5 Tips Melewati Imigrasi di Singapura - Reservasi Travel Blog

5 Tips Melewati Imigrasi di Singapura

Travel Tips6.7K
5 Tips Melewati Imigrasi di Singapura

Travel Blog Reservasi – Tidak sedikit traveler asal Indonesia yang deg-degan saat akan melewati Imigrasi di Singapura. Beberapa bahkan ada yang tidak siap saat terkena random checking.  Padahal jika dihadapi dengan tenang, tak sedikit juga yang justru bisa melenggang dengan mudah masuk ke Singapura meskipun harus diberondong dengan beberapa pertanyaan terlebih dahulu.

Namun umumnya kekhawatiran tersebut bisa sirna jika kamu bisa mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik. Jika memang terpaksa harus dibawa atau digiring ke ruangan khusus, tenangkan diri dan jawab pertanyaan petugas dengan lugas tanpa rasa ragu sedikitpun.

1. Tunjukkan Tiket Pesawat

Salah satu cara paling mudah adalah dengan menunjukkan tiket pesawat pulang. Penting untuk mencetak tiket pesawat terlebih dahulu dalam bentuk hardcopy sehingga akan lebih mudah ditunjukkan saat melewati Imigrasi di Singapura.

Pemeriksaan secara acak merupakan hal yang lumrah saat melewati Imigrasi di Singapura. Jadi, hadapi dengan tenang selagi sudah memiliki bukti booking tiket pesawat untuk keluar dari Singapura. Petugas biasaya hanya memastikan bahwa turis yang datang benar-benar memiliki tujuan yang jelas saat datang ke Singapura.

2. Tunjukkan Bukti Booking Hotel

Bukti kekuatan yang lain yang bisa dijadikan salah satu alasan agar petugas melepas kamu dengan mudah saat melewati Imigrasi di Singapura adalah menunjukkan bukti booking hotel.

Saat mengisi lembar formulir Imigrasi, tulis hotel yang akan diinapi lengkap dengan alamatnya. Jika pun datang karena diundang oleh teman dan kerabat, sebaiknya tulis juga alamat lengkap rumah atau apartemennya agar petugas yakin bahwa kamu memang memiliki kerabat dekat di Singapura sebagai salah satu tempat singgah.

Petugas lagi-lagi biasanya hanya butuh bukti dan meyakinkan diri bahwa kamu memang tidak akan menggelandang saat berada di Singapura.

Ada banyak hotel murah di Bugis yang harganya di bawah Rp 200 ribuan. Jika memesan melalui Reservasi.com kamu bisa mendapatkan banyak keuntungan mulai dari potongan diskon tanpa syarat hingga benefit lainnya.

3. Catat Alamat Jelas Jika Menginap di Rumah Kerabat

Jangan pernah berbohong jika sedang berhadapan dengan petugas Imigrasi di Singapura. Lebih baik katakan dengan jujur tujuan kamu ke Singapura hanya untuk berlibur.

Jika kamu transit di Singapura lebih dari enam jam dan ingin mencoba keluar bandara, sebaiknya isi form Imigrasi dengan keterangan transit disertai dengan tiket selanjutnya.

4. Bersikap Tenang dan Sopan

Beberapa traveler menceritakan bahwa petugas Imigrasi di Singapura terkesan kurang ramah. Jadi, jangan terlalu sok kenal dan sok dekat juga ya.

Bersikaplah sewajarnya dan lewati Imigrasi di Singapura dengan tenang. Jalan perlahan dan bawa barang-barang dengan tenang.

5. Tunjukkan Kartu Kredit atau Debit untuk Meyakinkan

Cerita beberapa traveler yang pernah terjebak dalam pemeriksaan petugas Imigrasi di Singapura biasanya hanya memastikan bahwa kamu membawa bekal yang cukup selama traveling di Singapura.

Untuk lebih memastikan lagi bahwa kamu tidak bakal menjadi gelandangan di Singapura adalah dengan menunjukkan kartu debit Bank atau kartu kredit.

Dengan menunjukkan salah satu atau keduanya akan membuat petugas merasa yakin bahwa kamu memang memiliki ongkos yang cukup selama berada di Singapura.

Jangan lupa untuk menunjukkan cash money yang kamu bawa dari Indonesia. Beberapa traveler bahkan ada yang hanya membawa uang $50 SGD saja dan lolos dari pemeriksaan meskipun harus digelandang terlebih dahulu untuk diwawancarai oleh petugas.

Yang jelas, gunakan cara diplomasi yang baik saat berada di ruang pemeriksaan dan bersikaplah sewajarnya di hadapan petugas.

Kemanapun tujuan liburanmu, cari tiket pesawat dan reservasi hotel hanya di Reservasi.com. Download aplikasi Reservasi di Andorid dan iPhone untuk mendapatkan diskon khusus dan harga ekslusif.

dzulfikar

8 thoughts on “5 Tips Melewati Imigrasi di Singapura

  1. Setiap melewati imigrasi singapura saya selalu dibawa keruangan khusus dan du wawancara. Pdhl dalam 1 tahun saya bs 3x ke singapura. Setelah sy tanya knp saya di bawa ke ruangan khusus. Katanya nama 1 kata dan nama kamu banyak yg masuk singapura. Jd kalau di paspor hanya 1 kata dan nama nya sama dengan org lain tenang aja… jawab semua pertanyaan dengan tenang dan tegas

  2. saya pernah mengalaminya, seluruh isi tas digeledah, tp tdk ditemukan hal2 yg mereka curigai.. bbrp pertanyaan, brp lama di SGP, tujuan nya apa, nginep di mana dll. karena sy merasa bersih jd sy santai aja yaah wlopun dlm hati deg2an juga. tips klo bawa rokok dari Indonesia wajib lapor ke custom, atau biar aman lolos sensor mesin x Ray buka bungkus nya jgn yg msh utuh segel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *