5 Tips Membawa Anak Kecil Saat di Bandara - Reservasi Travel Blog

5 Tips Membawa Anak Kecil Saat di Bandara

Travel Tips219
5 Tips Membawa Anak Kecil Saat di Bandara

Travel Blog Reservasi – Traveling dengan anak kecil menggunakan pesawat tidak begitu merepotkan seperti yang dibayangkan. Namun, ada beberapa tips membawa anak kecil saat di bandara untuk mengantisipasi beberapa hal yang tidak diprediksi seperti keterlambatan pesawat.

Agar bisa lebih nyaman membawa anak kecil saat di bandara, berikut beberapa tips yang perlu diperhatikan seperti dirangkum dari purewow.com (20/12).

1. Bawa Stroller Bayi

Tidak semua bandara menyediakan stroller bayi secara gratis ataupun tersedia penyewaan stroller bayi. Agar tidak kesulitan saat berada di bandara terutama jika masih membawa balita, sebaiknya kamu membawa stroller bayi sendiri dari rumah.

Stroller bayi akan membantu kamu terutama saat anak-anak butuh istirahat dan tidak menganggu jam tidurnya. Saat mereka mengantuk, mereka masih tetap bisa tidur di strollernya dengan nyaman.

Meskipun kamu bisa menggantinya dengan menggunakan gendongan bayi, namun akan lebih baik jika kamu menggunakan stroller supaya bisa menghemat energi. Apalagi sekarang terminal di bandara cukup luas sehingga butuh berjalan kaki lebih jauh dari biasanya. Daripada gempor gendong bayi dan bawa barang sekaligus, lebih baik salah satu orang tua membawa stroller dan satunya lagi mendorong troli barang.

2. Cari Kursi Lebih Dulu

Saat berada di ruang tunggu, sebaiknya jangan terlalu jauh dari gate tempat keberangkatan. Pastikan kamu bisa mendapatkan tempat duduk agar bisa mengawasi anak-anak dengan mudah.

Biasanya, jika anak-anak bosan menunggu, mereka akan mulai bereksplorasi, berlari ke sana dan kemari. Pastikan salah satu orang tua menjaga anaknya dan salah satu yang lainnya menjaga barang-barang yang dibawa. Konsekuensi berada di tempat umum adalah harus tetap waspada dengan segala kemungkinan yang tidak diinginkan.

tips membawa anak saat di bandara
Pexels

3. Pahami Syarat Anak Kecil Naik Pesawat

Beberapa maskapai penerbangan secara umum memiliki aturan tertentu. Misalnya seorang anak tetap harus memiliki dokumen seperti akta kelahiran ketika melakukan booking tiket pesawat atau Kartu Identitas Anak.

Selain itu juga, maskapai penerbangan hanya mengizinkan satu orang tua mendampingi satu anak, tidak boleh mendampingi dua anak atau bahkan lebih. Ketentuan biaya tiket pesawat buat anak-anak pun berbeda-benda untuk masing-masing pesawat.

Untuk tujuan dengan rute domestik memang syarat dan aturannya tidak terlalu ketat, namun, jika ada rencana untuk traveling ke luar negeri dengan anak, pastikan syarat seperti paspor dan visa dilengkapi sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan oleh maskapai penerbangan dan negara tujuan.

4. Siapkan Beberapa Mainan

Anak zaman now memang sudah terbiasa menggunakan tablet atau handphone untuk mengakses permainan ataupun video di Youtube. Sebagai persiapan, kamu bisa menyiapkan video-video dalam Youtube yang bisa diakses secara offline. Pasikan pramugari mengetahuinya bahwa kamu tidak mengaktifkan paket data atau telpon seluler saat berada di dalam pesawat.

Selain itu, mainan biasa seperti mobil-mobilan atau boneka, tetap diperlukan jika sewaktu-waktu anak-anak butuh benda-benda sebagai pengalihan saat berada di bandara ataupun sudah berada di pesawat terbang. Jangan hanya mengandalkan permainan di tablet atau handphone saja karena sewaktu-waktu baterainya bisa lebih cepat habis jika terus menerus dimainkan.

tips membawa anak saat di bandara
Pexels

5. Temukan Area Bermain Anak di Bandara

Beberapa terminal di Bandara baik di dalam negeri maupun di luar negeri kini sudah mulai bebenah dan lebih ramah terhadap anak-anak. Misalnya seperti di Bandara Changi Singapura sudah dilengkapi dengan beberapa tempat bermain anak di Bandara. Daripada bosan menunggu tanpa ada kegiatan, lebih baik mengajak mereka untuk bermain di fasilitas yang sudah disediakan bagi anak-anak.

Baca artikel menarik lainnya tentang bandara dari Resevasi.com

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *