalis, abstrak, dan juga warna pastel.

Bahkan saat disinari dengan ultraviolet, satu halaman akan berubah menjadi warna yang cantik lengkap dengan warna warni ilustrasi cahaya aurora khas negara tersebut.

4. Inggris

paspor
designweek

Wah, jika suatu hari kamu beruntung punya kesempatan memiliki paspor Inggris, dijamin tidak akan bosan saat menunggu antrian imigrasi. Kenapa? Karena bisa terus memandangi setiap halaman paspor yang mengusung desain peradaban Inggris pada abad pertengahan.

5. China

paspor
wikimedia

Keren kan? Gambar di atas adalah tampak paspor China saat terpapar sinar ultraviolet. Padahal secara kasat mata, setiap halaman tampak biasa saja seperti paspor pada umumnya. Di dalam setiap halaman ada desain tata kota Makau dan Shanghai.

6. Selandia Baru

paspor
write-clearly.blogspot.com

Negara asal Lord of the Rings ini memiliki desain warna yang bold dan juga membanggakan para pemegangnya. Setiap membuka halaman per halaman, kamu akan disuguhkan ilustrasi pemandangan alam indah Selandia Baru.

Bahkan, kabarnya, cap visa bagi pengunjung negara ini bertuliskan “Welcome to Middle Earth”. Benar-benar mengusung keindahannya, ya.

Baca artikel menarik lain seputar paspor dari Reservasi.com


Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : Paspor

Leave a Response