5 Tips Pertama Kali Traveling ke Hong Kong untuk Backpacker - Reservasi Travel Blog

5 Tips Pertama Kali Traveling ke Hong Kong untuk Backpacker

Travel Tips4K
5 Tips Pertama Kali Traveling ke Hong Kong untuk Backpacker

Travel Blog Reservasi – Kalau kamu mau traveling ke Hong Kong rasanya perlu banget deh cari informasi yang banyak dari beberapa grup Backpacker Dunia ataupun grup Backpacker Internasional di Facebook. Soalnya banyak banget informasi yang bermanfaat buat kamu yang punya dana terbatas.

Kenapa harus ke Hong Kong? Hmm… ini sih pertanyaan tricky banget ya. Kalau mau ke Eropa tapi dengan bujet murah ya gak ada salahnya kamu coba dulu traveling ke Hong Kong. Soalnya sistem transportasi di Hong Kong terkenal mudah dan terinegrasi antara jalur MRT, Ferri dan juga Tram. Jadi, kurang lebih mirip-mirip lah sama sistem transportasi di benua biru.

Nah, terus tips apa aja yang yang paling esensial dan paling penting untuk backpacker ke Hong Kong meskipun dengan dana terbatas? Cekidot ya di bawah ini. Ini hasil dari hunting cari-cari informasi dari beberapa sumber. Mudah-mudahan bermanfaat deh.

1. Mata Uang

Sebelum berangkat ke Hong Kong kamu perlu menukarkan uang terlebih dahulu. Ya iya dong masa kamu pakai rupiah di negeri orang. Nah, mata uang yang digunakan di Hong Kong itu adalah Dollar Hong Kong (HKD). Kursnya sih 1 HKD sekitar Rp 1.750. Nah, kalau ke Macau mau mampir, kamu gak perlu nukerin ke mata uang Macanese Pataca (MOP). Tapi, ratenya lebih murah MOP dibandingkan dengan HKD.

So, ada yang saranin sih mendingan kalau mau ke Hong Kong masuk lewat Macau dan pulangnya baru lewat Hong Kong. Nanti dari Macau tinggal nyeberang sektiar 45 menit menggunakan kapal Feri dengan biaya sekitar Rp250.000.

Berapa banyak yang harus dibawa? Ini tergantung sih dengan berapa lama kamu di Hong Kong, makanan yang kamu beli dan hostel yang kamu pilih. Beberapa backpacker ada yang kasih saran bawa aja sekitar 3-4jt (ditukerin dulu ke HKD ya). Rata-rata untuk makan, jalan dan lain-lain kurang lebih satu hari untuk sendirian itu bisa habis lah sekitar Rp300 ribuan.

Jadi, relatif aja mau bawa 1000 HKD aja ada kok yang bisa bertahan di HK selama 4 hari 3 malam. Tapi dia bawa cadangan kartu kredit. Kalau kamu enggak punya kartu kredit ya bawa aja sektiar 2000 HKD. Syukur-syukur bisa ke Macau. Cuma kalau ke HK belum ke Macau itu rasanya nanggung banget. Jadi, itu tadi. Mending terbang lewat Macau dan pulang lewat HK.

2. Sim Card dan Kartu Octopus

Setelah tiba di Hong Kong sebaiknya tunda dulu beli SIM Card ya. Soalnya harga SIM Card di Bandara lebih mahal dibandingkan dengan membelinya di pusat kota. Bahkan di beberapa hostel dan hotel sektiar Tsim Sha Tsui bisa dapet lebih murah dibandingkan dengan membeli di Bandara. Bahkan ada juga loh SIM Card asal Indonesia di Hong Kong. Harganya mulai dari 88 HKD sampai dengan 50 HKD. Cuma better katanya lebih bagus beli di vending machine aja supaya ketahuan kecepatan dan kadaluwarsanya.

Nah, buat akses transportasi di HK lebih baik membeli langsung kartu Octopus di Bandara. Harganya sekitar 150 HKD. Saldonya 100 HKD dan 50 HKD itu depositnya. Nanti kalau mau pulang lagi ke tanah air tinggal refund aja depositnya tapi dipoting administrasi 9 HKD. Jadi kamu terima 41 HKD.

Nah, kalau kamu udah biasa pakai Commuter Line dan Transjakarta di Jakarta sistemnya mirp-mirip lah dikit hehehe. Kartu Octopus klo di Indonesia mirip lah sama beberapa kartu non tunai lain yang bisa digunakan untuk bayar makanan di mini market, super market, bayar tol dan bayar parkir. Kalau harus bayar tunai naik angkutan umum di Hong Kong itu susahnya cari kembalian. Jadi, lebih baik pilih yang non tunai aja ya.

3. Penginapan murah di Hong Kong

liburan di hong kong
shutterstock

Nah, untuk soal penginapan kamu harus siapin mental deh. Sarannya sih cari yang berada di tengah kota supaya dekat dengan MRT dan angkutan umum lainnya. Yang paling ramai sih daerah Tsim Sha Tsui seperti Mirador Mansion. Cuma bayangan hotel di Indonesia itu beda banget sama bayangan hotel di Hong Kong. Kamarnya sempit di lantai yang cukup tinggi dengan fasilitas yang terbatas. Itu kalau mau yang murah di bawah Rp 300 ribuan. Tapi kalau di pusat kota enaknya dekat dengan tempat belanja murah.

Nah, kalau bawa keluarga sih enaknya cari yang bujet Rp500 ribuan semalam. Ada yang kasih saran untuk menginap di daerah Wan Chai karena masih cukup dekat dengan MRT dan ada Masjid Amar yang punya kantin dengan menyediakan makanan halal. Kabarnya di kantin ini dim sumnya juga enak.

Kalau punya budget lebih, ya enakan di Central. Tapi kalau cari hostel yang terjangkau cuma buat numpang merem aja bisa mencari di daerah Mangkok. Yang jelas baca aja beberapa review dan pembanding di situs lain untuk hotel yang sama supaya enggak kecewa banget sama kondisi aslinya. Di Reservasi juga banyak kok pilihan untuk penginapan murah di Hong Kong.

4. Itinerary ke Hong Kong

Untuk itinerary di Hong Kong balik lagi ke selera traveling masing-masing. Tapi, ada beberapa 10 tempat wisata terpopuler di Hong Kong yang wajib di kunjungi.

  • The Peak
  • Hong Kong Disneyland
  • Ladies’ Market
  • Ocean Park Hong Kong
  • Clock Tower
  • Tsim Sha Tsui Promenade
  • Golden Bauhinia Square
  • Lan Kwai Fong
  • Avenue of Stars

Dari 10 tempat wisata di Hong Kong itu ada yang gratis dan ada juga yang tiketnya mahal seperti ke Disneyland dan Ocean Park. Kalau mau cari tempat wisata gratis di Hong Kong sudah banyak kok yang mengulas tempatnya apa saja dan makanan khas apa saja yang wajib dicoba di Hong Kong.

liburan di hong kong
shutterstock

5. Koper atau Backpack

Nah, kalau ini sih tergantung kebutuhan saja. Kalau kamu bawa keluarga lebih baik bawa koper aja yang bisa dibawa masuk ke kabin atau membayar bagasi lebih. Kalau mau simple dan langsung bisa jalan ya bawa backpack aja. Apalagi kalau solo traveling.

Yang paling penting juga, kamu butuh adaptor dengan kaki tiga. Soalnya colokan di Hong Kong sama di Indonesia itu berbeda. Harganya murah kok di toko listrik. Kalau kamu bawa banyak perlatan elektronik seperti handphone, power bank dan Kamera, bawa juga terminalnya supaya bisa nyolok berbarengan.

Last but not least, sesuaikan kostum kamu dengan cuaca di Hong Kong utamanya saat akhir tahun dan awal tahun yang memasuki cuaca dingin. Bawa jaket tebal, obat-obatan pribadi dan syal. Jaga kesehatan dengan olahraga seminggu sebelum traveling ke Hong Kong supaya daya imun tubuh kamu baik.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *