50 Wisata Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu - Reservasi Travel Blog

50 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu

Travel Destinations58.9K
50 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu Wisata Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu

31. Taman Menteng

sumber : DailySylvia.com

Warga Jakarta tentunya sudah akrab sekali dengan keberadaan Taman Menteng Jakarta. Banyak sekali kegiatan yang bisa kamu lakukan di tempat ini.  Biasanya, orang-orang datang untuk berwisata, olahraga, maupun hanya demi mengabadikan foto yang kece.

Letaknya yang berada di pusat kota Jakarta, tempat ini merupakan salah satu wisata ruang terbuka hijau (THR). Selain itu kini Taman Menteng Jakarata juga sudah memiliki rumah kaca yang sering digunakan untuk melakukan pameran seni rupa maupun fotografi. Jangan lupa untuk berfoto-foto di Taman Menteng Jakarta ya.

  • Alamat: Jl. HOS. Cokroaminoto, RT.03 / RW.05, Menteng, Kota Jakarta Pusat 10310
  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam

32. Taman Langsat

sumber : beritadaerah.co.id

Meskipun terkenal sangat mistis dan angker, namun taman ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Berada di tengah-tengah kota Jakarta, Taman Langsat ini berada tepat di belakang Pasar Burung Barito.

Taman Langsat merupakan satu taman di Jakarta yang menjadi tempat penampungan bibit tanaman. Tempat wisata Jakarta ini juga sering dijadikan lokasi paling favorit warga setempat untuk berlibur maupun bersantai sejenak dari penatnya aktivitas.

Berbagai macam fasilitas dan kegiatan yang bisa kamu lakukan adalah, jogging, bermain tenis, melihat koleksi tanaman, menikmati pemandangan kolam teratai dan aliran sungai yang deras. Tersedia area permainan anak serta tempat pameran Flora dan Fauna terbuka sebagai alternatif liburan di sana.

  • Alamat: Jl. Barito RT 003/01, Kramat Pela, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan 12130
  • Jam operasional: Setiap hari, 06.00 s.d. 18.00 WIB

33. Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk

Tempat wisata yang satu ini lebih dikenal dengan sebutan Hutan Mangrove Pantai Indah Kapuk. Keindahan alam yang penuh pesona dan eksotis. Tempat ini terbilang sangat terjangkau lokasinya.

Kawasan yang memiliki luas kurang lebih 99 hektar ini menyajikan pemandangan yang luar biasa indah. Di sini kamu juga bisa menikmati pemandangan sambil menaiki perahu dan berputar mengelilingi kawasan Hutan Mangrove PIK. Jangan lupa untuk berfoto di spot-spot paling favorit di tempat ini. Sangat disarankan untuk mengenakan pakaian yang nyaman jika ingin berkunjung mengingat cuaca yang ada di sana cenderung panas dan terik.

  • Alamat: Jl. Garden House, Kamal Muara Angke, Penjaringan, Jakarta Utara
  • Jam operasional: Setiap hari, 07.00 s.d. 18.00 WIB
  • Harga tiket masuk: Rp 25.000

34. Taman Ayodya

Instagram @angga_panditama

Taman Ayodya merupakan salah satu taman paling terkenal di Jakarta Selatan. Pasalnya, lokasi Taman Ayodya begitu strategis. Taman seluas 7.500 meter persegi ini berada di tengah-tengah kawasan Blok M, Melawai dan Barito yang selalu ramai. Suasana Taman Ayodya begitu asri, dengan danau seluas 1.500 meter persegi dan pepohonan rimbun yang membuat pengunjung merasa sejuk ketika datang ke sini.

Kebanyakan orang datang ke Taman Ayodya untuk sekedar duduk-duduk, berolahraga (ada jogging track di sini, bersepeda juga bisa) atau wisata kuliner. Di sekitar taman ini ada banyak pedagang kaki lima. Namun yang paling terkenal tentu saja pedagang gultik alias gulai tikungan. Sekarang ini juga banyak pedagang sate taichan. Tinggal pilih saja, mau yang mana.

  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Alamat: Jl. Lamandau III, Kec. Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
  • Cara ke sini: Naik bus TransJakarta koridor 1 jurusan Kota – Blok M. Turun di halte terakhir, terminal Blok M. Kamu dapat melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki sekitar 10 menit atau naik ojek online. Kamu juga bisa naik bus Kopaja 603 lalu turun di bundaran Taman Ayodya.

35.  Setu Babakan

Instagram @ocepic_life

Saat berada di Jakarta, tentunya kamu harus mencoba wisata budaya Betawi. Tempat yang paling tepat untuk merasakan budaya khas Betawi adalah Setu Babakan. Gratis pula! Di lahan seluas 32 hektar ini, ada danau (situ / setu) yang dimanfaatkan untuk wisata air, kampung budaya Betawi dan surganya kuliner khas Betawi.

Kamu bisa memancing gratis di danau, main sepeda air atau perahu naga. Berkeliling-keliling naik sepeda dan delman di sini juga seru! Di dalam kampung budaya, ada pagelaran tari tradisional Betawi yang bisa kamu nikmati setiap hari Sabtu, Minggu dan hari libur. Nah, bagi yang suka kuliner, kamu bisa berburu sepuasnya. Mau coba kerak telor, soto Betawi, es selendang mayang, tape uli atau bir pletok, semuanya ada di sini.

  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 s.d. 18.00 WIB
  • Alamat: Jl. Situ Babakan, kel. Srengseng Sawah, kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan
  • Cara ke sini: Naik kereta (KRL) Commuter Line jurusan Depok / Bogor. Turun di stasiun Lenteng Agung lalu naik ojek online langsung ke Setu Babakan. Kamu juga bisa naik bus TransJakarta koridor 1 jurusan Kota – Blok M. Turun di halte terakhir Terminal Blok M, lanjutkan perjalanan dengan naik bus Kopaja S 616 jurusan Blok M – Cipedak / Srengseng Sawah. Turun di depan pintu Setu Babakan.

36. Museum Satriamandala

Instagram @dmarianapuhan

Bagi anak-anak atau kaum pria, mayoritas pasti senang jika berkunjung ke Museum Satriamandala. Kita bisa melihat koleksi lengkap  kendaraan tempur dan senjata milik TNI. Mulai dari kapal perang, helikopter, pesawat tempur, rudal, tank, torpedo, s*napan, gr*nat, m*riam dan masih banyak lagi. Selain itu ada koleksi pesawat umum (penumpang atau logistik), mobil Jeep yang pernah dimiliki Jenderal Soedirman, dsb.

Museum Satriamandala memiliki empat ruangan khusus yang diperuntukkan bagi empat jenderal besar RI. Kita bisa melihat foto-foto (dokumentasi), koleksi barang-barang pribadi dan furnitur milik Jenderal Soedirman, Jenderal Soeharto, Jenderal A.H. Nasution dan Jenderal Oerip Soemohardjo. Tak luput, ada ruangan diorama perang juga di museum ini.

  • Jam Operasional: Selasa s.d. Minggu, 09.00 s.d. 14.30 WIB,
  • Alamat: Jl. Jend. Gatot Subroto No. 14, kel. Kuningan Barat, kec. Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.
  • Cara ke sini: Naik bus TransJakarta koridor 9 jurusan Pluit – Pinangranti atau koridor 6B jurusan Monas – Ragunan via Semanggi. Turun di halte Gatot Subroto LIPI. Keluar di sisi LIPI, lalu jalan kaki sekitar 500 meter hingga Museum Satriamandala.

37. Toko Merah

sumber : shutterstock.com

Daerah Kota Tua memang menyimpan banyak obyek wisata bersejarah yang menarik. Salah satunya adalah Toko Merah yang berusia 287 tahun ini. Dari kejauhan, penampakannya sudah sangat menarik siapa pun yang melihatnya.

Toko Merah menjadi salah satu obyek wisata yang wajib dikunjungi karena kemegahan dan keindahan arsitekturnya yang bergaya Baroque. Seluruh dinding bagunan terbuat dari batu bata dan dicat warna merah hati.

Toko Merah dibangun pada tahun 1730 oleh Gustaaf Wilem Baron van Imhoff sebagai rumah tinggal (kemudian dia menjadi Gubernur Jenderal VOC). Nama Toko Merah sendiri melekat karena pada sejak pertengahan abad ke-19, bangunan ini dimiliki oleh seorang pedagang beretnis Tionghoa – Oey Liauw Kong dalam jangka waktu cukup lama.

  • Jam Operasional: Setiap hari, 09.00 s.d. 16.30 WIB
  • Alamat: Jl. Kali Besar No. 11, kel. Roa Malaka, kec. Tambora, Jakarta Barat
  • Cara ke sini: Naik bus TransJakarta koridor 1 jurusan Blok M – Kota. Turun di halte terakhir yaitu halte Kota. Dari situ, jalan kaki ke arah kali / sungai. Toko Merah ada di sisi kiri jalan, kurang lebih 200 meter dari bundaran. Bisa juga naik bus TransJakarta koridor 12 jurusan Tanjung Priok – Penjaringan, turun di halte Kali Besar Barat. Toko Merah dapat langsung terlihat dari halte.

38. Gedung Kesenian Jakarta

Instagram @iwan.ghe

Gedung Kesenian Jakarta merupakan salah satu cagar budaya yang hingga kini masih aktif digunakan sebagai tempat menggelar berbagai pertunjukkan seni. Mulai dari teater, musikal, resital piano hingga balet.

Eksterior gedung maupun interiornya bergaya Neo Renaissance. Ketika kamu menginjakkan kaki di dalam Gedung Kesenian Jakarta, kamu akan dibuat terperangah karena kemewahan interiornya. Serasa berada di Eropa pada abad 19! Namun, kamu baru bisa masuk dan melihat interiornya jika ada pertunjukkan. Jadi sekali-kali boleh lah kamu membeli tiket salah satu pertunjukkan yang ada supaya bisa melihat keindahan interior GKJ.

  • Jam Operasional: Setiap hari, 07.00 s.d. 23.00 WIB atau tergantung acara yang sedang berlangsung
  • Alamat: Jl. Gedung Kesenian No. 1, kel. Pasar Baru, kec. Sawah Besar, Jakarta Pusat
  • Cara ke sini: Naik bus TransJakarta koridor 3 jurusan Kalideres – Pasar Baru, turun di halte Pasar Baru. Selain itu juga ada bus TransJabodetabek jurusan Poris Plawad – Pasar Baru dan Bekasi Timur – Pasar Baru. Bagi yang ingin naik kereta (KRL Commuter Line), bisa naik yang jurusan Kota lalu turun di Stasiun Juanda. Lalu lanjutkan perjalanan dengan ojek online atau berjalan kaki.

39. Taman Situ Lembang

Instagram @bizwajit

Ini dia salah satu taman tertua yang ada di Jakarta. Letaknya memang agak tersembunyi, di tengah-tengah daerah perumahan elit Menteng (Jl. Teuku Umar dan sekitarnya). Tidak seperti Taman Suropati yang ada di jalan raya dan banyak dilalui oleh kendaraan umum maupun pribadi.

Seperti namanya, situ yang berarti danau, di Taman Situ Lembang ini ada sebuah danau kecil. Sumber air danau ini benar-benar alami, jadi Situ Lembang bukan danau buatan. Memancing, jogging dan mengajak anak bermain merupakan beberapa hal yang dapat kamu lakukan di Taman Situ Lembang.

  • Jam Operasional: Setiap hari, 24 jam
  • Alamat: Jl. Lembang Terusan D-59, Menteng, Jakarta Pusat
  • Cara ke sini: Naik bus TransJakarta koridor 5A jurusan Grogol 1 – Kampung Melayu, turun di halte Taman Suropati. Kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Taman Situ Lembang dengan berjalan kaki sekitar 10 menit. Alternatif lain, naik kereta KRL Commuter Line jurusan Kota dari Manggarai. Turun di stasiun Cikini, lalu lanjutkan perjalanan dengan ojek online.

40. Pondok Indah Waterpark

sumber : www.pondokindahwaterpark.co.id

Bagi yang suka wahana permainan air, kamu wajib ke The Wave! Pondok Indah – Waterpark atau yang lebih dikenal dengan Pondok Indah Waterpark. Lokasinya strategis, di dalam kompleks Pondok Indah Mall. Jadi lebih mudah dijangkau. Di sini ada Olympic Pool alias kolam renang berukuran standar olimpiade (50 m x 20 m).

Untuk wahana permainannya ada Aqua Play (untuk anak-anak  dengan slide dan giant bucket), Tube Slide (slide spiral sepanjang 100 meter), Wave Pool (kolam ombak dengan pasir buatan), Whizzard Slide (slide lurus), Lazy River (sungai buatan dengan arus yang lembut) dan Flow Rider (mesin surfing).

Harga tiket masuknya Rp 100.000 (Senin – Jumat) dan Rp 150.000 (Sabtu, Minggu & hari libur). Khusus untuk wahana Flow Rider, Anda harus membeli tiket tambahan Rp 55.000. Setelah jam 6 sore, harga tiket masuknya jadi lebih murah yaitu Rp 75.000 (Senin – Jumat) dan Rp 100.000 (Sabtu, Minggu & hari libur).

  • Jam Operasional: Setiap hari, 06.00 s.d. 21.00 WIB
  • Alamat: Pondok Indah Mall, Jl. Metro Pondok Indah, Pondok Pinang, Jakarta Selatan
  • Cara ke sini: Naik bus TransJakarta koridor 8 jurusan Harmoni – Lebak Bulus. Turun di halte Pondok Indah 2.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Reservasi.com

2 thoughts on “50 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *