5 Tips Agar Pengajuan Visa Kamu Diterima - Reservasi Travel Blog

5 Tips Agar Pengajuan Visa Kamu Diterima

Travel Tips1.6K
5 Tips Agar Pengajuan Visa Kamu Diterima shutterstock

Travel Blog Reservasi – Memiliki visa adalah syarat terpenting buat kamu yang ingin berkunjung ke luar negeri.

Banyak sekali rumor yang mengatakan dan beredar, bahwa sangat sulit mengajukan visa untuk berkunjung ke suatu negara yang membuat banyak orang selalu mengundurkan dirinya. Tetapi, tahukah kamu kalau untuk mengajukan visa itu membutuhkan trik khusus agar visa kamu lancar dan bisa diterima.

Prosesnya yang terbilang lumayan susah untuk sebagian orang ini sudah sering kita dengar kalau ternyata membuat visa itu bukan hal yang mudah dan bahkan tidak jarang juga yang gagal dan selalu ditolak untuk bisa mendapatkan izin berkunjung ke negara yang diidamkan. Buat kamu yang pernah merasakan ditolak visa nya, sepertinya kalian harus mengetahui terlebih dahulu enam tips dan trik berikut agar visa yang kamu ajukan untuk mengunjungi destinasi impian kamu lebih mudah diterima. Berikut lima tips dan trik yang bisa kamu pelajari.

(Baca Juga Ini Penjelasan Kenapa Turis Turki Diminta Bayar VOA Padahal Ada Kebijakan Bebas Visa)

1. Isi formulir pengajuan visa dengan benar

Tips cara membuat visa

Setiap negara tentunya memiliki beberapa jenis visa yang berbeda-beda, mulai dari visa turis, visa working holiday, visa bisnis dan lainnya. Setiap formulir tentunya memiliki perbedaannya tersendiri, makanya untuk mengisi formulir tentunya hal yang paling dasar dan harus teliti dalam mengisinya. Kamu harus memastikan terlebih dahulu pada saat sedang mengisi formulir visa yang akan kamu ajukan nanti. Ingat! Kamu juga harus memastikan tempat tujuan kamu itu sama dengan apa yang kamu isi di lembaran formulir nanti.

2. Siapkan dokumen lengkap

Tips cara membuat visa

Yang kedua ini merupakan juga hal terpenting yang memperlancar pengajuan visa kamu nantinya. Sama seperti membuat paspor, kamu juga harus menyiapkan dokumen penting dan lengkap jika ingin mengajukan visa. Banyak dari kedutaan besar yang sering menolak pengajuan visa hanya karena dokumen yang tidak lengkap, sebelum mengajukan visa sebaiknya kamu harus mencari tahu terlebih dahulu apa saja yang dibutuhkan dan melengkapi semua dokumen yang akan kamu bawa nantinya. Karena, selain paspor yang menjadi salah satu dokumen utama, kamu juga diwajibkan untuk membawa pas foto, tiket penerbangan pulang pergi, bukti pemesanan hotel, bukti laporan keuangan, surat keterangan, rencana perjalanan dan asuransi tentunya. Tapi, banyak juga dari beberapa kedutaan di Indonesia yang akan meminta surat keterangan dan dokumen lainnya, untuk berjaga-jaga sebaiknya kamu juga membawa akte kelahiran dan kartu keluarga yang asli.

3. Gali informasi

Tips cara membuat visa

Jika kamu belum puas membaca beberapa artikel yang sering memberikan informasi tentang bagaimana cara mengajukan visa agar mudah diterima, sebaiknya kamu juga harus bertanya kepada kerabat yang sudah pernah membuat visa sebelumnya. ketahui terlebih dahulu apa saja yang diperlukan dan bagaimana caranya agar visa kamu gampang diterima dengan mulus dan minim dari kegagalan seperti yang banyak terjadi oleh orang-orang.

4. Bukti Keuangan

Tips cara membuat visa

Salah satu faktor terpenting lainnya adalah persiapan finansial kamu. Karena, hampir semua negara yang akan kamu kunjungi nanti akan memwajibkan kamu untuk melampirkan bukti laporan keuangan kamu dalam tiga bulan terakhir. Sebelum mengajukan visa, sebaiknya kamu harus mengatur terlebih dahulu rekening keuangan kamu dengan benar dan tepat dan hindari untuk melakukan transfer uang dalam jumlah yang besar. Hal tersebut akan mempersulit kamu dan pihak kedutaan tentunya akan mencurigai kamu dalam membuat visa. Pastikan sekali lagi kalau kamu memiliki dana yang cukup di dalam tabungan kamu dan juga untuk membiayai perjalanan kamu selama liburan nanti.

5. Selalu Percaya Diri!

visa_doc

Jika keempat hal diatas sudah kamu lengkapi, kini giliran sesi terakhir yang harus kamu ketahui. Tentunya, kamu akan mendapatkan sesi interview jika ingin mengajukan visa, sesi ini biasanya kamu akan ditanyakan beberapa hal yang bersangkutan dengan liburan kamu. Hal ini merupakan bagian terpenting, pada saat pihak kedutaan sedang bertanya sebaiknya kamu jelaskan dengan lantang dan percaya diri. Ingat! kamu harus menjawab setiap pertanyaan dengan benar dan jelas, karena jika kamu menyepelekan interviw ini kemungkinan besar visa kamu akan ditolak.

Supaya interview kamu semakin lancar, sebaiknya kamu ketahui terlebih dahulu pertanyaan-pertanyaan yang biasa dilontarkan nanti. Biasanya para pihak kedutaan akan memberikan pertanyaan pembuka seperti “Tujuan kamu bepergian apa” lalu disusul dengan “Rute Perjalanan” pastinya kamu juga akan ditanya “Dengan siapa kamu bepergian” diselingi dengan menanyakan “Pekerjaan kamu apa” dan untuk yang sudah bekeluarga juga akan ditanyakan tentang “Surat izin dari keluarga atau pasangan kamu”. Pada saat di interview kamu harus menjawab dengan jelas.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Narisha Zulkarnain

Jangan lupa piknik!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *