close

5 Tips Memotret Sunrise Pertama Tahun Baru 2018

Sunrise Pertama Tahun Baru 2018 (3)
shutterstock

Travel Blog Reservasi – Matahari terbit atau sunrise pertama tahun baru 2018 memang akan menjadi salah satu yang paling ditunggu selain malam pergantian tahun baru 2018. Itulah sebabnya beberapa pendaki gunung lebih memilih menghabiskan malam di kaki gunung yang sepi dan tinggi dibandingkan harus berbaur di tengah keramaian terompet dan kembang api tahun baru.

Salah satu spot golden sunrise terbaik yang direkomendasikan beberapa pendaki gunung dan para travel fotografer adalah kawasan Gunung Bromo dan Bukit Sikunir, Dieng. Kedua tempat ini masih menjadi tempat favorit untuk menyambut matahari terbit pertama setiap tahun baru menjelang.

1. Persiapan Peralatan Paling Dasar

Untuk mendapatkan foto sunrise terbaik maka dibutuhkan juga persiapan yang tidak instan. Minimal kamu bisa menyediakan berbagai peralatan yang dibutuhkan mulai dari kamera, tripod, hingga filter yang pas untuk digunakan memotret sunrise agar tidak merusak sensor dan lensa.

Salah satu yang paling mendasar yang dibutuhkan adalah kamera dan tripod selain beberapa peralatan tambahan lainnya. Pastikan sesuaikan dengan kebutuhan. Apalagi jika kamu perlu mendaki gunung seperti Bukit Sikunir atau spot terbaik mendapatkan foto sunrise dari bukit Penanjakan sehingga bisa mendapatkan sudut pandang yang pas.

2. Riset Posisi Terbaik

Setelah peralatan lengkap mulai dari peralatan kamera sampai dengan pakaian yang nyaman digunakan. Lakukan riset untuk mendapatkan posisi terbaik yang pas untuk menangkap sunrise pertama tahun baru.

Jika ingin mengambil sunrise di Gunung Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, banyak yang merekomendasikan melalui bukit Pananjakan. Namun, pada saat bukit Pananjakan ditutup, beberapa travel fotografer tak kehabisan akal dan mencari spot lain seperti memilih Bukit Cinta dan Bukit Kingkong untuk mendapatkan foto sunrise dengan latar belakang Gunung Bromo.

Sunrise Pertama Tahun Baru 2018
shutterstock

3. Setting Kamera Secara Manual

Jika kamu masih amatir menggunakan kamera mirrorless ataupun kamera SLR, sebaiknya pelajari dulu beberapa settingan manual dari berbagai sumber. Banyak fotografer yang membagikan beberapa settingan manual tepat untuk mendapatkan sunrise maupun sunset.

Meskipun kamera masa kini sudah dilengkapi dengan beberapa pengaturan otomatis, tapi biasanya hasilnya akan terasa berbeda dengan pengaturan manual. Selain itu juga sebaiknya kamu memilih format foto RAW agar nantinya foto sunrise yang kamu dapatkan bisa lebih mudah disunting daripada memilih format foto digital dalam bentuk JPG yang agak susah dilakukan penyuntingan.

Kamu juga perlu mencari beberapa referensi sudut pandang dan komposisi foto sunrise yang bagus dari beberapa sumber di internet yang sudah ada. Jika kamu bisa menciptakan tema yang baru akan lebih baik. Namun, jika kamu ingin menciptakan tema yang sama, tak ada yang salah juga namun pastinya kurang menarik karena sudah pasti orang lain bakal mengenalnya.

4. Pahami Kendala yang akan Dihadapi

Salah satu kendala untuk mendapatkan sunrise adalah kamu harus bangun lebih pagi apalagi jika harus mendaki gunung. Beberapa kendala seperti peralatan yang berat dan kondisi cuaca yang tidak bisa diprediksi benar-benar harus bisa diantisipasi.

Memang akan sedikit merepotkan, tapi percaya deh. Saat kamu berhasil mendapatkan foto sunrise tahun baru 2018 pertama kalinya, semua keletihan, kerepotan dan kesulitan akan sirna dengan keindahan sunrise yang berhasil kamu abadikan. Berdoa saja aga cuaca juga mendukung usaha yang kamu lakukan.

Sunrise Pertama Tahun Baru 2018
shutterstock

5. Jangan Sampai Kehilangan Momen Golden Sunrise

Detik-detik matahari terbit begitu berharga sehingga beberapa saat sebelumnya, persiapan harus sudah selesai dilakukan. Pastikan kamu membawa baterai cadangan dan juga memori penyimpanan cadangan.

Beberapa kasus terjadi malah lupa memasang memori penyimpanan dan kehabisan daya baterai sebelum golden momen sunrisenya habis. Rugi banget kan kalau hunting sunrise pertama tahun baru 2018 kurang sempurna karena persiapan yang kurang karena hal sepele seperti itu.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

Tags : appsFotografiTips

Leave a Response