close

50 Tempat Wisata Hits di Jakarta yang Paling Seru Buat Kamu

50-Wisata-Jakarta-yang-Paling-Seru-Buat-Kamu

Travel Blog Reservasi – Kalau bicara tentang Jakarta, yang terbayang di benak kamu tentulah kota yang padat penduduk dengan masalah polusi dan kemacetan. Tapi, tahukah kamu kalau ibu kota Indonesia ini nggak cuma terkenal dengan hal-hal tersebut lho?

Jakarta punya banyak sekali destinasi yang menarik. Mulai dari wisata sejarah, budaya, kuliner, belanja, alam, hingga selfie tersedia di Kota Metropolitan yang tak pernah sepi ini. Berbagai tempat yang seru ini tentunya bisa jadi pilihan buat kamu menghabiskan waktu libur terutama saat akhir pekan.

tempat wisata di jakarta

 

Kamu yang malas untuk bepergian ke luar kota dengan pesawat, bisa lho jadikan destinasi wisata Jakarta tersebut sebagai alternatif untuk menghabiskan waktu libur jadi berkualitas.

Untuk kamu yang tak sabar menjelajahi Kota Metropolitan ini, yuk simak ulasan tentang 50 tempat wisata Jakarta yang seru buat kamu!

1. Monas

Wisata Jakarta
shutterstock

Siapa sih yang nggak kenal Monas atau Monumen Nasional? Bisa dibilang kalau Monas adalah salah satu ikon wisata Jakarta dan Indonesia yang sudah dikenal dunia. Tugu Monas setinggi 132 meter ini didirikan untuk mengenang perjuangan bangsa Indonesia melawan pemerintah kolonial Belanda.

Di sini kamu bisa melakukan banyak hal seperti belajar sejarah dari diorama-diorama yang menceritakan besarnya upaya rakyat Nusantara merenggut kemerdekaan dari para penjajah, melihat-lihat pemandangan kota Jakarta dari puncak Monas, hingga berselfie ria.

Kamu pun bisa manfaatkan area lapangan Monas sebagai tempat bermain dan berolahraga. Banyak lho rombongan keluarga yang berpiknik di sana. Saat sore atau akhir pekan tiba, kamu pun akan temukan banyak orang yang melakukan aktivitas olahraga seperti jogging, basket, atau futsal di sana.

Harga tiket masuk Monas sangatlah terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek Rp 10.000 untuk anak-anak dan Rp 20.000. Nah, kalau kamu mau naik ke puncak monas kamu harus membayar biaya lift lagi sebesar Rp 3.500 untuk anak-anak dan Rp 7.500 untuk dewasa. Jika hanya ingin bermain di area lapangannya, kamu tak perlu mengeluarkan biaya alias gratis.

  • Jam operasional : Setiap hari, 08.00 s.d. 21.00 WIB
  • Alamat : Gambir, Jakarta Pusat
  • Cara ke sana : Naik Trans Jakarta menuju Halte Monas. Setelah sampai halte tujuan, kamu bisa berjalan kaki untuk sampai ke Monas. Kamu juga bisa naik kereta Commuter Line menuju Stasiun Gondandia. Setelah itu, kamu bisa lanjut menggunakan Kopaja P 20 dan turun di Monas.

2. Pantai Marina Ancol

Wisata Jakarta
shutterstock.com

Tempat wisata yang satu ini cocok banget untuk kamu kunjungi bareng keluarga saat liburan tiba. Selain warga Jakarta, Pantai Marina Ancol juga selalu dipadati oleh pengunjung dari luar kota saat musim liburan tiba lho.

Selain berenang, bermain air, atau rekreasi, masih banyak lagi kegiatan yang bisa kamu lakukan selama berada di pantai kebanggan warga Jakarta ini. Mulai dari keliling kawasan pantai dengan menyewa perahu, bermain voli pantai, selfie di Dermaga Cinta, jalan santai, atau berwisata kuliner menikmati sajian seafood.

Harga tiket masuk Pantai Marina Ancol adalah Rp 25.000 per orang. Kamu pun diwajibkan untuk membayar parkir kendaraan sebesar Rp 20.000 untuk mobil dan Rp 15.000 untuk motor. Murah banget kan?

  • Jam operasional: Setiap hari, 24 jam.
  • Alamat : Jl. Lodan Timur No.7, RW.10, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line tujuan Stasiun Jakarta Kota kemudian lanjut perjalanan menuju Stasiun Ancol. Setelah sampai, kamu bisa gunakan fasilitas Bus Wara Wiri gratis menuju kawasan Taman Impian Jaya Ancol. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta menuju Halte Ancol. Sesampainya di sana, kamu bisa gunakan fasilitas Bus Wara Wiri gratis menuju Pantai Marina Ancol.

3. Masjid Istiqlal

shutterstock.com

Sebagai masjid terbesar di Asia Tenggara, Masjid Istiqlal tentu nggak cuma jadi kebanggan warga Jakarta. Tempat ibadah umat Muslim ini pun sudah sering dikunjungi para tamu-tamu negara seperti Barrack Obama atau Raja Salman lho.

Kegiatan keagamaan tentunya rutin diadakan di tempat ini. Setiap harinya ada saja yang datang ke sana untuk berwisata religi. Akan semakin ramai saat bulan Ramadhan tiba. Kamu tentu tak mau melewatkan momen selama bulan suci di sana begitu saja kan?

  • Jam opersional : Setiap hari, 24 jam.
  • Alamat : Jl. Taman Wijaya Kusuma, Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat.
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line menuju Stasiun Juanda. Setelah sampai, kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar menuju Masjid Istiqlal. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta menuju Halte Juanda. Setelah sampai, kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar menuju Masjid Istiqlal.

4. Balai Kota Jakarta

sumber : liputan6.com

Balai Kota merupakan kantor resmi Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta. Gedung satu ini punya nilai sejarah yang tinggi lho. Bangunan bergaya Eropa yang ada di sana jadi salah satu peninggalan Belanda yang masih berdiri kokoh dan cantik hingga sekarang.

Banyak hal yang bisa kamu lakukan selama berada di Balai Kota Jakarta. Mulai dari menjelajah tempat kerja orang nomor satu di Jakarta, melihat Jakarta Smart City, berselfie ria, hingga berwisata kuliner.

Kamu tak perlu membayar tiket masuk saat berada di sana. Walau gratis, tentu saja kamu nggak boleh berlaku semaunya selama berwisata ke Balai Kota Jakarta. Harus tetap menjaga kebersihan gedung ini ya!

  • Jam operasional : Sabtu & Minggu, 09.00 s.d. 17.00 WIB
  • Alamat : Jl. Medan Merdeka Selatan No.8, Gambir, Kota Jakarta Pusat
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line menuju Stasiun Gondangdia. Setelah sampai, lanjutkan dengan naik Kopaja T 502 arah Tanah Abang dan turun depan Gedung Balai Kota Jakarta. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta menuju Halte Balai Kota. Setelah sampai, kamu tinggal berjalan kaki sedikit

5. Taman Mini Indonesia Indah

shutterstock.com

Taman Mini Indonesia Indah atau yang lebih dikenal dengan TMII adalah kawasan wisata keluarga yang wajib kamu kunjungi saat liburan tiba. Sebab, wahana rekreasi lengkap tersedia di sini. Selain itu, fasilitas yang ada di sana pun bisa dinikmati oleh semua kalangan.

Selain berekreasi, kamu pun bisa menjelajah anjungan-anjungan daerah yang mewakili suku-suku bangsa Indonesia, naik gondola, naik titihan samirono, mengunjungi berbagai museum, bermain di Istana Anak Indonesia, dan masih banyak lagi. Saking banyaknya, rasanya tak akan cukup menghabiskan waktu sehari saja untuk bisa menikmati semua fasilitas di sana.

Harga tiket masuk TMII sangatlah murah. Per orang hanya perlu membayar Rp 10.000. Tapi, untuk bisa menikmati fasilitas-fasilitas lain yang ada di sana kamu perlu membayar tiket tambahan ya!

  • Jam operasional : Setiap hari, 07.00 s.d. 22.00 WIB
  • Alamat : Ceger, Cipayung, Jakarta Timur
  • Cara ke sana: Naik Commuter Line menuju Stasiun Duren Kalibata. Dilanjutkan dengan naik Kopaja T 57 untuk turun di Mal Pusat Grosir Cililitan. Setelah itu, kamu harus naik angkot KWK T 01 atau KWK T 02 dan turun tepat di depan TMII. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta menuju Halte Garuda yang berada persis di depan Tamini Square. Lanjutkan dengan naik angkot KWK S15A dan turun tepat di depan TMII.

6. Museum Wayang

shutterstock.com

Banyak sekali destinasi wisata sejarah seperti museum yang bisa kamu temukan di Jakarta. Salah satu yang wajib dikunjungi ya Museum Wayang ini.

Museum wayang memamerkan berbagai jenis dan bentuk wayang yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Nggak cuma itu, wayang yang berasal dari negara lain seperti Tiongkok, Thailand, atau Kamboja pun ada di sana.

Harga tiket masuk museum ini sangatlah terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 5.000 untuk umum, Rp 3.000 untuk pelajar, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

  • Jam operasional : Selasa s.d. Minggu, 09.00 s.d. 15.00 WIB
  • Alamat : Jalan Pintu Besar Utara no. 27, Jakarta Barat.
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line menuju Stasiun Kota Tua. Setelah sampai, kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk menuju Museum Wayang. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta menuju Halte Kota. Setelah sampai, kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk menuju Museum Wayang.

7. Taman Suropati

Wisata Jakarta
shutterstock.com

Bosan menghabiskan waktu liburan ke wahana rekreasi atau mal di Jakarta? Kalau begitu, kamu bisa datang ke salah satu taman Kota Metropolitan yang berada di area Menteng ini.

Taman Suropati yang sejuk bisa jadi alternatif untuk kamu berileksasi dari penatnya pikiran. Kamu bisa bersepeda, jogging, atau menikmati sejuknya udara di taman yang dipenuhi pohon rindang ini. Saat weekend, area taman ini sering sekali didatangi para seniman jalanan yang menyuguhkan pertunjukan ciamik.

Tak perlu membayar tiket masuk untuk bisa menikmati fasilitas Taman Suropati ini. Walau begitu, kamu tak boleh berlaku seenaknya selama berada di sana. Tetap jaga kebersihan dan keindahan taman ini ya!

  • Jam operasional : Setiap hari, 24 jam
  • Alamat : Jl. Taman Suropati, Menteng, Jakarta Pusat
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line menuju Halte Menteng atau Halte Bappenas. Setelah sampai kamu bisa berjalan kaki menju Taman Suropati.

8. Kawasan Kota Tua

Wisata Jakarta
shutterstock.com

Kawasan Kota Tua ini jadi destinasi yang paling sering dikunjungi oleh warga Jakarta terutama saat liburan singkat seperti akhir pekan datang. Gedung-gedung tua peninggalan Belanda jadi atraksi seru yang menarik minat pengunjung untuk datang.

Banyak banget yang bisa kamu lakukan selama di sana. Selfie dengan latar gedung tua, berkeliling dengan sepeda ontel, menyaksikan pertunjukan seni, berwisata kuliner, dan masih banyak lagi.

Kamu nggak perlu membayar tiket untuk bisa masuk ke Kawasan Kota Tua. Tapi, untuk bisa menikmati fasilitas lain seperti sepeda ontel atau masuk ke area museum tentulah diperlukan biaya tambahan. Tenang, biayanya tak mahal dan nggak akan menguras isi dompet kamu kok.

  • Jam operasional : Setiap hari, 24 Jam
  • Alamat : Jalan Taman Fatahillah No.2, Pinangsia, Tamansari Jakarta Barat
  • Cara ke sana : Naik Commuter Line menuju Stasiun Kota. Setelah sampai, kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk menuju Kawasan Kota Tua. Kamu juga bisa naik Trans Jakarta menuju Halte Kota. Setelah sampai, kamu hanya perlu berjalan kaki sebentar untuk menuju Kawasan Kota Tua.

9. Ragunan

Wisata Jakarta
shutterstock.com

Ragunan jadi kebun binatang kebanggan warga Jakarta. Tempat wisata satu ini akan selalu ramai dan padat pengunjung saat musim liburan tiba. Oleh karena itu, Reservasi.com sarankan sih kamu datang ke sana di hari biasa.

Selain melihat berbagai macam flora dan fauna yang hidup di tempat wisata Jakarta ini, tentunya masih banyak aktivitas seru yang bisa kamu lakukan selama di sana. Mulai dari rekreasi bareng keluarga, berselfie ria, naik perahu bebek, dan masih banyak lagi.

Harga tiket masuk kebun binatang Ragunan sangatlah terjangkau yaitu Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 3.000 untuk anak-anak. Tapi, dibutuhkan biaya tambahan kalau kamu ingin menikmati fasilitas seperti kereta, perahu bebek, dan masih banyak lagi.

  • Jam operasional : Setiap hari, 09.00 s.d 16.00 WIB
  • Alamat : Jl. Harsono No.1, Ragunan, Pasar Minggu, Jakarta Selatan
  • Cara ke sana : Naik Trans Jakarta menuju Halte Ragunan. Setelah sampai, kamu bisa lanjutkan dengan berjalan kaki.

10. Museum Tekstil

Wisata Jakarta
sumber : museumtekstiljakarta.com

Museum Tekstil Jakarta didirikan tahun 1976 yang dipelopori oleh Gubernur Jakarta pada masa itu, Ali Sadikin. Tujuan dibangunnya museum ini selain untuk melestarikan ragam koleksi tekstil Indonesia, juga untuk menghormati Ibu Tien Soeharto.

Kamu bisa menikmati keindahan berbagai jenis kain khas daerah-daerah di Indonesia, mulai dari Sabang sampai Merauke. Seperti kita tahu kalau bangsa kita memiiki budaya yang sangat kaya. Nah, kita bisa melihat langsung kekayaan budaya tersebut dengan representasi dari kain-kain tenun yang tertata rapi di Museum Tekstil. Di museum ini juga kita bisa terus mengingat bahwa berbagai perbedaan yang ada di Indonesia ternyata menghasilkan sebuah keindahan ketika disatukan.

Harga tiket masuk museum ini sebesar Rp.5000 untuk dewasa, Rp.3000 untuk mahasiswa, dan Rp.2000 untuk pelajar/anak-anak. Di sini juga ada pelatihan batik, lho. Cukup rogoh kocek sebesar Rp.40.000 untuk wisatawan lokal, dan Rp.75.000 untuk wisatawan asing.

  • Jam operasional: 09.00-16.00 (Selasa-Minggu)
  • Alamat: Jl. Aipda KS Tubun No.2-4 Jakarta Pusat. Telp: (021) 560 6613
  • Cara ke sini: Naik kereta tujuan Stasiun Tanah Abang, naik angkot M11.
Tags : JakartaMuseumPulau

Leave a Response